Cara Mengatasi Spasi yang Terlalu Jauh di Ms Word

Inilah cara mengatasi spasi terlalu jauh di ms word bagi Anda yang merasa kesulitan dalam mengatur spasi. Semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Cara Mengatasi Spasi yang Terlalu Jauh di Ms Word - Menyalin tulisan dari sumber internet memang menyenangkan. Tapi terkadang tulisan yang dihasilkan spasinya berantakan. Untuk memperbaikinya, Anda harus tahu cara mengatasi spasi yang terlalu jauh, lebar dan berantakan di Word baik menggunakan pc, laptop atau komputer windows 10, windows 8/8.1 dan 7 seperti yang akan kami ulas pada postingan berikut ini. 

Cara Mengatasi Spasi yang Terlalu Jauh di Ms Word

Cara Mengatasi Spasi yang Terlalu Jauh di Ms Word 2007, 2010, 2013 dan 2016

Ketika melakukan pekerjaan di Word, kita tentu menginginkan tulisan yang rapi dan enak dipandang. Namun terkadang ada saat di mana ketika menyalin file dari sumber tertentu, tulisan yang dihasilkan berantakan dan tak sesuai dengan aslinya.

Hal ini sering dialami oleh pelajar maupun mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas dengan sumber artikel dari internet. Jika mengalami hal demikian, coba ikuti cara mengatasi spasi yang terlalu jauh, lebar dan berantakan agar tulisan Anda terlihat normal.

Baca Juga : Cara Menyisipkan Gambar pada Ms Word di Hp : Cuma 1 Menit!

Selain membuat tulisan enak dilihat, struktur tulisan yang rapi juga menambah nilai dari tulisan itu sendiri. Namun sebelum masuk ke pembahasan utama, ketahui dulu penyebab spasi di Word terlalu jauh dan berantakan.

Penyebab Spasi di Word Terlalu Jauh dan Berantakan

Ada banyak faktor yang menyebabkan spasi jadi berantakan. Selain karena perbedaan jenis font yang digunakan, penjajaran teks seperti align left, align right, dan justify juga bisa mempengaruhi hasil salinan di Word.

Begitu pun dengan perbedaan versi Ms Word. Misalnya kita membuat tugas di warnet yang menggunakan Word versi 2016, tapi di Word komputer sekolah atau kampus masih mengandalkan Word 2010. Hal tersebut dapat menyebabkan tulisan jadi tidak beraturan.

Baca Juga : Alternatif Microsoft Office Tanpa Install : Ini Solusinya!

Sebenarnya bisa saja diperbaiki dengan menghapus jarak spasi secara manual satu per satu. Tapi tentu saja boros waktu, yang harusnya selesai dalam 30 menit malah jadi 1 jam. Nah, agar lebih efisien, cara mengatasi spasi yang berantakan berikut bisa Anda coba.

Cara Mengatasi Spasi yang Terlalu Jauh, Lebar dan Berantakan

Agar hasil salinan jadi rapi, Anda bisa mencoba menyalinnya ke Notepad terlebih dahulu sebelum disalin ke dokumen Word. Cara ini akan membuat tulisan mengikuti jenis font dan struktur lain pada Word di laptop Anda.

Tapi jika sudah terlanjur, coba praktekkan beberapa cara ini.

1. Memanfaatkan Tombol Enter

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan tombol Enter. Letakkan kursor atau klik di bawah kalimat yang spasinya terlalu lebar. Kemudian tekan Backspace pada keyboard, setelah itu tekan tombol Enter.

Jika di bawah kalimat yang spasinya berantakan tidak ada kalimat lagi, Anda tinggal tekan Enter saja di akhir kalimat tersebut. Cara ini bisa dicoba kalau jumlah spasi yang berantakan hanya sedikit.

2. Menggunakan Find and Replace

Jika spasi yang terlalu lebar atau terlalu jauh ada banyak, coba cara kedua ini dengan memanfaatkan fitur Find and Replace yang tersedia di Word.

  • Pertama tekan tombol Ctrl + H pada keyboard, maka akan muncul kotak Find and Replace
  • Isi kolom “Find what” dengan menekan tombol spasi pada keyboard dua kali, dan “Replace with” dengan menekan tombol spasi satu kali
  • Setelah itu klik Replace All, dan klik Yes
  • Jika masih ada yang berantakan, ulangi cara di atas hingga pemberitahuan menunjukkan angka 0

3. Ubah Jenis File

Cara mengatasi spasi yang terlalu jauh selanjutnya bisa dengan mengubah jenis file dokumen Word pada laptop atau komputer Anda. Langkah pertama buka dokumen yang spasinya ingin Anda rapikan. Selanjutnya simpan file tersebut dengan klik ikon Save As di kiri atas layar. Setelah itu ganti Save as type-nya dengan Word 97-2003 Document. Terakhir klik Simpan atau Save.

Baca Juga : Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop Windows 10

Memang tak semua tulisan yang disalin dari internet hasilnya jadi berantakan. Tapi ketika hal tersebut terjadi, Anda sudah tahu cara mengatasi spasi yang terlalu jauh, lebar dan berantakan di Microsoft Word. Dengan memahami cara mengetahui penyebab dan mengatasi masalah dasar yang sering terjadi di Word, tugas sekolah maupun kampus dapat dikerjakan dengan mudah dan tentunya lebih efisien. 

Nantikan tutorial dan tips bermanfaat lainnya, hanya di brodanni.com. Semoga bermanfaat untuk semuanya.