Internet Of Things (IoT) : Pengertian, Cara Kerja Beserta Kekurangannya

IoT ini adalah contoh sebuah perkembangan yang sangat pesat di dalam dunia komputer, karena penerapan IoT sudah ada di sekitar kita

Brodanni.com - Pernah mendengar tentang kosakata "Internet of Things" atau biasanya disingkat dengan kata "IoT"? Ya, bahkan mungkin Anda menggunakan salah satu teknologi yang menerapkan IoT tersebut sekarang ini lho! Konsep ini terbilang baru, namun tetap sangat memiliki dampak besar pada masa depan komputasi atau internet itu sendiri.

Internet of Things adalah

IoT ini adalah contoh sebuah perkembangan yang sangat pesat di dalam dunia komputer, karena penerapan IoT sudah ada di sekitar kita bahkan tanpa disadari sekalipun. Lemari es yang dapat melacak makanan apa yang saja yang Anda simpan di dalamnya adalah contoh kecil sehari-hari penerapan IoT di sebuah teknologi yang tanpa disadari ada di sekitar kita.

Mobil yang bisa berkendara untuk Anda secara otomatis juga merupakan salah satu contoh IoT. Nah dari hal tersebut, efek baik yang bisa kita ambil adalah tentu sangat membantu anda agar tidak perlu ribet-ribet lagi untuk "Belajar tentang bagaimana cara berkendara secara aman di jalan tol". Atau ingin penjelasan IoT secara jelas dan lebih detail? Maka dari itu langsung saja simak di bawah ini ya!

Apa itu IoT dalam arti yang lebih luas?

Dalam arti luas, istilah IoT mencakup segala sesuatu yang terhubung ke internet, tetapi semakin sering digunakan untuk mendefinisikan objek yang "berbicara" satu sama lain. IoT adalah definisi gabungan antara sebuah teknologi yang dicampurkan dengan Internet, sehingga teknologi tersebut bisa dikendalikan secara mudah atau otomatis.

Baca Juga : Cara Menemukan Passion di Dalam Diri Anda : Ini Tahapnya!

Mirip seperti arti sebuah Abstraksi di dunia IT, namun IoT adalah contoh perkembangan besar dari sebuah dasar Abstraksi itu sendiri. Dengan menggabungkan perangkat yang terhubung ini dengan sistem otomatis, dimungkinkan untuk mengumpulkan informasi, menganalisisnya, dan membuat tindakan untuk membantu seseorang dengan tugas tertentu, atau bahkan belajar dari suatu proses.

Ini memberi kesempatan bagi perangkat untuk berkomunikasi tidak hanya dalam silo yang dekat tetapi juga di berbagai jenis jaringan dan menciptakan dunia yang jauh lebih terhubung.

Cara Kerja IoT

IoT bekerja dan berfungsi dengan memanfaatkan sebuah instruksi pemrograman, di mana setiap perintahnya bisa menghasilkan interaksi ke sesama perangkat terhubung secara otomatis. Otomatis di sini adalah murni otomatis tanpa adanya campur tangan pemilik teknologi tersebut sehingga pemakaian teknologi itu bisa dipantau walaupun dari jarak jauh sekalipun, alias tanpa batasan jarak selama perangkat tersebut saling terhubung.

Kekurangan IoT

Di tengah penciptaan jaringan IoT yang luas dan andal, terdapat satu masalah penting, yaitu sebuah standar yang harus kompatibel. Objek yang terhubung harus dapat berbicara satu sama lain untuk mentransfer data dan membagikan apa yang mereka rekam.

Kesimpulan

IoT bukanlah sebuah pengertian dari singkatan IT, namun IoT adalah sebuah gebrakan besar di dunia IT. IoT untuk sekarang ini memang masih sebuah hal yang sederhana seperti menemukan tempat parkir mobil atau motor di area sibuk, menghubungkan sistem hiburan rumah anda dan lain sebagainya. Namun kemungkinan besar IoT akan berkembang besar nantinya dan memiliki potensi besar untuk kehidupan kita semua.

Dunia mulai mengarah untuk menghubungkan perangkat manual ke internet dan membuatnya menjadi lebih cerdas. Namun keputusan ini menimbulkan banyak kontra, terutama dalam hal keamanan atau privasi pribadi. Tapi tetap saja ada potensi besar bagi IoT untuk benar-benar mengubah dunia dengan cara yang belum pernah kita lihat sebelumnya.

Di masa depan, mungkin orang akan terkejut mengetahui kita harus melakukan sesuatu secara manual, seperti membuat kopi sendiri atau berkendara ke toko kelontong.

Walau Anda tidak memiliki pengalaman bekerja menggunakan perangkat Internet of Things, namun Anda juga tetap harus menyadari bahwa hal ini akan menjadi bagian signifikan dari masa depan komputer atau bahkan internet itu sendiri.

Demikian ulasan mengenai Internet Of Things (IoT) : Pengertian, Cara Kerja Beserta Kekurangannya, semoga bisa menambah wawasan para pembaca semuanya.