Cara Menyambungkan Headset Bluetooth ke Laptop dan PC

Anda sedang mencari mengenai cara menyambungkan headset bluetooth ke laptop dan PC? inilah ulasannya. Semoga bermanfaat untuk para pembaca semuanya.

Brodanni - Mendengarkan musik sambil mengerjakan tugas atau pekerjaan lain di laptop memang perpaduan yang sangat serasi. Di samping untuk menambah semangat, cara ini juga dapat mengusir kebosanan. Berikut ini cara menyambungkan headset bluetooth ke laptop yang benar. 

Tahapan Menghubungkan headset Bluetooth ke Laptop dan PC

Bagi Anda yang penasaran dan sedang mencari cara, berikut ini ulasannya. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian. 

Menyambungkan Bluetooth ke Windows 7

Langkah-langkah untuk menyambungkan bluetooth ke laptop dengan sistem operasi Windows 7 cukup mudah. Sebelum melakukan pairing atau penyambungan, Anda harus memastikan laptop yang digunakan sudah dibekali dengan fitur bluetooth.

Cara Menyambungkan Headset Bluetooth ke Laptop

Nyalakan headset bluetooth Anda terlebih dahulu sebelum melakukan scanning dan pairing. Setelah itu, lanjutkan dengan menekan ikon bluetooth yang biasanya terletak di taskbar. Klik kanan pada ikon tersebut, lalu pilih pada menu ‘Add a Bluetooth Device’.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Bluetooth di TV Samsung

Tunggu beberapa saat karena komputer sedang melakukan scanning perangkat bluetooth yang berada di sekitarnya. Setelah proses scanning selesai, pilih pada headset bluetooth milik Anda. Sambungkan hingga mendapat notifikasi kedua perangkat sudah terhubung.

Menyambungkan Bluetooth ke Windows 8

Cara menyambungkan headset bluetooth ke laptop yang menggunakan sistem operasi windows 8 juga tidak berbeda jauh dengan panduan sebelumnya. Perbedaan paling mencolok adalah pada letak settingan dan menu yang harus dipilih, selebihnya sama saja.

Anda bisa membuka Charm Bar atau mengarahkan pointer mouse ke bagian pojok sebagai langkah pertama. Pilih menu ‘Settings’, lalu tekan pada menu ‘Change PC Settings’. Jangan lupa menyalakan headset bluetooth Anda agar dapat terdeteksi nantinya.

Baca Juga : Cara Memaksimalkan RAM Laptop dengan Cepat dan Stabil

Cari menu ‘Wireless’ dan ‘aktifkan bluetooth’ untuk bisa digunakan dalam proses scanning headset bluetooth yang akan disambungkan. Tunggu sampai proses scanning selesai. Lalu sambungkan dengan nama perangkat headset bluetooth Anda. 

Menyambungkan Bluetooth ke Windows 10

Proses sinkronisasi atau penyambungan headset bluetooth ke laptop dengan sistem operasi Windows 10 juga tidak jauh berbeda. Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu menyalakan headset bluetooth yang akan disambungkan ke laptop.

Tuliskan bluetooth pada kolom Windows search bar, kemudian pilih pada bagian ‘Bluetooth and other device settings’. Hidupkan perangkat bluetooth laptop yang digunakan dengan menggeser posisi switcher di layar monitor.

Pilih menu ‘add a device’ untuk menambahkan perangkat dari headset bluetooth. Tunggu beberapa saat sampai sistem selesai melakukan scanning perangkat. Sambungkan dengan headset bluetooth milik Anda, sehingga kedua device menjadi  terhubung dan bisa digunakan.

Kelebihan Headset Bluetooth ketika Disambungkan ke Laptop

Setelah Anda mengetahui cara menyambungkan headset bluetooth ke laptop, simak beberapa poin kelebihan dari headset bluetooth berikut ini. Hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih produk tersebut untuk menemani pekerjaan setiap hari.

Fleksibel 

Kelebihan yang pertama adalah fleksibel. Apabila Anda menggunakan headset kabel, maka akan bergelut dengan kabel itu sendiri. Hal ini tentu dapat mengurangi rasa kenyamanan saat dipakai untuk waktu yang lama.

Mudah Digunakan

Headset bluetooth juga mudah digunakan. Anda hanya perlu menekan tombol untuk menyalakannya dan menyambungkan dari laptop. Cara ini bisa dilakukan dengan waktu kurang dari 5 menit, jadi akan sangat memudahkan dalam penggunaan.

Baca Juga : Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup

Para pengguna headset bluetooth juga tidak perlu repot-repot menancapkan dan mencabut jack karena semua terhubung secara nirkabel. Hal ini tentunya akan membuat pekerjaan Anda berjalan dengan lancar.

Dapat Dipakai di Berbagai posisi

Karena tidak menggunakan kabel, maka headset bluetooth bisa Anda gunakan di berbagai posisi. Tidak hanya itu, para pengguna dapat menyelesaikan kegiatan lain tanpa harus repot memikirkan kabel yang menjuntai maupun tertekuk.