Keuntungan Bermain Saham Perbulan yang Harus Kamu Tahu

Simak selengkapnya mengenai bagaimana dan apa saja keuntungan bermain saham perbulan yang harus Anda ketahui

Keuntungan Bermain Saham Perbulan - Sebagian dari kita pasti ingin menguasai saham dengan modal kecil, berapa pun modal yang kita miliki. Sebelumnya saya pengen luruskan dulu, arti bermain saham tidak berarti bermain-main dalam arti sebenarnya bermain petak umpet. Khawatir Anda akan mengira bahwa dunia saham itu seperti permainan yang tidak perlu keseriusan. Karena kebanyakan orang lebih mengenal istilah bermain investasi saham atau perdagangan saham. 

keuntungan bermain saham perbulan

Berinvestasi atau berdagang terasa sulit, berat, dan membutuhkan modal besar. Agar tidak menimbulkan kesalahpahaman, saya meluruskannya. Stok hanya ada 2 jenis orang. Siapa yang ingin tertarik atau berdagang. Jika Anda tidak memahami perbedaannya, silakan baca artikel saya sebelumnya tentang perdagangan, investasi dan Bermain Saham.

Bagaimana Cara bermain saham dengan modal kecil?

Jadi, meski bermodal kecil pun, bukan halangan bagi kita untuk masuk ke dunia saham. Di mana ada kemauan, pasti ada jalan.

Tentukan targetnya dulu

Tentukan dulu anda mau berdagang investasi apa. Karena hal ini juga akan berpengaruh pada pemilihan saham dan alokasi modal. Berkenaan dengan pemilihan saham akan dibahas di bawah ini. Jika terkait modal, saat Anda memilih untuk berinvestasi, alokasi modal akan digunakan untuk menambah jumlah saham yang Anda beli sebelumnya. 

Dengan modal terbatas, Anda tidak bisa bebas melakukan diversifikasi karena hasilnya tidak akan maksimal. Begitu pula sebaliknya, ketika Anda memilih untuk berdagang, modal akan selalu dimainkan dan Anda dapat berpindah lebih banyak dari satu saham ke saham lainnya, yang berpotensi memberikan keuntungan dalam waktu dekat.

Pilih stok yang sesuai

Saat Anda memutuskan untuk berinvestasi, maka lebih baik Anda memilih saham yang memiliki fundamental bagus dan memiliki prospek bagus dalam beberapa tahun ke depan. Mungkin pergerakan harga agak lambat, meski cenderung naik. Anda pasti tidak ingin bahkan memilih saham yang hanya berfluktuasi pada harga yang sama. Bisa iritasi juga. Belilah bulan ini, eh, bulan yang sama tahun itu, kembali ke harga beli semula, dan tahunnya juga tetap sama.

Gunakan taktik

Untuk memaksimalkan keuntungan, meski dengan modal kecil, lebih baik Anda punya taktik. Untuk anda yang merekomendasikan untuk investasi. Anda bisa menerapkan taktik penurunan harga rata-rata saham yang Anda miliki.

  • Misalnya, Anda membeli saham setiap awal bulan. Pantau harga di pertengahan atau akhir bulan. Jika harga turun drastis dari harga yang Anda beli sebelumnya, katakanlah turun 10%. Kemudian Anda dapat membeli kembali saham tersebut dengan alokasi modal 50% bulan depan.
  • Bulan depan, Anda bisa membeli kembali sisa 50% modal di awal bulan seperti biasa. Selanjutnya, itu diulangi lagi. Dan jika penurunannya tidak cukup, alokasikan untuk membeli seluruh modal Anda bulan depan.

Dengan begitu setidaknya Anda bisa mendapatkan harga rata-rata yang bervariasi dan ada peluang untuk menurunkan harga rata-rata saham yang Anda miliki. Cara ini tidak menjamin bahwa, setidaknya Anda memiliki prinsip dalam berinvestasi saham.

Tingkatkan modal secara bertahap

Ini juga, tentu saja harus dilakukan. Tidak mungkin Anda dari awal sampai akhir hanya dengan 300 ribu? Saya jamin Anda tidak akan bisa meningkat secara signifikan. Dengan rutin menyisihkan persentase tertentu setiap bulannya maka Anda bisa melakukan ini. 

Dan dengan menyisihkan secara teratur, Anda secara tidak langsung akan meningkatkan penghasilan Anda dengan lebih berusaha dan mencoba menghilangkan pengeluaran yang tidak memprioritaskan. Demikian ulasan tentang keuntungan bermain saham perbulan semoga bermanfaat.