Cara Memindahkan Game dari HP ke Laptop : Cepat dan Simpel!

Bagi Anda yang sedang mencari cara memindahkan game dari Hp ke Laptop dengan cepat dan simpel, silahkan baca artikel ini dengan seksama. Semoga bisa!

Cara Memindahkan Game Dari Hp Ke Laptop - Bagaimana cara Memindahkan Game dari layar HP ke aplikasi OBS di laptop atau pc? Bagaimana juga agar suara HP bisa muncul di PC? Baca artikel ini sampai habis! Kita akan bahas satu per satu. Jangan lupa juga untuk membaca artikel tambahan agar informasinya tidak setengah-setengah.

Step by Step Pindahkan Game dari Smartphone ke Laptop

cara memindahkan game dari hp ke laptop

Menampilkan Layar HP di OBS Studio

  1. Hubungkan layar android Anda ke PC atau laptop melalui aplikasi mirroring. Untuk rekomendasinya aplikasi ini bisa menggunakan “SCRCPY”. Namun anda juga bisa menggunakan aplikasi miror gratis lainnya.
  2. Masukkan perangkat lunak studio OBS.
  3. Di bagian bawah ada kolom yang bernama 'sources', lalu klik tanda '+' untuk menambahkan sebuah layer baru pada OBS.
  4. Pilih tangkapan jendela.
  5. Pilih aplikasi yang akan di screen capture oleh OBS. Karena di sini contoh menggunakan SCRCPY, maka pilih [scrcpy.exe]
  6. Selesai. Layar android Anda telah muncul di OBS.

Menghubungkan Audio Android ke PC

Nah, akan ada lebih banyak pertanyaan. Apabila suaranya gamenya tidak masuk ke aplikasi OBSnya, meskipun begitu suara gamenya dibutuhkan dan backsoundnya menggunakan NCS? Itulah pertanyaan yang sering juga kami ajukan saat pertama kali mencoba game live streaming di YouTube atau di Facebook. Suara HP tidak muncul di PC.

Baca Juga : Cara Menguatkan Jaringan WIFI di HP : HP mu Makin Ngegas!

Sebenarnya ada beberapa cara. Anda dapat membaca artikel ini: cara menghubungkan audio HP ke PC melalui kabel dan nirkabel. Namun di sini kami akan menjelaskan cara terpendeknya. Yaitu dengan menggunakan sebuah kabel yang bernama AUX male to male.

Salah satu ujungnya dicolokkan ke telepon Anda, ujung lainnya dicolokkan ke PC di port biru muda; itu disebut port line-in.

Untuk memeriksa apakah suara HP telah muncul di PC, Anda dapat melihat properti suara dengan metode ini :

  • Bukalah panel control terus klick perangkat keras dan suara.
  • Klik Suara > tab Perekaman.
  • Periksa apakah port line-in centang hijau atau tidak. Jika demikian, suara ponsel Anda akan muncul di PC Anda.

Line-in terhubung tetapi suaranya tidak keluar?

Langkah pertama untuk memeriksa suara ponsel Anda muncul atau tidak di PC adalah dengan memutar musik. Jika suara tidak masuk melalui speaker, masalah yang paling mungkin adalah Anda tidak menyiarkan suara line-in ke speaker.

Cara mengirimkan suara dari perangkat line-in ke speaker adalah seperti ini :

  • Periksa properti line-in dengan menekan tombol properti di sudut kanan bawah.
  • Buka tab dengarkan. Pastikan kotak 'dengarkan perangkat ini' dicentang. Kemudian pilih di mana suara dari ponsel Anda akan disiarkan: ke speaker/headset atau ke monitor (jika ada speaker).
  • Sekarang coba putar musik atau video lagi. Suaranya pasti keluar.

Cara Merekam Suara HP di OBS

Nah, langkah selanjutnya atau yang terakhir adalah denga merekam suara dari ponsel Anda yang sudah terhubung ke PC pada OBS. Sebelum masuk ke tutorial di bawah ini, coba cek dulu dengan merekam beberapa momen. Jika suara direkam secara otomatis (karena beberapa perangkat lunak mirroring mendukung fitur ini), maka tutorial di bawah ini tidak diperlukan.

Namun jika suara hp Anda tidak terekam di OBS, silahkan lanjutkan dengan tutorial dibawah ini :

  • Di OBS tambahkan lapisan lain. Klik ikon '+' di kolom 'sumber'.
  • Pilih Tangkapan Input Audio.
  • Pilih perangkat masuk.
  • Klik Oke.
  • Selesai.

Begitu. Begitulah cara menyambungkan audio dan video HP ke PC, lalu merekamnya melalui OBS. Cara diatas sudah kami coba dan juga sampai saat ini masih kami praktekkan atau digunnakan ketika sesekali kami akan mencoba live streaming di youtube ataupun facebook. Demikianlah ulasan tentang cara memindahkan game dari hp ke laptop semoga bermanfaat.