Sinyal HP Xiaomi Tidak Stabil? Ini Solusinya

HP Xiaomi kurang stabil sinyalnya? inilah ulasan sekaligus solusi mengenai sinyal HP Xiaomi tidak stabil. Semoga bermamfaat untuk Anda para pembaca.

Brodanni - HP Xiaomi sering dikeluhkan para penggunanya karena sinyal yang berubah-ubah, bahkan tidak ada jaringan sama sekali. Kendala tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara di bawah ini. Coba satu-persatu agar keluhan sinyal HP Xiaomi tidak stabil teratasi.

Cara Memperkuat Sinyal di HP Xiaomi

Apabila HP Xiaomi Anda bermasalah dengan sinyal yang kurang stabil, ada baiknya Anda mencoba cara berikut ini, diantaranya : 

Ganti Jaringan

Cara pertama yang bisa dicoba adalah dengan mengganti jaringan seluler. Hal itu dikarenakan sinyal tidak stabil dapat disebabkan jaringan yang Anda pilih tidak memiliki kecepatan dan jangkauan kuat. Oleh karenanya, memindahkan jaringan bisa menjadi alternatif pertama.

Sinyal HP Xiaomi Tidak Stabil?

Anda bisa mengunci jaringan untuk mendapatkan kecepatan stabil. Caranya adalah dengan menekan *#*#4838#*#*, kemudian pilih pada wifi information. Geser ke bawah, lalu pindahkan jaringan ke LTE Only untuk mengunci pada jenis 4G.

Pindah Lokasi

Setiap lokasi mempunyai daya tangkap sinyal yang berbeda. Tak jarang ketika Anda berada di wilayah pegunungan atau kawasan pedesaan lemah sinyal. Hal ini merupakan salah satu keterbatasan provider SIM dalam menjangkau beberapa area tersebut.

Baca Juga : Cara Menghidupkan HP Xiaomi Tombol Power Rusak

Solusi terbaik untuk mengatas kendala di atas yakni berpindah lokasi. Jauhi pepohonan yang cukup rindang atau tertutup karena jaringan terhalang objek tersebut. Carilah tempat terbuka dan memiliki area cukup luas karena sinyal lebih mudah terjangkau.

Restart Ponsel

Opsi mengatasi sinyal Xiaomi yang tidak stabil nomor 3 yaitu dengan melakukan restart ponsel. Pada dasarnya cara ini juga berfungsi untuk mengistirahtkan smartphone, sehingga dapat mengembalikan performanya secara maksimal.

Penggunaan smartphone yang berlebihan atau dipakai untuk aktivitas berat membuat suhuya naik. Jika hal ini Anda teruskan dalam waktu yang lama, maka performanya akan menurun disertai melemahnya daya tangkap sinyal. Oleh karenanya, pengguna harus melakukan restart smartphone.

Mode Pesawat

Cara mengatasi sinyal HP Xiaomi tidak stabil keempat adalah dengan menyalakan mode pesawat. Apabila Anda melakukan restart smartphone untuk mengistirahatkan dan menyegarkan ponsel, cara ini bertujuan menyegarkan jaringan.

Rata-rata smartphone produksi terbaru sudah menyematkan fitur mode pesawat pada bilah notifikasinya. Jika ponsel yang Anda belum memiliki fitur tersebut di bilah status, buka menu pengaturan. Hidupkan mode pesawat di bagian jaringan dan koneksi, lalu nonaktifkan kembali.

Ganti Operator Seluler

Setiap operator seluler mempunyai kapasitas dan cakupan sinyal yang terbatas pada area-area tertentu. Saat jaringan pada smartphone yang Anda gunakan terasa tersendat-sendat, maka kemungkinan wilayah sekitar tidak terjangkau operator.

Anda harus mengganti kartu seluler yang sekiranya mempunyai jaringan luas dan anti lelet. Tanyakan pada tetangga atau teman di sekitar rumah terkait provider dengan jangkauan sinyal kuat dan stabil. Hal ini akan mengatasi permasalahan yang dihadapi.

Periksa Pembaharuan

Software yang sudah terlalu lama juga dapat menyebabkan jaringan lebih lambat dan tidak stabil. Beberapa smartphone sudah dibekali dengan fitur pembaruan otomatis, namun tidak sedikit yang belum mempunyai fasilitas tersebut. 

Baca Juga : Cara Menyembunyikan Isi Pesan WA di Notifikasi Xiaomi

Coba masuk ke pengaturan, lalu geser ke bagian paling bawah. Cari dan tekan pada bagian tentang ponsel, kemudian pilih pada sistem. Periksa apakah software smartphone Anda sudah terbaru, atau justru sudah terlalu usang. Lakukan pengunduhan dengan segera jika terdapat pembaharuan sistem.

Aplikasi Penguat Sinyal

Cara mengatasi sinyal HP Xiaomi tidak stabil nomor 7 adalah menggunakan aplikasi penguat sinyal. Pada dasarnya, cara kerja dari aplikasi tersebut adalah mengunci jaringan dengan algoritma tertentu. Anda bisa memilih aplikasi penguat sinyal yang memilki rating dan ulasan bagus.

Periksakan ke Konter/Mi Center Terdekat

Apabila semua opsi di atas sudah Anda lakukan namun tidak ada perubahan, maka segera periksakan ke konter atau Mi Center terdekat. Hal ini dikarenakan terdapat potensi kerusakan komponen penangkap sinyal.