Jenis Investasi Selain Saham yang Harus Anda Ketahui

Investasi bisa dilakukan oleh siapa saja. Inilah Jenis Investasi Selain Saham yang Harus Anda Ketahui di Indonesia

Jenis Investasi Selain Saham – Investasi merupakan suatu kegiatan penanaman aset yang bertujuan untuk keuntungan di masa depan dengan jangka waktu tertentu. Investasi bisa anda lakukan supaya keuangan Anda bisa terjamin nantinya. Dulu banyak orang yang mengira bahwa investasi hanya bisa dilakukan oleh orang kaya saja. Namun stigma tersebut sudah terpatahkan. Kini investasi bisa dilakukan oleh masyarakat kalangan bawah menengah. Ini juga dipengaruhi oleh banyaknya perusahaan investasi di Indonesia.

jenis investasi selain saham

Jenis Investasi Selain Saham Yang Bisa Kita Coba

Dengan kemudahan dalam berinvestasi, membuat jumlah orang yang melakukan investasi di Indonesia semakin tahun menjadi meningkat. Tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk berinvestasi, kini investasi sudah bisa anda lakukan dengan modal yang kecil.

Dengan banyaknya perusahaan investasi, Anda bisa berinvestasi mulai dari segala macam jenis. Hal ini perlu anda ketahui sebelum anda melakukan investasi. Dengan mengetahui jenis investasi mana yang cocok dengan anda. Nah, bagi Anda yang belum tahu jenis-jenis investasi, kali ini kita akan membahas jenis-jenis investasi.

Jenis-jenis Investasi Selain Saham Yang Bisa Anda Lakukan

Investasi menjadi pilihan masyarakat untuk menjamin di masa tua nya. Perlu Anda ketahui bahwa ada berbagai macam jenis investasi yang ada di Indonesia. Investasi juga dibagi menjadi dua, yaitu investasi jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek berarti waktu yang dibutuhkan tidak lama. Sedangkan, jangka panjang dan waktu yang cukup lama. Berikut merupakan jenis-jenis investasi di Indonesia.

Emas

Jenis investasi fisik ini bisa menjadi pilihan anda. Nilai jual emas yang terus mengalami peningkatan setiap tahun membuat investasi ini menjadi pilihan banyak orang. Investasi emas juga memiliki resiko yang rendah. Ketika anda ingin melakukan investasi emas, alangkah baiknya anda menggunakan emas batangan. Sebelum itu beli tempat untuk menyimpan emas batangan, anda bisa menggunakan box atau menyimpannya di bank. Anda juga bisa berinvestasi menggunakan aplikasi.

Deposito

Selain emas, deposito juga bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin memulai investasi. Sebenarnya, cara kerja deposito hampir sama seperti tabungan. Perbedaan deposito dan tabungan adalah deposito bunga lebih tinggi. Meskipun begitu, anda tidak bisa mengambil uang yang anda investasikan sewaktu-waktu. Anda harus mengambilnya sesuai dengan perjanjian awal melakukan investasi Deposito juga menjadi pilihan karena memiliki resiko yang rendah.

Saham

Saham merupakan jenis investasi yang memiliki potensi tinggi namun juga memiliki resiko yang tinggi pula jika kita gagal dalam melakukan investasi saham ini. Saat anda membeli saham, anda membeli sebagian kepemilikan perusahaan. Semakin besar saham yang anda beli, semakin besar pula persentase kepemilikan perusahaan.

Dividen dan pertumbuhan nilai perusahaan mempengaruhi return investasi saham. Namun ada beberapa perusahaan yang tidak membagikan dividen kepada investor nya. Ada beberapa perusahaan yang lebih memilih untuk mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan return. Sebelum memilih investasi saham, anda harus mempelajari bagaimana cara kerja investasi saham terlebih dahulu yang akan saya bahas pada postingan berikutnya.

Properti

Salah satu jenis investasi berikutnya adalah investasi properti. Ada beberapa model investasi properti yang bisa anda gunakan. Anda bisa memilih tanah, kemudian membangun properti lalu menjualnya. Atau Anda juga bisa menyewakan properti.

Meski memiliki resiko yang rendah, properti merupakan salah satu aset yang bisa rusak karena waktu. Oleh karena itu, perawatan sangatlah penting agar nilainya tetap terjaga. Investasi juga merupakan salah satu investasi jangka panjang.

Reksa Dana

Reksa dana adalah investasi yang mengumpulkan dana dari beberapa investor kemudian diinvestasikan ke instrumen-instrumen yang ada di pasar modal. Reksa dana memiliki 5 jenis, yaitu Reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, saham, campuran dan index.

Potensi dan resiko di setiap jenis reksa dana berbeda. Resiko terendah adalah reksa dana pasar uang, sedangkan resiko tertinggi dan memiliki peran yang besar adalah dana saham. Sebelum anda berinvestasi reksa dana, pastikan anda sudah meninjau dan memilih Reksa dana apa yang akan anda gunakan sesuai dengan kebutuhan, resiko, dan pasar yang anda inginkan.

Peer to Peer Lending

Investasi ini menjadi populer karena memiliki hukum yang jelas dan kemudahan yang ditawarkan. Meskipun jenis investasi peer to peer lending masih cukup baru di Indonesia. Cara kerja investasi ini adalah meminjamkan uang kepada yang membutuhkan dana, bisa individu atau badan usaha. Return investasi peer to peer lending berasal dari bunga yang dipinjamkan. banyak perusahaan yang menawarkan suku bunga pinjaman mencapai 18% pertahun. Bisa dibilang bahwa suku bunga peer to peer sangat menarik.

Itulah beberapa jenis investasi selain saham yang bisa anda pilih. Pastikan dan pelajari terlebih dahulu sebelum anda memilih investasi mana yang cocok untuk anda.