Cara Melihat Gaji Youtube Kita : Mudah, Gak Ada 1 Menit!

Untuk Anda yang kebetulan seorang youtuber pemula, berikut cara melihat gaji youtube kita dengan mudah. Selamat mencoba, semoga sukses buat Anda.

Cara Melihat Gaji Youtube Kita - Jika kita ingin menjadi seorang Youtuber, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun Google terlebih dahulu, kemudian mendaftarkan channel Youtube, kemudian tentukan konten yang ingin dibagikan, lakukan edit, bagikan konten melalui media sosial dan maksimalkan jumlah subscriber. 

cara melihat gaji youtube kita

Dan di artikel ini kami akan memberitahu Cara melihat Gaji Youtube kita. Karena jumlah subscriber sendiri sangat berpengaruh untuk mendapatkan penghasilan di Youtube.

Penjelasan Monetisasi

Monetisasi Youtube dapat dikatakan sebagai suatu kegiatan yang bertujuan untuk membuat suatu akun atau saluran baik milik seseorang atau suatu instansi untuk menghasilkan uang. Monetisasi ini diketahui legal.

Sebelum mengetahui cara memonetisasi lebih lanjut, Anda harus mengetahui syarat agar video yang diunggah dapat diiklankan. Ini agar pengiklan juga bisa mendapatkan keuntungan dari orang-orang yang menonton konten itu.

Syarat agar Saluran YouTube Anda Bisa Dimonetisasi

A. Memiliki setidaknya 1.000 pelanggan (Subscriber)

Anda harus memiliki minimal 1.000 subscriber agar pengiklan ingin memasang adsense di video Anda. Yang dimaksud dengan subscriber adalah akun lain yang menjadi subscriber akun youtube anda. Persyaratan minimum 1.000 pelanggan ini menunjukkan bahwa Anda memiliki pasar audiens Anda sendiri untuk konten yang Anda hasilkan.

Selain itu, menjadi variabel bagi pengiklan untuk memperkirakan jumlah penonton yang melihat iklan mereka ketika ditampilkan di saluran YouTube.

B. Memiliki Setidaknya 4.000 Jam Total Waktu Tonton

Anda harus memiliki setidaknya 4.000 jam waktu tonton. Ini untuk menunjukkan pelanggan Anda aktif dan bukan akun palsu, atau bahkan Anda membeli pelanggan. Diketahui, praktik semacam ini sering terjadi di dunia content creator, di mana banyak yang membeli subscriber palsu untuk mencontek syarat nomor satu.

Jika kedua syarat ini terpenuhi, YouTube akan melakukan verifikasi untuk memastikan channel YouTube Anda cocok sebagai media bagi pengiklan. Setelah disetujui, pemilik saluran akan menerima uang yang dimonetisasi yang dikirim oleh YouTube.

C. Tidak Melanggar Konten Terlarang

Konten terlarang yang dimaksud adalah pornografi, plagiarisme, pelanggaran hak cipta, dan kekerasan. Memenuhi persyaratan ini berarti dapat mengikuti aturan YouTube.

D. Berdomisili di negara atau wilayah yang tercantum di Mitra YouTube

Pemegang akun harus berdomisili di wilayah atau negara yang menjadi Mitra YouTube. Saat ini, Indonesia termasuk dalam wilayah yang menjadi bagian dari program tersebut.

E. Terhubung dengan Google Adsense

Cara mengaktifkan Google Adsense adalah dengan mengklik YouTube di kanan atas dan memilih menu "Creator Studio". Selanjutnya Anda tekan "Channel" dan "Status and Features". Kemudian pilih "Aktifkan Monetisasi".

Cara Melihat Penghasilan Youtuber

Adapun cara termudah untuk melihat penghasilan Youtuber, Anda dapat mencoba langkah-langkah yang akan dibagikan di bawah ini.

Selain melihat penghasilan channel Youtuber lain, Anda juga bisa mengecek penghasilan Youtube sendiri (khususnya Youtuber) dengan sangat mudah. Cara melihat penghasilan channel Youtube sendiri bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

1. Tampilan Klasik Creator Studio

  • Buka Youtube.com lalu Login/Login ke akun Google Anda untuk terhubung ke saluran Youtube Anda.
  • Lihat di pojok kanan atas, klik profil Anda dan pilih Creator Studio.
  • Di menu sebelah kiri, klik Analytics » Laporan Pendapatan.
  • Anda akan segera melihat berapa banyak penghasilan saluran YouTube Anda.

2. Tampilan Youtube Studio (Terbaru)

  • Buka Youtube.com lalu Login atau Login ke akun Google Anda untuk terhubung ke saluran Youtube Anda.
  • Lihat di pojok kanan atas, klik profil Anda dan pilih Youtube Studio.
  • Di menu sebelah kiri, klik Analytics » Pendapatan.
  • Anda akan segera melihat berapa banyak penghasilan saluran YouTube Anda.

3. Cek melalui Google Adsense

Untuk mengecek pendapatan channel YouTube Anda sendiri, Anda juga bisa mengunjungi website Google Adsense, untuk mengetahui lebih detail berapa penghasilan channel Youtube Anda. Kunjungi saja Google Adsense, Login menggunakan akun Google Anda. Demikianlah ulasan tentang cara melihat gaji youtube kita semoga bermanfaat.