Arti Soak pada Mesin Cuci, Begini Penjelasannya!

Bagi Anda yang belum tahu mengenai arti soak pada mesin cuci di rumah Anda. berikut ini penjelasannya. Semoga bermanfaat untuk para pembaca semuanya.

Brodanni - Berbicara mengenai permesin cucian, tentunya kita akan menemui beragam maupun bermacam istilah. Salah satu istilah yang sering di cari dan juga ditanyakan adalah arti soak pada mesin cuci. 

Arti Soak pada Mesin Cuci

Apabila kita mengetikkan kata "soak" di Google Translate, soak memiliki arti basah. Istilah soak pada mesin cuci memiliki pengertian merendam cucian yang bisa dipilih sebagai proses tambahan untuk cucian kotor atau bernoda. 

Proses pencelupan akan dilakukan pada awal siklus pencucian. Tabung mesin cuci biasanya akan diisi dengan air dan deterjen, kemudian berputar sebentar untuk melarutkan deterjen. Setelah itu tabung mesin berhenti berputar dan berhenti sejenak untuk perendaman. Setelah itu, proses pencucian berlanjut seperti biasa.

Beberapa Istilah pada Mesin Cuci

Ada beberapa istilah-istilah pada beberapa mesin yang selalu kita pakai di rumah. Bagi Anda yang belum tahu, inilah beberapa penjelasan mengenai istilah-istilah yang terdapat pada mesin cuci. 

Arti Rinse pada Mesin Cuci

Rinse. Tombol dengan teks ini dapat dipilih sebagai proses tambahan jika Anda merasa cucian perlu dibilas setelah siklus pencucian selesai. Cucian berbulu seperti handuk atau boneka yang menyerap banyak deterjen terkadang perlu dibilas lagi.

Arti Spin pada Mesin Cuci

Spin. Dalam konteks mesin cuci, spin berarti memutar tabung mesin cuci untuk membantu memeras air di binatu tetapi tidak mengeringkannya. Fitur ini biasanya termasuk dalam siklus pencucian, tetapi juga dapat dipilih sebagai proses tambahan.

Pada mesin cuci tertentu Anda dapat memilih kecepatan rotasi tabung, semakin tinggi kecepatan semakin banyak air diperas sehingga cucian mengering lebih cepat ketika dikeringkan. Ingatlah bahwa fitur ini tidak berfungsi untuk mengeringkan cucian.

Baca Juga : Cara Reset Modul Mesin Cuci LG dengan Mudah dan Aman

Cotton, wool, synthetic, dan delicates (katun, wol, bahan sintetis dan lembut). Semua pilihan ini adalah pilihan untuk mencocokkan bahan pakaian yang akan dicuci. Kain lembut termasuk kain berpayet, bordir, renda, atau kain katun tipis. Karena itu, Anda harus memilah cucian sesuai bahannya. Mesin cuci yang memiliki pilihan tombol berdasarkan pakaian yang akan dicuci secara otomatis akan memilih suhu air yang sesuai.

Arti Handwash pada Mesin Cuci

Handwash. Pilihan ini cocok untuk pakaian berbahan lembut. Biasanya mesin cuci akan memilih suhu air secara otomatis.

Arti Economy pada Mesin Cuci

Economy. Opsi ini adalah siklus pencucian yang menggunakan suhu air rendah atau siklus pencucian pendek atau kombinasi keduanya untuk menghemat listrik. Siklus ini cocok untuk cucian yang tidak terlalu kotor.

Arti Prewash pada Mesin Cuci

Prewash. Pilihan ini cocok untuk cucian yang sangat kotor dan membutuhkan perendaman dan pencucian dua kali. Biasanya Anda perlu meletakkan deterjen di dua kotak laci deterjen yang berbeda, satu untuk prewash dan satu lagi untuk siklus pencucian utama.

Arti Ikon atau Simbol pada Mesin Cuci

Tentunya tiap merek mesin cuci satu dengan yang lainnya, akan berbeda simbolnya. Tetapi yang kami ulas di sini adalah secara garis besarnya saja. Artinya simbol-simbol tersebut jamak di temukan pada mesin cuci berbagai merek. Begini penjelasan mengenai arti ikon pada mesin cuci atau simbol pada mesin cuci :

  • Bunga atau bulu: untuk pakaian lembut.
  • Kupu-kupu: untuk pakaian yang terbuat dari sutra.
  • Lingkaran spiral menyerupai gulungan nyamuk: untuk memeras air dari pakaian.
  • Air celup tangan: untuk siklus cuci yang menyerupai mencuci tangan.
  • Bola benang: untuk cucian yang terbuat dari wol.
  • Bunga atau kaos kapuk: untuk cucian kapas.
  • Pakaian bayi: untuk pakaian sensitif.

Demikian ulasan dari kami mengenai arti soak pada mesin cuci, arti simbol maupun ikon pada mesin cuci  beserta penjelasan istilah-istilah lainnya. Semoga bermanfaat untuk Anda selaku pengguna mesin cuci.