Investasi Jangka Mengah Terbaik, Milenial Harus Tahu

Berikut ini beberapa investasi jangka menengah terbaik yang tidak hanya aman tetapi juga menguntungkan

Investasi Jangka Menengah Terbaik - Indonesia berkembang pesat dan terdapat banyak pilihan investasi yang menguntungkan. Investasi inipun tidak hanya menguntungkan, tetapi juga aman. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memang telah memberikan jaminan dan izin resmi kepada beberapa perusahaan sekuritas yang menjual produk investasi. 

Beberapa Pilihan Investasi Jangka Menengah Terbaik

investasi jangka menengah terbaik

Investasi reksa dana

Reksa dana adalah instrumen investasi yang menampung dana modal dari semua investor. Seluruh dana dari investor tersebut dikumpulkan, disatukan, dan akan dikelola oleh manajer investasi menjadi beberapa portofolio efek. Kamu bisa langsung mengecek legalitas perusahaan investasi ini melalui halaman resmi masing-masing website. 

Baca Juga : Cara Investasi Tanah dengan Modal Kecil? Begini Langkahnya

Istilahnya, diversifikasi investasi dengan tujuan meminimalkan risiko kerugian. Reksa dana merupakan Investasi Jangka Menengah yang menguntungkan dan direkomendasikan untuk investor pemula di tahun 2020. Beberapa alasannya antara lain reksa dana bisa dimulai dengan modal minimal (Rp 50.000), return diatas inflasi, bisa dipantau melalui aplikasi smartphone, bisa top up cashless, dan tingkat likuiditas atau pencairan yang sangat tinggi.

Deposito

Deposito merupakan investasi yang menguntungkan karena ada suku bunga tetap yang diberikan bank setiap bulan. Selain itu, Anda juga bisa memprediksi seberapa besar pengembalian investasi pada saat jatuh tempo, karena jumlahnya harus sesuai dengan dana yang disetorkan setiap bulan. Investasi ini bisa untuk jangka menengah hingga jangka panjang karena semakin besar dananya dan semakin lama jangka waktunya akan semakin menjanjikan manfaatnya.

Untuk membuka rekening deposito, Anda bisa datang langsung ke bank atau lembaga penyedia deposito untuk membuka rekening. Anda dapat memilih jangka waktu investasi; 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 36 bulan, dll. Bank kemudian akan menawarkan berapa bunga yang bisa diberikan untuk setiap jangka waktu jatuh tempo. 

Investasi saham

Xultan tentunya sudah sangat sering mendengar tentang investasi saham. Saham adalah surat berharga, bukti kepemilikan suatu instansi atau perusahaan kepada pemberi modal. Keuntungan yang diperoleh dari investasi saham tergantung dari besar kecilnya modal yang ditanamkan. Jika modalnya besar, maka keuntungannya juga besar. 

Baca Juga : Keuntungan Bermain Saham Perbulan yang Harus Kamu Tahu

Namun, Xultan harus ingat bahwa investasi dengan return yang besar memiliki risiko yang sama (high risk high return). Tetapi jika Anda ahli dalam berinvestasi dan juga tipe investor yang agresif, Anda dapat benar-benar mencoba investasi saham.

Investasi properti

Jual beli properti atau sewa properti sudah menjadi bisnis sekaligus investasi yang menguntungkan. Jika Anda memiliki properti; Tanah, apartemen, ruko, dan Anda menyewakannya kepada orang lain, Anda bisa mendapat untung besar setiap bulan atau tahun. Anda juga boleh menjual properti ini saat harga sedang bagus-bagusnya. Namun perlu diingat, meski investasi properti ini aman dan sangat cuan, modal yang dibutuhkan juga besar.

Investasi emas

Emas masih menjadi investasi favorit sejak zaman kuno. Kebanyakan orang akan membeli emas; dalam bentuk batangan atau perhiasan, kemudian menyimpannya untuk dijual pada saat harga naik atau sedang. Investasi emas ini bisa dikatakan modal menengah ke atas. Anda bisa membeli per gramnya, sesuai dengan pendapatan yang Anda miliki. Jika Anda memulai sedikit, emas bisa diakumulasi banyak dan menguntungkan saat dijual dengan harga terbaiknya. 

Baca Juga : Jenis Investasi Selain Saham yang Harus Anda Ketahui

Lima investasi yang menguntungkan di atas semuanya dijamin aman. Jika memilih reksa dana atau saham, pastikan perusahaan yang menjual instrumen tersebut memang resmi dan memiliki izin operasional. Begitu juga dengan deposito. Pastikan bank yang dipilih adalah bank terpercaya. Soal investasi properti dan emas, asal beli dari pihak yang sah dan bisa mengurusnya sebelum dijual pasti bisa untung. Demikian ulasan tentang investasi jangka menengah terbaik semoga bermanfaat.