Cara Promosi Bimbel Rumahan : Ini Resepnya!

Ini adalah cara promosi bimbel rumahan yang sangat cocok untuk Anda yang berminat membuka bimbel skala rumahan

Cara Promosi Bimbel Rumahan - Seiring dengan pandemi yang sedang melanda dunia berimbas juga berbagai sektor, salah satunya sektor pendidikan. Berbicara mengenai sektor pendidikan tentu tidak akan bisa dipisahkan dari yang namanya pelajar. Selain guru, pelajar atau siswa merupakan salah satu yang terdampak dari pandemi ini. Mereka harus harus bisa beradaptasi  dari yang semula belajar dengan gaya klasikal di sekolah menjadi belajar online atau PJJ.

Bagi insan yang memiliki naluri bisnis terutama bagi Anda yang memiliki latar belakang sarjana pendidikan entah itu yang berprofesi sebagai guru di sekolah ataupun bukan, kondisi seperti itu bisa memunculkan suatu peluang usaha, yaitu usaha di bidang bimbingan belajar atau bimbel skala kecil alias skala rumahan. Karena selama masih ada sekolah dan pelajar, bisnis bimbel akan terus memberikan profit untuk Anda Nah, bagi Anda yang sudah ada niatan untuk merintis usaha bimbel rumahan tetapi masih bingung dalam menentukan cara berpromosi, berikut rahasia cara promosi bimbel rumahan yang harus Anda praktikkan.

Cara Promosi Bimbel Rumahan yang Efektif 

cara promosi bimbel rumahan

Cara Promosi Online Bimbel Rumahan

Generasi milenial yang lekat dengan Smarphone tentunya sangat akrab dengan berbagai macam aplikasi media sosial ataupun aplikasi chatting perpesanan. Manfaatkan ceruk ini untuk mengembangkan promosi bimbel yang Anda sedang rintis. Anda bisa berkreasi dengan memanfaatkan brosur ataupun pamflet online yang bisa dibuat via gadget Anda dan menyebarkannya lewat grup media sosial ataupun grup percakapan yang di dalamnya beranggotakan orang-orang di sekitar Anda.

Pastinya ada dong grup whatsapp arisan RT, grup ronda bapak-bapak, grup pengajian ibu-ibu atau grup yang berangggotakan orang-orang di sekitar yang ada di Hp Anda? Nah kenapa tidak dimanfaatkan untuk media promosi ? Promosi ini simple namun mengena tepat pada sasaran. Selain dari grup-grup percakapan whatsapp, banyak juga grup-grup yang ada di media sosial seperti facebook yang bisa dimanfaatkan untuk berpromosi. Nah, praktis bukan?

Baca Juga : Cara Mendirikan Bimbel Rumahan, Ini Urutannya

Cara promosi bimbel rumahan secara online akan terasa lebih ringan apabila Anda memiliki anak atau keponakan yang bersekolah. Kreasikan brosur digital anda yang bisa di buat melalui media Canva, jangan lupa cantumkan nomor kontak Anda serta ciptakan penawaran harga yang menarik.  Tanyakan apakah punya grup whatsapp sekolah ataupun grup whatsapp teman segank pada mereka. Kalau jawabanya iya, minta mereka untuk membagikan brosur digital tersebut. Tunggu saja, dalam waktu dekat pasti akan ada yang menghubungi Anda untuk daftar les. Anda tinggal siapkan properti seperti papan tulis, spidol dan juga meja serta sambut kedatangan mereka dengan senyuman.

Cara Promosi Offline Bimbel Rumahan

Duh, sayangnya pandemi ini belum berakhir ya. Kalau pandemi ini sudah berakhir Anda bisa mecoba alternatif promosi selain online yaitu promosi via offline. Masih ingat dengan brosur maupun pamflet yang di buat via media Canva tadi kan ? nah, cetak dan gandakan keduanya kemudian bagikan kepada masyarakat di mana Anda tinggal, tidak perlu langsung banyak namun perlahan tapi pasti. Apabila di dekat pemukiman Anda terdapat sekolah, bisa juga Anda membagikan brosur dan pamflet tersebut kepada siswa dan siswi sepulang mereka sekolah.  

Baca Juga : Investasi Jangka Menengah Terbaik, Milenial Harus Tahu

Apabila Anda memiliki modal berlebih, silahkan berkreasi dengan membuat stiker, gantungan kunci, alat tulis yang sudah tercetak nama bimbel. Sekali lagi apabila Anda memiliki dana berlebih, buatlah sebuah event atau acara seperti try out ataupun pelombaan/kompetisi. Bagikan pernak pernik tadi kepada peserta yang mengikuti event yang Anda adakan, dan berilah diskon harga bimbingan kepada para juaranya. Karena biasanya siswa pintar yang memenangkan event yang Anda adakan akan memiliki daya tarik tersendiri untuk kawan-kawan dia disekolah ataupun dilingkungan pertemanan mereka, nah ceruk inilah yang bisa dimanfaatkan. 

Nah, itulah sekilas mengenai cara promosi bimbel rumahan yang efektif dan juga efisien baik secara online maupun offline. Selamat mencoba.