5 Cara Perbaiki Kartu microSD Tidak Terbaca

Bagaimana metode perbaiki microSD yang rusak? Buat menanggapi persoalan tersebut, inilah 5 cara perbaiki kartu microSD tidak terbaca. Semoga berhasil!

5 Cara Perbaiki Kartu microSD Tidak Terbaca – Banyak orang tidak ketahui metode perbaiki microSD yang rusak. Sebab dikala perihal tersebut terjalin mayoritas orang telah risau terlebih dulu. Sementara itu kalian tidak butuh bimbang informasi yang terdapat dapat diselamatkan. Cuma butuh sebagian langkah saja buat mengembalikan informasi tersebut.

Cara Perbaiki Kartu microSD Tidak Terbaca

Kalian juga tidak serta- merta wajib mengubah kartu microSD yang rusak dengan produk baru. Siapa ketahui, dengan melaksanakan sebagian metode gampang, kalian tidak butuh beli yang baru.

Baca Juga : Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca di HP Samsung

Lalu gimana metode perbaiki microSD yang rusak? Buat menanggapi persoalan tersebut, silakan ikuti saja sebagian langkah di dasar ini.

Pemicu MicroSD Rusak atau Tidak Terbaca

Saat sebelum kalian menyangka microSD yang digunakan rusak, bisa jadi terdapat sebagian perihal yang dapat dipelajari terlebih dulu. Sebab pada dasarnya dikala microSD tidak terbaca dapat diakibatkan oleh sebagian perihal semacam:

1. MicroSD yang kalian seleksi kurang bagus

Mayoritas orang memilah benda dengan harga yang murah. Sementara itu buat microSD yang butuh kalian ingat merupakan terdapat benda terdapat harga. Oleh sebab itu, jangan hingga membeli kartu memori dengan harga yang murah, sebab belum pasti kualitasnya bagus.

2. Melaksanakan transfer dengan salah

Pada dasarnya nyaris tiap orang melaksanakan transfer informasi microSD dengan salah. Satu perihal yang butuh kalian ingat ialah mematikan terlebih dulu gadget saat sebelum melepas kartu memorinya. Jangan langsung pindahkan begitu saja ataupun gadget dalam kondisi masih nyala.

3. Terserang radiasi magnet

Sebagian microSD memiliki sensitivitas dengan magnet. Buat itu, jika dapat jauhi penyimpanan microSD yang bersebelahan dengan magnet. Malahan apabila membolehkan tutup kartu memori dengan memakai tempatnya saja biar nyaman.

4. Kena minyak ataupun barang lain yang kotor

Ya, jangan pegang microSD dikala tangan kalian berminyak ataupun kotor. Sebab perihal tersebut dapat membuat kartu memori jadi tidak terbaca pada gadget. Terlebih apabila kalian memegang microSD pada susunan tembaga ataupun susunan kuningnya. Dapat ditentukan sehabis itu kartu memorimu susah terbaca oleh gadget,

5. Durasi kerja yang lama

MicroSD pula memiliki usia. Oleh sebab itu, yakinkan kartu memori kalian memiliki umur yang tidak sangat tua. Sebab apabila telah digunakan bertahun- tahun tentu kinerjanya pula hendak turun. Pada dikala kinerja microSD telah terus menjadi turun, saatnya membeli microSD yang baru.

5 Cara Perbaiki Kartu microSD Tidak Terbaca

Sehabis kalian ketahui apa saja pemicu microSD rusak ataupun tidak terbaca oleh gawaimu, saat ini saatnya mengenali gimana metode memperbaikinya. Buat itu, ikuti saja pembahasan 5 Cara Perbaiki Kartu microSD Tidak Terbaca lengkap berikut ini.

1. Coba pakai microSD pada fitur lain

Misalkan microSD yang kalian pakai tidak ditemukan pada gadget yang dipakai. Jangan senewen. Belum pasti microSD- mu yang rusak. Coba masukkan microSD ke fitur yang lain. Apabila nyatanya berperan dengan baik, berarti terdapat yang salah dengan ponselmu.

Baca Juga : Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop Windows 10

Jika nyatanya tidak dapat pula, mungkin microSD yang kalian pakai kotor. Buat membersihkannya kalian dapat simak langkah- langkah pada pembahasan yang lain di dasar ini.

2. Bilas microSD, siapa ketahui cuma kotor saja

Ya, saat sebelum kalian menjatuhkan putusan microSD yang kalian gunakan hadapi kehancuran, yakinkan buat membersihkannya terlebih dulu. Sebab dapat jadi kartu memorimu itu hanya kotor saja, sehingga tidak dapat ditemukan oleh gadget yang kalian pakai.

