Adakami OJK atau Tidak : Yuk Cek Kebenarannya!

Masih sering bertanya aplikasi pinjol Adakami OJK atau Tidak? Yuk cari tahu. Berikut ini adalah ulasan secara lengkapnya. Selamat membaca

Adakami OJK atau Tidak – Bila mengacu pada halaman pencarian Google, hampir semua calon peminjam khususnya yang ingin meminjam di platform pinjaman online hampir dipastikan yang ingin diketahui terlebih dahulu adalah legalitasnya. Berbicara mengenai legalitas pinjol, mau tidak mau pasti akan bersinggungan dengan yang namanya Otoritas Jasa keuangan atau OJK.

Adakami OJK atau Tidak

Hal yang normal sebenarnya apabila calon peminjam mencari informasi mengenai pinjaman online yang nantinya akan jadi tujuan peminjaman sudah PJK apa belum. Karena hal tersebut berkaitan dengan legalitas serta keamanan data yang akan di sampaikan nantinya pada saat pengambilan pinjaman.  

Apa Itu OJK

Bagi Anda yang belum tahu apa itu OJK, lembaga ini merupakan bentukan pemerintah yang bertanggung jawab serta bertugas untuk mengawasi sektor jasa keuangan yang mencakup pembiayaan bank, pasar modal maupun asuransi. Adanya OJK bertujuan untuk menciptakan keamanan, kesehatan, dan keberlanjutan sektor jasa keuangan, serta melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat secara umum. OJK dibentuk berdasarkan Undang-Undang No. 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan. 

Sebelum membahas lebih jauh mengenai pinjaman online Adakami OJK atau tidak, alangkah baiknya Anda harus mengerti terlebih dahulu apa itu OJK beserta tugas pokok dan fungsinya. Pengertian OJK beserta Fungsinya bisa dibaca pada ulasan berikut ini.

Peran OJK

Seperti yang telah dijelaskan di atas tadi, OJK adalah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia yang memiliki wewenang untuk melakukan pengawasan terkait dengan pembiayaan, asuransi maupun pasar modal. Selin itu, OJK juga memiliki berberapa peran seperti :

  • Mengatur dan mengawasi sektor jasa keuangan, termasuk bank, asuransi, dan pasar modal.
  • Membuat kebijakan dan regulasi yang berkaitan dengan sektor jasa keuangan.
  • Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan dan regulasi yang dibuat.
  • Menjaga stabilitas sistem keuangan nasional dan mendorong pertumbuhan sektor jasa keuangan yang sehat dan berkelanjutan.
  • Melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat, termasuk melindungi hak-hak konsumen dalam transaksi keuangan, dan memastikan bahwa sektor jasa keuangan beroperasi dengan adil dan transparan.
  • Memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya keuangan yang sehat dan bijaksana, serta memberikan informasi mengenai produk dan layanan keuangan yang tersedia.
  • Menjaga hubungan yang baik dengan lembaga pengawas jasa keuangan internasional dan berpartisipasi dalam kerja sama internasional untuk meningkatkan pengawasan sektor jasa keuangan secara global.

Apa Itu Adakami

Mengutip dari adakami.id, AdaKami adalah sebuah platform peer-to-peer lending online lokal yang menyediakan fasilitas pinjaman (kredit) tanpa agunan. Semangat kami adalah untuk membangun akses keuangan yang berkualitas bagi ratusan juta orang Indonesia. Kami berkomitmen untuk membantu orang-orang serta komunitas dalam meraih mimpi mereka dalam setiap tahapan hidup mereka.

Baca Juga : Indodana vs Kredivo : Lebih Untung Ambil Mana Ya? Ini Reviewnya!

AdaKami dioperasikan oleh PT Pembiayaan Digital Indonesia, sebuah perusahaan berbadan hukum Indonesia yang berizin dan tunduk kepada ketentuan yang berlaku di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini sejalan dengan misi kami dalam mewujudkan inklusi keuangan dan memberikan solusi bagi masyarakat Indonesia, melalui inovasi dan edukasi. AdaKami menggunakan teknologi informasi sebagai landasan inovasi demi menciptakan pelayanan yang cepat, tepat dan optimal.

Aplikasi Adakami Apakah Aman?

Apabila parameternya adalah sudah berijin OJK atau belum, tentu saja aplikasi Adakami aman. Karena dengan sudah berijin dan di awasi OJK tentu keamanan data Anda akan terjamin serta sistem pinjam meminjamnya sudah sesuai dengan standar atau regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Demikian ulasan mengenai Adakami OJK atau tidak, semoga pembahasan yang ada di artikel ini bermanfaat untuk para pembaca semuanya.