10 Cara Cek IMEI Samsung, iPhone, Xiaomi dan Smartphone Android lainnya

Anda beli Smartphone baru? Cek yuk IMEInya. Inilah 10 cara sek IMEI Samsung, Iphone, Xiaomi dan smartphone android lainnya. Selamat membaca.

Cara Cek IMEI Android dan iPhone – Mungkin tak banyak orang yang mempedulikan apa itu IMEI disetiap masing-masing ponselnya. Biasanya untuk pembelian smartphone baru nomor unik atau IMEI yang berguna sebagai nomor unik suatu perangkat telekomunikasi ini tertera pada bagian box atau nota yang berupa deretan angka unik. Meski kita sebagai pemilik ponsel tak harus menghafalnya paling tidak dengan mengetahuinya kita bisa lebih mudah nanti ketika menggunakan aplikasi pendukung saat ponsel hilang atau hanya sekedar mengecek apakah smartphone yang kita beli merupakan barang asli atau palsu. Sebab beberapa hal itulah mengapa IMEI menjadi salah satu bagian penting sebuah perangkat.

Baca Juga : Prosesor HP Terbaik untuk Game

Cara Cek IMEI Samsung, iPhone, Xiaomi dan HP Android Lainnya memang terkadang masih banyak ditanyakan banyak orang. Karenanya silahkan simak hingga usai penjelasan kali ini yang akan mengupas secara terperinci segala macam hal mengenai kode IMEI disetiap masing-masing type ponsel.

cara cek imei smartphone android  dan iphone

Bagaimana Cara Cek IMEI Samsung, iPhone, Xiaomi dan Android Lainnya?

Sesuai kegunaannya yakni sebagai nomor unik sehingga kode IMEI disetiap masing-masing HP tidak akan sama satu sama lain. Apalagi kode ini merupakan kesepakaatan pasar secara global, menjadikannya selalu diterapkan pada setiap box, nota pembelian, nora garansi hingga identitas ponsel lain ketika kita memutuskan untuk membelinya.

Baca Juga : Aplikasi Pendukung Game Berat Android

Kebanyakan kode IMEI ini terdiri dari deretan angka yang berjumlah 14 hingga 16 digit sesuai merk ponsel. Deretan angka unik itulah yang memungkinkan pihak provider melakukan pemblokiran perangkat tatkala hilang karena dicuri, bahkan Anda sebagai pemilik pun dapat menyerahkan kode IMEI tersebut pada pihak kepolisian untuk dilakukan tindak lebih lanjut.

1. Cara Cek IMEI dengan Kode Dialing

cara cek imei

Cara yang paling mujarab adalah dengan menerapkan “Kode Dialing” untuk melihat nomor IMEI, yang penerapannya pun sangat mudah. Yakni kita hanya perlu menekan tombol *#06# kemudian tekan Call atau Panggil berwarna hijau seperti hendak menelepon. Setelah menunggu proses beberapa saat di sana akan muncul nomor IMEI perangkat Anda. Yang paling mengagumkan ialah hampir disemua perangkat android cara ini bisa diterapkan. Jadi Anda tak perlu lagi mencari-cari dusbook dan membongkar smartphone hanya untuk mencari kode IMEI nya.

2. Cara Cek IMEI Menggunakan Ponsel Android + Google Dashboard

cara cek imei android

  • Buka icon pengaturan.
  • Pilih opsi tentang atau about phone yang biasanya terletak pada bagian paling bawah.
  • Disana anda akan menemukan kode IMEI bila ponsel yang anda gunakan tergolong GSM, namun untuk CDMA biasanya masih menerapkan kode MEID.
  • Silahkan catat atau copy nomor tersebut.
  • Setelah itu silahkan masuk browser dengan mengetik Google Dashboard dan segera login dengan menggunakan alamat email yang menempel pada android. Selanjutnya klik bagian Android.
  • Nah dari memasukkan alamat email inilah kemudian akan ditampilkan beberapa perangkat yang pernah Anda gunakan beserta nomor IMEI nya.

3. Cara Cek IMEI Melalui dusbook

cara mengecek kode imei

Bila ponsel android anda masih memiliki dusbook selayaknya anda untuk bersyukur, pasalnya di bagian body box Anda bisa dengan mudah mecari nomer IMEI posel yang tengah Anda gunakan. Nah untuk mengetahui apakah kode tersebut memang cocok silahkan saja masuk pada kode dialing seperti di atas.