Nah, buat mensterilkan microSD ini dapat dengan metode bagaikan berikut:

  • Sajikan penghapus pensil.
  • Bila telah terdapat penghapusnya, kalian lumayan menggosokkannya pada microSD. Tepatnya pada bagian yang terdapat susunan tembaganya.
  • Bila telah, silakan masukkan kembali kartu memori tersebut pada ponselmu. Jika dapat berarti microSD cuma kotor. Apabila tidak kalian dapat menjajaki poin selanjutnya.

3. Cek kesehatan microSD pada pc/ laptop

Apabila nyatanya microSD yang kalian bilas masih tidak dapat pula, silakan nyalakan laptop ataupun pc buat melaksanakan pengecekan. Triknya dapat dengan menjajaki langkah- langkah berikut ini.

  • Hubungkan microSD ke pc dengan card reader ataupun adaptor.
  • Sehabis itu kalian dapat membuka Windows Explorer serta amati apakah kartu memori tersebut masuk ke dalam sistem. Bila iya, klik kanan pada kartu tersebut.
  • Setelah itu kalian hendak dihadapkan pada beberapa opsi. Seleksi Properties kemudian klik Tools serta berikutnya seleksi Error Checking.
  • Kemudian Scan serta tunggu sampai berakhir.
  • Sehabis berakhir melaksanakan Scan, kalian dapat melaksanakan pengecekan kembali dengan mencobanya pada gadget yang hendak dipakai.

Apabila dapat, permasalahan kalian berakhir microSD dapat diperbaiki. Bila tidak dapat simak saja petunjuk yang ada pada uraian berikutnya.

4. Pakai aplikasi buat perbaiki microSD yang rusak

Jika kalian belum sukses membetulkan microSD- mu, tenang saja masih terdapat jalur mengarah Roma. Langkah selanjutnya yang butuh kalian jalani merupakan memakai aplikasi buat mengembalikan informasi yang tersimpan pada kartu memori tersebut.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan ialah EaseUS buat mereka yang mengenakan ponsel Android. Triknya sangat gampang tinggal unduh setelah itu instal aplikasi tersebut. Sehabis itu kalian tinggal Scan serta berikutnya melaksanakan Recover. Voila informasi kalian sukses diselamatkan.

Kalau mengenakan laptop ataupun pc buat membetulkan microSD yang rusak, kalian lumayan instal MicroSD Card Recovery Tool. Aplikasi ini dapat digunakan buat pc/ laptop dengan sistem pembedahan Windows maupun Macintosh. Triknya tinggal instal, scan, serta recover.

5. Format ulang microSD yang kalian punya

Apabila keempat metode di atas tidak sukses pula, salah satunya metode menyelamatkan microSD- mu merupakan dengan melaksanakan format. Hendak namun dengan melaksanakan format, kalian wajib merelakan seluruh informasi yang ada didalamnya. Sebab telah tidak dapat diselamatkan lagi.

Kalian dapat melaksanakan format microSD dengan 2 metode, ialah memakai ponsel ataupun laptop/ pc. Biila kalian mau memformat kartu memori dengan smartphone Android, yakinkan terlebih dulu kalau microSD sudah masuk ke gadget dengan benar.

Baca Juga : 3 Cara Memanfaatkan Laptop atau Komputer Jadul 

Sehabis itu, kalian dapat langsung melaksanakan format tanpa memerlukan aplikasi yang lain. Triknya sangat gampang, simak saja petunjuk berikut.

  • Seleksi menu Settings ataupun Pengaturan serta cari Storage ataupun Penyimpanan.
  • Setelah itu seleksi menu dengan nama Portable Storage ataupun Penyimpanan Portabel.
  • Kemudian kalian seleksi Storage Settings ataupun Pengaturan Penyimpanan, setelah itu seleksi Format, serta seleksi Erase& Format ataupun Hapus serta Format..
  •  Sehabis berakhir, cek kembali apakah microSD- mu dapat digunakan kembali ataupun tidak.

Apabila kalian memilah buat memakai pc buat melaksanakan format microSD, langkah- langkah berikut yang butuh kalian jalani.

  • Masukkan microSD ke Card Reader ataupun adaptor.
  • Seleksi Windows Explorer. serta klik kanan pada kartu memorimu
  • Sehabis itu seleksi Format pada menu tersebut serta tunggu sampai berakhir.
  • Setelah itu silakan coba buat mengakses microSD tersebut. Apabila sukses berarti kartu memori sudah diperbaiki. Bila tidak, kalian butuh membeli microSD yang baru.

Dengan 5 Cara Perbaiki Kartu microSD Tidak Terbaca di atas, mudah- mudahan kalian dapat membetulkan kartu memorimu. Sebab sesungguhnya microSD tidak melulu butuh ditukar, kecuali memanglah telah uzur usianya. Jadi, cek terlebih dulu apakah microSD kalian rusak ataupun tidak.

Gimana? Apakah berhasil, silahkan komen dan bagikan artikel ini jika anda berhasil memperbaiki kartu microSD yang tidak tebaca.