Cara Mengecek IMEI iPhone Online : Mudah, Cukup 1 Menit!

Anda pengguna iPhone? Beginilah cara mengecek IMEI iPhone Online yang mudah dan cepat. Tidak sampai 1 menit . Selamat mencoba, semoga berhasil

Brodanni.com - IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan nomor seri yang menjadi identitas pada sebuah perangkat, termasuk iPhone. IMEI iPhone digunakan untuk mengecek produk iPhone asli atau palsu dan bisa dicek secara online. Berikut beberapa cara mengecek IMEI iPhone Online.

Lakukan Hal Ini untuk Mengecek IMEI iPhone Kamu

Mengecek IMEI iPhone Melalui Web Apple

Cara pertama mengecek IMEI iPhone secara online yaitu melalui Web Apple. Web Apple dapat menunjukkan IMEI atau nomor seri pada iPhone Anda. Mengecek IMEI melalui Web Apple sangat mudah dan hanya memerlukan koneksi internet dan perangkat iPhone yang akan dicek IMEI-nya.

Baca Juga : Cara Buka iPhone Disable Tanpa iTunes yang Mudah Diterapkan

Untuk langkahnya, pertama, buka website www.appleid.apple.com melalui browser komputer Anda. Kemudian, masukkan ID Apple yang sama dengan yang Anda gunakan pada perangkat iPhone. Setelah itu, scroll terus ke bawah dan pilih “Nama Perangkat” untuk melihat IMEI iPhone Anda.

Cara Mengecek IMEI iPhone Online

Apabila dalam mengecek IMEI iPhone tersebut Anda menggunakan sistem IOS 10.3 atau lebih, Anda dapat langsung membuka “Pengaturan” lalu klik “Nama Anda”. Setelah itu lakukan scroll hingga bawah jika ingin menemukan IMEI, lalu klik “Nama Perangkat”.

Mengecek IMEI iPhone Melalui Situs Kemenperin

Anda juga dapat mengecek IMEI iPhone menggunakan situs yang dikeluarkan oleh pemerintah. Melalui kerja sama Kementerian Perindustrian dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, pemerintah mengeluarkan program validasi IMEI untuk mengecek nomor IMEI yang resmi.

Cara mengecek IMEI iPhone online melalui situs Kemenperin yang pertama dilakukan adalah membuka website www.imei.kemenperin.go.id. Kemudian masukkan nomor IMEI Anda yang terdiri dari 15 digit dengan benar. Setelah itu, tunggu hasilnya.

Apabila IMEI Anda terdaftar di situs Kemenperin, maka sudah terbukti bahwa perangkat tersebut merupakan produk resmi yang dikeluarkan oleh iPhone. Namun, jika IMEI tersebut tidak terdaftar, maka dapat dipastikan bahwa iPhone tersebut ilegal di Indonesia.

Mengecek IMEI iPhone Melalui Aplikasi Finder dan iTunes

Cara lain untuk mengecek IMEI iPhone yaitu melalui Finder dan iTunes. Apabila memiliki MacBook, Anda dapat menggunakan cara ini untuk mengecek IMEI iPhone. Lalu, bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut ini.

Pertama, sambungkanlah perangkat Anda ke komputer. Buka Finder jika Anda menggunakan Mac versi MacOS Catalina 10.15 ke atas dan buka iTunes jika menggunakan Mac versi MacOs Mojave ke bawah. Kemudian, temukan perangkat Anda.

Baca Juga : Cara Mengecek iCloud Iphone : Mudah Nggak Sampai 3 Menit!

Jika menggunakan Finder, maka pastikan kalau Anda berada pada tab “Umum”, sedangkan jika menggunakan iTunes maka pilih tab “Ringkasan” yang digunakan untuk melihat informasi. Selanjutnya, pilih “Nomor Telepon” pada bawah perangkat untuk mengecek IMEI/MEID serta ICCID.

Mengecek IMEI iPhone Melalui Situs iUnlocker

Selain beberapa cara di atas, Anda juga dapat mengecek IMEI iPhone menggunakan pihak ketiga yaitu melalui iUnlocker. Melalui situs ini, Anda bisa mengetahui beberapa informasi seperti IMEI, Find My iPhone, dan status iCloud. 

Cara mengecek IMEI iPhone melalui iUnlocker yang pertama yaitu mengunjungi website https://iunlocker.com/check_imei.php. Setelah itu, masukkan nomor seri yang ada pada perangkat  iPhone yang Anda miliki, lalu klok tombol “Check”.

Setelah memasukkan nomor seri yang benar, maka akan muncul tampilan informasi mengenai detail perangkat iPhone tersebut. Melalui website ini pula dapat diketahui status iCloud iPhone Anda, apakah On atau Off serta bersih tidaknya dari blacklist.

Itulah beberapa cara mengecek IMEI iPhone online yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui perangkat Anda asli atau palsu. Jika menggunakan beberapa cara tersebut namun IMEI tetap tidak muncul, maka dapat dipastikan bahwa iPhone Anda bukan produk yang resmi keluaran dari Apple.