Cara Memasukkan kartu ATM BRI Agar Tidak Tertelan

Cara memasukkan kartu ATM BRI agar tidak tertelan ini wajib untuk dibaca, terutama bagi Anda para nasabah pemula dari bank BRI yang mendapatkan ATM.

Brodanni - ATM adalah salah satu produk perbankan yang memudahkan anda selaku nasabah sebuah Bank dalam memanfaatkan jasa perbankan seperti memeriksa sisa saldo, menarik uang secara tunai, mentransfer uang dan lain – lain yang tidak perlu dilakukan langsung di kantor Bank karena ATM sendiri sebenarnya sudah terhubung dengan Bank. Sebelum bisa menggunakan ATM terlebih dahulu Anda perlu mengajukan pembuatan kartu ATM ke pihak Bank yang Anda inginkan apabila Anda belum memiliki kartu ATM. Anda bisa melakukannya saat atau setelah pembukaan rekening baru.

Cara Memasukkan kartu ATM BRI
cara memasukan atm bri

ATM dalam bahasa Indonesia Anjungan Tunai Mandiri, dan dalam bahasa Inggris Automatic Teller Machine, merupakan sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank dalam mengambil uang dan mengecek rekening tabungan tanpa harus dilayani oleh seorang "teller". Banyak ATM yang melayani penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan bisa digunakan untuk membeli pulsa telepon.

Baca Juga : Cara Cek No Rekening BRI dengan 5 Langkah Mudah

Meskipun di era sekarang ini jamannya cashless atau pembayaran non tunai, keberadaan ATM di rasa sangat penting. Dengan menggunakan kartu ATM Anda bisa dengan mudah melakukan transaksi apapun, entah itu tarik tunai dan lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda.  

Fungsi ATM BRI 

Sebelum Anda sampai kepada pembahasan mengenai bagaimana cara memasukkan kartu ATM BRI, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa itu fungsi dari ATM Itu sendiri. ATM secara umum berfungsi untuk melakukan penarikan uang tunai, namun selain itu juga masih banyak lagi yang lain. Berikut ini beberapa fungsi ATM yang bisa mempermudah kepentingan kita sebagai nasabah dalam melakukan berbagai macam aktivitas atau kegiatan perbankan, seperti :

  • Informasi saldo
  • Pembayaran umum, berupa :Tagihan telepon, Kartu kredit, Air, Listrik, Biaya kuliah
  • Pembelian, berupa : Tiket penerbangan, Isi ulang pulsa, Pemindah bukuan, Pengubahan PIN

Manfaat ATM BRI

Anda sebagai nasabah BRI dan tentunya pemilik kartu ATM BRI, bisa memperoleh manfaatnya seperti berikut ini :

  1. Mampu melakukan pelayanan sendiri
  2. Bisa melakukan transaksi perbankan tunai ataupun non-tunai tanpa harus mendatangi kantor cabang yang dituju
  3. Bisa melakukan transaksi perbankan, tanpa harus dibatasi oleh waktu dan tempat, karena layanan ATM online selama 24 jam
  4. Tak perlu menyimpan uang kas dengan banyak

Cara Memasukan ATM BRI Bagi Pemula

Setelah memasuki ruang ATM, masukan kartu ATM (lihat posisi kartu, ikuti sesuai keterangan posisi kartu yang tertera di mesin, sisi kiri yang dimasukkan terlebih dahulu). Pada kartu ATM tertentu biasanya terdapat gambar tanda panah. Tanda panah utulah yang menjadi sisi yang dimasukkan terlebih dahulu. Setelah memasukkan kartu ATM, tunggu sampai layar menampilkan tulisan “pilih bahasa”. 

Baca Juga : Cara Menggunakan Mobile Banking BRI dengan Benar

Jika ingin menggunakan bahasa Indonesia, pilihlah bahasa Indonesia. Setelah itu, masukkan nomor PIN (Personal Identification Number). Setelah memasukkan nomor PIN dengan benar, pilihlah transaksi yang diinginkan dengan menekan tombol yang ada di layar sesuai dengan pilihan transaksi yang diinginkan. Ikuti perintah selanjutnya sesuai dengan yang tertera di layar.

Apabila  transaksi sudah selesai, maka mesin akan menanyakan apakah ada transaksi lain atau tidak. Jika masih ingin melakukan transaksi lain maka tekan tombol yang bertuliskan “ya” di layar dan jika tidak ingin melakukan transaksi lain maka tekan tombol yang bertuliskan “tidak” di layar. Tunggu sampai keluar kertas bukti transaksi dan ambil. Pada transaksi penarikan uang tunai terkadang mesin ATM tidak mengeluarkan kertas bukti. Stelah itu, kartu akan keluar dengan sendirinya, ambil kartu dan transaksi selesai.

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara memasukkan kartu ATM BRI untuk pemula agar tidak tertelan. Semoga postingan ini bermanfaat untuk Anda para pembaca semuanya, khususnya para nasabah BRI.