4. Cara Cek IMEI Di Belakang Baterai

cara mengecek imei

Untuk smartphone yang masih menggunakan baterai Removable atau bisa dilepas, Anda bisa mengecek IMEI secara manual. Pertama matikan terlebih dahulu smarphone Anda, setelah itu copot baterai dan coba cari tulisan kode IMEI pada bagian belakangnya.

5. Cara Cek IMEI Samsung

cara cek imei samsung

Berbeda dengan perangkat android lain, untuk cek IMEI smartphone Samsung sudah pasti bisa menggunakan kode dialing *#06#. Sehingga sangat mudah diingat dan diterapkan. Dan pihak samsung pun telah memudahkan pengguna untuk mencarinya juga memalui menu setting dan cari pada bagian about. Agar lebih yakin anda bisa mengeceknya secara terperinci melalui situs resmi IMEI.info yang dapat menampilkan tahun pembuatan serta produsennya.

6. Cek IMEI HP Lenovo

cara cek imei hp lenovo

Hampir sama dengan cara cek IMEI Samsung di smartphone Lenovo pun Anda hanya perlu membuka menu pengaturan atau setting. Silahkan scroll layar hingga pada bagian bawah sendiri dan cari tulisan about phone. Klik setelah itu pilih pada opsi status. Di sana ada beberapa pilihan, Anda bisa menekan “IMEI information”. Jangan bingung bila terdapat 2 kode yang muncul, karena untuk ponsel dual sim memang memiliki nomor yang berbeda.

7. Cek IMEI HP Oppo

cek imei hp oppo

Tips keenam yakni metode yang bisa diterapkan pada HP OPPO smartphone. Langkah-langkahnya pun amatlah mudah sekali. Kita tentu telah mengetahui icon pengaturan bukan?? Yahh silahkan tekan setelah itu cari bagian “tentang”. Bila sudah ketemu klik dan silahkan scroll ke arah bawah hingga menemukan opsi status. Pada menu status inilah anda dapat menemukan beragam informasi mengenai mesin smartphone Oppo secara terperinci. Mulai dari kode IMEI, nomor SEIN, Alamat Wifi yang terhubung, ESN, Tingkat pengisian baterai, Bluetooth dan sebagainya.

8. Cara Cek IMEI HP Xiaomi

cara cek imei xiaomi

Untuk smartphone xiaomi cara cek imei nya bisa menggunakan kode dialing. Namun ada beberapa tipe yang masih belum bisa menerapkannya, nah untuk mengatasinya Anda bisa menerapkan metode untuk smartphone Oppo dan Lenovo seperti di atas secara persis. Karena memang untuk mengecek emei android cara yang dilakukan hampir sama disetiap perangkatnya.

9. Cara Cek IMEI iPhone

cara cek imei iphone

Berbeda dengan ponsel android untuk cara mengecek imei iphone terdapat 4 metode yang perlu Anda pahami, diantaranya :

  • Melalui iTunes : selain digunakan untuk mengirim data berupa musik dari komputer ke perangkat iphone. Software iTunes juga bisa kita manfaatkan sebagai metode cek kode IMEI iPhone. Caranya sambungkan saja smartphone dengan komputer setelah itu masuk bagian opsi “library”. Setelah proses selesai di sana akan secara otomatis muncul beberapa informasi mengenai perangkat, seperti iOS, Capacity hingga kode IMEI.
  • Pada beberapa perangkat iphone pun juga bisa menerapkan kode dialing seperti yang dijelaskan di atas. Sehingga kita bisa secara cepat mengeceknya.
  • Cara mudah cek nomor IMEI iPhone selanjutnya yakni dengan masuk menu setting. Kemudian pilih General dan lanjutkan klik opsi About.
  • Lihat di Body : bila anda teliti dan berani membuka casing penutup bagian belakang iphone, anda bisa menemukan IMEI yang teletak di dekat sisi slot SIM Card.

Mengapa sih mengecek IMEI di iPhone perlu dilakukan? Yahh karena saat ini telah bermunculan beberapa produsen tak bertanggung jawab yang menjual produk kw atau palsu dengan desain dan fitur yang hampir persis dengan iphone aslinya. Tentu kita sebagai konsumen tak mau kan bila ponsel yang digunakan ternyata palsu.

Baca Juga : Cara Menghapus Data Game di Android

Dengan mengetahui cara cek imei hp android dan iphone kita dapat dengan mudah melaporkan kehilangan smartphone dengan alasan pencurian. Semoga tips seputar teknologi kali ini bisa menambah pengetahuan pembaca.