Cara Menghidupkan HP Xiaomi Tombol Power Rusak untuk Semua Tipe

Tombol power di HP Xiaomi Anda rusak? Inilah tutorial lengkap mengenai cara menghidupkan HP Xiaomi tombol power rusak. Semoga bermanfaat untuk Anda!

Brodanni - Kerusakan pada tombol power HP Xiaomi akan mengakibatkan kesulitan ketika menghidupkan ponsel. Akan tetap Anda tidak perlu khawatir, sebab terdapat beberapa cara menghidupkan hp Xiaomi tombol power rusak yang akan diulas secara lengkap sebagai berikut.

Menghidupkan HP android Xiaomi jika Tombol Power Rusak

Apabila smartphone Android rusak tombol powernya dan tidak bisa hidup ada beberapa cara yang bisa Anda coba.Silahkan simak ulasan berikut ini : 

Menggunakan Sensor Biometrik

Rekomendasi pertama untuk menghidupkan HP Xiaomi apabila tombol powernya rusak, yaitu dengan memanfaatkan sensor biometrik. HP Xiaomi keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan sensor biometrik guna memudahkan pengguna ketika ingin menghidupkan ponsel sekaligus menjaga keamanannya.

Baca Juga : Cara Menyembunyikan Isi Pesan WA di Notifikasi Xiaomi

Sensor biometrik pada HP Xiaomi terdiri dari beberapa pilihan, antara lain sidik jari, iris scanner, dan face unlock. Anda bisa mengaktifkannya dengan membuka menu setting, lalu klik pada pilihan fitur lock screen and password. Berikutnya, ketuk opsi add fingerprint untuk menambahkan sensor HP Xiaomi.

Cara Menghidupkan HP Xiaomi Tombol Power Rusak

Pengguna bisa mengatur pola atau PIN HP sesuai dengan keinginan, lalu ketuk opsi Got it. Lanjutkan dengan menempelkan salah satu jari pada alat sensor di hp Xiaomi dan klik done. 

Menggunakan Fitur Double Tap to Wake

Berikutnya, Anda bisa menghidupkan HP Xiaomi tanpa tombol power dengan menggunakan fitur double tap to wake atau ketukan jari. Caranya adalah Anda harus menginstal aplikasi double tap screen on and off yang bisa didapatkan melalui Google Play Store secara gratis.

Setelah proses instalasi selesai, Anda bisa membuka aplikasi dan menyalakan fitur double tap to screen on. Berikutnya, akan muncul kotak peringatan aplikasi yang harus di klik OK untuk melanjutkan proses. Fitur pada aplikasi ini akan secara otomatis menyala untuk menghidupkan ponsel.

Pengguna ponsel Xiaomi bisa menghidupkan hp dengan cara double tap layar tanpa harus memikirkan tombol power yang tidak dapat digunakan. Akan tetapi, hal ini berarti Anda juga harus menjaga kondisi layar ponsel agar tidak rusak atau mengalami gangguan.

Menggunakan Tombol Lain

Cara menghidupkan hp Xiaomi tombol power rusak selanjutnya, yaitu menggunakan bantuan alat lain. Anda bisa memanfaatkan tombol lain di hp Xiaomi agar bisa hidup tanpa harus mengandalkan bagian power. Pengguna ponsel Xiaomi bisa menginstal aplikasi power button to volume terlebih dahulu.

Aplikasi tersebut bisa membantu memindahkan fungsi tombol power ke volume sebagai alternatif jika terdapat kerusakan. Buka aplikasi yang telah diinstal, lalu pilih aktifkan opsi enable or disable volume power. Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan fitur screen off dan boot yang tersedia.

Fungsi kedua fitur tersebut adalah untuk memindahkan tombol power ke volume supaya HP Xiaomi tetap bisa dinyalakan. Apabila pengaturan sudah selesai dilakukan, maka restart ponsel terlebih dahulu agar fitur untuk menghidupkan HP Xiaomi menggunakan tombol lain sudah bisa digunakan.

Menyambungkan dengan Powerbank atau Charger

Alternatif berikutnya yang bisa dilakukan untuk menghidupkan HP Xiaomi tanpa tombol power, yaitu menyambungkannya dengan powerbank atau charger. Cara ini bisa dijadikan solusi apabila tipe ponsel Anda tidak memungkinkan untuk diinstall aplikasi tambahan atau double tap layar.

Baca Juga : 10 Cara Cek IMEI Samsung, iPhone, Xiaomi dan Smartphone Android Lainnya

Bawalah powerbank atau charger kemanapun pergi, lalu sambungkan dengan ponsel apabila ingin menyalakannya. Akan tetapi cara ini memiliki kelemahan terutama jika menggunakan charger karena harus mencari stop kontak agar tersambung listrik terlebih dahulu.

Menggunakan Benda Lain

Satu lagi cara menghidupkan hp Xiaomi tombol power rusak adalah menggunakan benda lain. Anda bisa memanfaatkan tusuk gigi, jarum pentul, atau untuk dimasukkan ke lubang tombol power. Cara ini bisa dipilih apabila bagian dalam tombol power masih bisa berfungsi dengan baik.