Cara Mendirikan Bimbel Rumahan : Ini Urutannya

Tertarik untuk membuat bimbel skala rumahan? inilah cara mendirikan bimbel rumahan beserta langkah-langkahnya.

Cara Mendirikan Bimbel Rumahan - Ide berwira usaha bisa datang dari mana dan kapan saja. Belajar merupakan kebutuhan yang paling mendasar dari seorang pelajar. Nah, apabila Anda memiliki jiwa usahawan tentunya ini bisa dijadikan peluang untuk bisa memulai berbisnis bimbel atau bimbingan belajar. Bimbel merupakan usaha yang cukup menjanjikan di tengah hiruk pikuk pelajaran sekolah yang makin lama makin sulit seiring dengan gonta-gantinya kurikulum di negara kita.

Cara mendirikan bisnis bimbel rumahan ini tidak cukup hanya bermodalkan kepintaran saja, melainkan juga memerlukan skill komunikasi yang bagus. Komunikasi yang bagus disini artinya Anda kelak bisa berkomunikasi dari hati ke hati dengan peserta didik yang menjadi custumer bimbel di rumah Anda. Selain bisa berkomunikasi dari hati ke hati yang bagus, berikut ini  beberapa tahapan mengenai cara mendirikan bimbel rumahan yang sebaiknya Anda ketahui.

Cara Mendirikan Bimbel Rumahan yang Bisa Anda Coba

cara mendirikan bimbel rumahan

Berlatar Belakang Sarjana Pendidikan

Kenapa harus berlatar sarjana pendidikan? Hal ini dikarenakan Anda nantinya akan berhadapan dengan anak anak usia sekolah yang memerlukan perhatian khusus, dan biasanya orang dengan latar belakang sarjana pendidikan tidak akan kesulitan untuk menghandle ini. 

Akan menjadi nilai plus apabila Anda berlatar belakang pendidikan, karena Anda pastinya sudah dibekali dengan kompetensi pedagogik dan juga profesional sebagaimana yang pernah Anda pelajari di bangku kuliah dulu. Anda yang nantinya jadi pengelola sekaligus pengajarnya, menarik bukan?

Lakukan Riset Kecil-kecilan di Lingkungan Anda

Bisnis apapun tentunya membutuhkan riset yang mendalam, termasuk bisnis bimbel rumahan ini. Riset kecil-kecilan ini bermanfaat untuk menentukan besaran pembayaran yang nantinya akan Anda terapkan ke peserta didik bimbel Anda. Bahan yang bisa Anda jadikan riset seperti mayoritas pekerjaan orang tua calon siswa bimbel anda, sebaran anak berusia SD, SMP ataupun SMA yang ada di lingkungan sekitar Anda dan lain sebagainya. 

Baca Juga : Cara Jualan Pulsa Online di Shopee : Begini Untuk Memulainya

Hasil dari riset skala kecil tadi bisa Anda gunakan untuk menentukan  serta rumuskan sistem pembayaran dan besaran yang akan diterapkan kelak kepada siswa bimbel agar tidak memberatkan dan sesuai dengan jangkauan orang tua mereka.

Persiapkan Tempat yang Representatif 

Sebenarnya, untuk memulai bisnis bimbel skala rumahan ini tidak memerlukan kapasitas ruangan yang besar. Anda bisa memulainya dengan mensetting ruang tamu maupun garasi yang ada di rumah untuk di sulap menjadi ruang bimbel yang representatif. Cara mendirikan bimbel rumahan bagi kebanyakan orang yang memerlukan ide dan juga kreasi biasanya di tahap ini. 

Mulailah dari ruangan yang tidak terlampau luas terlebih dahulu sebelum nantinya Anda pindah lokasi terdekat dari rumah Anda ataupun membangun lokasi baru, tentunya setelah bisnis bimbel rumahan yang Anda rintis sudah memiliki prospek dan penghasilan yang sesuai dengan target. Semangat!

Promosikan dengan Cara Online Maupun Offline

Di dalam berbisnis promosi dan riset memegang peran yang teramat vital, termasuk di dalam mengembangkan bisnis rumahan ini. Bagaimana cara berpromosi Online dan Offline? Mudah kok. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk berpromosi secara online dengan add orang-orang sekitar lingkungan Anda tinggal yang aktif bermain media sosial. Invite dan jalin pertemanan media sosial dengan mereka.  

Baca Juga : Cara Menabung 2 Juta dalam Sebulan, Begini Langkahnya

Punya keponakan maupun anak yang bersekolah kan? Manfaatkan relasi kedekatan keluarga ini untuk mengembangkan promosi online Anda dengan meminta tolong mereka untuk menyebarkan brosur atau pamflet digital melalui grup-grup chat percakapan mereka, misalkan Whatsapp dan lain sebagainya. Anda bisa memanfaatkan media Canva untuk bisa memperoleh desain brosur maupun pamflet yang menarik secara gratis dan tinggal edit. Jangan lupa sertakan nomor yang bisa di hubungi di brosur Anda.

Cara Offlinenya, brosur maupun pamflet ini juga bisa di cetak dan digandakan untuk di bagikan kepada masyarakat sekitar komplek Anda dan juga ke sekolah-sekolah terdekat, tunggu saja ketika siswa maupun siswinya pada saat jam pulang sekolah kemudian bagikan brosur serta pamfletnya. 

Kelas klasikal atau Kelas Privat?

Setelah mendapatkan siswa yang berminat untuk belajar di bimbel Anda, segeralah tentukan sistem kelas bimbingan mana yang ingin Anda kembangkan. Sistem kelas pada bimbingan belajar umumnya ada dua, kelas klasikal yang terdiri dari 5 sampai 10 siswa atau kelas privat yang terdiri dari satu siswa dengan satu tentor. 

Tawarkan ke dua sistem tersebut kepada orang tua calon siswa bimbel serta jelaskan juga kelebihan dan juga kekurangan dari sistem tersebut dengan jelas dan seramah mungkin. Anda juga bisa membedakan harga dari kedua sistem tersebut dengan cara membuat tabel harga yang sekreatif mungkin.

Itulah 5 cara mendirikan bimbel rumahan efektif. Anda punya cara yang lain? silahkan kolaborasikan cara Anda dengan ke lima cara tadi, semoga berhasil.