Cara Reset Mesin Cuci Samsung : Gak Perlu Tukang Servis Lagi!

Punya mesin cuci merek Samsung di rumah? Inilah cara reset mesin cuci Samsung yang benar dan anti ribet. Gak perlu ke tukang servis lagi. Sukses ya!

Cara Reset Mesin Cuci Samsung - Samsung merupakan salah satu perusahaan teknologi yang selalu terdepan dalam mengeluarkan produk. Selain produk teknologi komunikasi, Samsung juga membuat produk teknologi untuk kebutuhan sehari-hari seperti mesin cuci yang bisa meringankan pekerjaan rumah tangga Anda. 

Baca Juga : Rekomendasi Mesin Cuci Untuk Usaha Laundry

Samsung sudah menggunakan teknologi digital pada setiap produk teknologi buatannya. Termasuk salah satunya pada mesin cuci. Beberapa mesin cuci Samsung sudah menggunakan teknologi digital. Karena itu, ketika terjadi error atau masalah pasti membutuhkan waktu dan biaya lebih untuk memperbaikinya.

Bagaimana Cara Reset Mesin Cuci Samsung yang Cepat?

Samsung memiliki berbagai tipe mesin cuci dengan kemampuan dan keunggulan yang berbeda-beda pula. Meski demikian, pasti akan ada waktunya mesin cuci tersebut mengalami masalah dan tidak bisa bekerja dengan normal. 

Baca Juga : Arti Soak pada Mesin Cuci, Begini Penjelasannya!

Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa jadi karena penggunaan yang tidak sesuai dengan prosedur standar penggunaan hingga masalah usia. Tak jarang, karena tidak mengerti penggunaan dan penanganan, banyak pengguna yang akhirnya asal pencet pada tombol pada mesin cuci. 

Cara Reset Mesin Cuci Samsung

Tindakan ini tentu sangat berisiko karena justru membuat mesin macet dan tidak mau bekerja hingga harus dibawa ke servis. 

Beberapa Kode Error Mesin Cuci Samsung dan Pengertiannya

Sebagai penanganan awal, Anda bisa menerapkan beberapa cara di bawah ini, sebelum membawanya ke servis. Berikut adalah caranya.

Kode Error 5E

Ada berbagai kode yang menjadi penanda error pada mesin cuci. Misalnya kode error E5 yang terjadi karena drain error. Untuk mengatasinya adalah pastikan selang pembuangan terpasang dengan benar. Selain itu bersihkan saluran pembuangan dan pastikan tidak ada yang menyumbat.

Kode Error UC

Kode error UC adalah tanda power error yang disebabkan karena tegangan listrik yang tidak stabil. Cara reset mesin cuci Samsung dengan kode error ini adalah periksa dan perbaiki tegangan listrik di rumah Anda. Setelah itu, mesin akan otomatis bekerja sendiri.

Kode Error DE

Selanjutnya adalah kode error DE yang merupakan tanda untuk Door Error. Kode ini muncul karena saat mencuci Anda tidak menutup pintu mesin cuci dengan rapat dan benar. Untuk mengatasinya, pastikan pintu mesin cuci tertutup dengan rapat.

Kode Error 1E

Error selanjutnya yang sering terjadi pada mesin cuci Samsung ditandai dengan kode error 1E. Kode ini menandakan error pada sensor water level. Jika terjadi error yang ditandai kode ini, maka hal yang harus dilakukan adalah periksa selang penyuplai bersih dan tidak tersumbat. 

Baca Juga : Cara Reset Modul Mesin Cuci LG dengan Mudah dan Aman

Tak hanya itu, untuk bisa mengatasinya, perhatikan pula penyuplai air apakah ada bagian yang menghambat suplai air. Biasanya karena kabel menekuk atau tidak sengaja terjepit. Pastikan selang penyuplai air tidak ada yang terlipat dan tidak terlepas dari keran air atau sumber air.

Kode Error UB

Error selanjutnya terjadi ditandai dengan kode UB. Kode ini menunjukkan spinning tidak bekerja. Untuk mengatasinya, pastikan dulu cucian tersebar merata di dalam mesin cuci. Pastikan juga mesin cuci berada pada permukaan yang datar. 

Sementara itu, jika setelah menerapkan cara di atas masih belum berfungsi, Anda bisa menggunakan hard reset. Cara ini dilakukan dengan menekan tombol 'Power + Rise + Spin' secara bersamaan. 

Setelah menekan tombol tersebut secara bersamaan, maka kemudian tombol indikator akan menyala. Matikan dulu baru kemudian nyalakan lagi. Apabila berhasil, maka seharusnya kendala sudah teratasi dan mesin cuci bisa digunakan kembali. 

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara reset mesin cuci samsung dan juga beberapa kode errornya beserta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat buat para pembaca semuanya.