Sinyal iPhone Searching Terus? Ini yang Harus di Lakukan!

iPhone Anda mencari atau searching terus? jangan khawatir ya, inilah tutorial mengenai bagaimana mengatasi sinyal iPhone searching terus. Sukses ya!

Brodanni - Sinyal iPhone searching terus merupakan salah satu permasalahan bagi pengguna karena perangkat tidak terkoneksi dengan internet. Kondisi ini tentu akan menghambat fungsi smartphone, khususnya untuk kebutuhan yang bersifat online.

Sinyal iPhone Searching Terus

Lalu, bagaimana cara mengatasi? Berkaitan dengan itu, ada beberapa opsi yang bisa dilakukan. Berikut penjelasan mengenai solusi yang bisa dicoba. 

Setel Ulang iPhone

Alternatif pertama untuk mengatasi sinyal yang searching terus, yaitu menyetel ulang iPhone. Cara ini digunakan untuk reset semua data dan pengaturan yang ada di iPhone. Hal ini berarti semua data yang ada di perangkat akan dihapus, seperti video, file, dan foto misalnya.

Oleh sebab itu, sebaiknya cadangkan semua data iPhone terlebih dahulu agar data penting tidak hilang. Pencadangan ini bisa Anda lakukan di beberapa opsi aplikasi cloud yang tersedia. 

Anda juga bisa mencadangkan data secara manual seperti menggunakan penyimpanan laptop maupun harddisk. Ini justru akan memudahkan Anda dalam pengembalian data setelahnya nanti, karena tidak perlu melakukan download lagi. 

Baca Juga : Cara Buka iPhone Disable Tanpa iTunes 

Setelah mencadangkan data, buka menu settings bawaan iPhone untuk mulai menyetel ulang perangkat. Berikutnya, masuk menu general dan gulirkan menu hingga menemukan opsi reset. 

Klik reset ulang dan ikuti semua petunjuk yang diberikan agar proses reset berhasil. Hidupkan iPhone kembali dan cek kondisi sinyal apakah sudah membaik.

Restore DFU

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi sinyal iPhone searching terus, yaitu restore DFU. Device Firmware Update atau DFU merupakan fitur yang dapat digunakan ketika proses jailbreak atau restore perangkat.

Restore DFU memiliki proses yang mirip dengan proses factory reset pada perangkat android. Proses ini bertujuan untuk mengembalikan iPhone ke setelan pabrik. 

Cara ini akan menghapus semua data di iPhone, sehingga lakukan back up terlebih dahulu agar tidak kehilangan data. Untuk back up nya, juga bisa dilakukan baik melalui penyimpanan berbasis cloud, maupun secara manual sebagaimana sebelumnya.

Atur Ulang Network Selection Menjadi Auto

Berikutnya, atasi sinyal iPhone yang searching terus-menerus dengan mengatur ulang network selection ke setelan otomatis. Langkah ini bertujuan untuk menghindari pemilihan jaringan secara manual oleh perangkat.

Cara ini juga bisa menghindari kesalahan dalam mengatur jaringan perangkat, sehingga sinyal tidak bisa terhubung. Langkah untuk mengatur ulang network selection menjadi auto cukup mudah karena sudah tersedia fiturnya.

Tahap pertama adalah Anda harus membuka menu setting yang ada di perangkat iPhone terlebih dahulu. Lalu, pilih opsi pengaturan carrier dan ubah mode menjadi automatic. Setelah itu, secara otomatis sinyal iPhone akan berhenti searching terus.

Baca Juga : Aplikasi Menggabungkan Video di Iphone 

Metode yang satu ini tergolong simple, dan tidak akan banyak berpengaruh pada data atau setting perangkat. Karenanya, Anda disarankan untuk mencobanya terlebih dahulu.

Setel Ulang Pengaturan Jaringan

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan agar sinyal kembali normal adalah mengatur ulang setelan jaringan. Buka menu setting dalam iPhone, lalu klik menu general dan gulirkan hingga menemukan opsi reset. Kemudian, pilih network setting.

Matikan HP dan Hidupkan Kembali

Rekomendasi cara terakhir untuk mengatasi sinyal iPhone searching terus ini menjadi alternatif paling mudah, yaitu mematikan perangkat lalu menghidupkannya lagi. Mematikan iPhone selama 20 menit ternyata bisa mengatasi permasalahan sistem pada perangkat, salah satunya problem sinyal.

Hal ini karena ketika perangkat mati, iPhone akan mematikan seluruh sistem sementara dan menutup semua aplikasi. Berikutnya, setelah iPhone sudah dimatikan selama 20 menit, maka Anda bisa mencoba menyalakan perangkat kembali.