Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Food : Gini Tahapnya!

Anda berniat cancel pesanan Shopee Food? inilah ulasan mengenai cara membatalkan pesanan di Shopee Food dari pihak konsumen maupun dari pihak driver!

Brodanni - Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah ada cara membatalkan pesanan di Shopee Food? Ternyata pembatalan bisa dilakukan pihak pembeli maupun driver. Terdapat ketentuan dan langkah-langkah yang perlu diketahui untuk melakukan pembatalan pesanan di Shopee Food. Simak ulasan selengkapnya berikut. 

Cara Cancel Shopee Food dengan Mudah dan Aman

Kami akan mengulas mengnai bagaimana cara cancel shopee food baik itu dari sudut pandang sebagai konsumen maupun dari pihak driver. Ikuti dan simak ulasan berikut ini :

Cara Batalkan Pesanan di Shopee Food oleh Pihak Konsumen 

Jika ingin melakukan pembatalan pesanan menu yang dipesan dari restoran / toko / merchant Shopee Food, pengguna bisa melakukan pembatalan pesanan hanya sepuluh detik, sejak produk bersangkutan Anda pesan. 

Baca Juga : Keranjang Shopee Tidak Bisa di Hapus : Begini Solusinya!

Jadi, menu yang dipesan lewat merchant dengan fitur pesan langsung, pembatalan pesanan hanya bisa dilakukan sepuluh detik sejak pemesanan. Untuk melakukan pembatalan pesanan, tentunya Anda harus membuka aplikasi Shopee terlebih dahulu. 

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Food

Ketika sudah sampai di halaman Pesanan, Anda bisa memilih “Batalkan Pesanan”, lalu, pilihlah alasan pembatalan pesanan tersebut. Pengguna juga dapat melampirkan foto, jika memang ada, selanjutnya, tekan tombol “Batalkan Pesanan”. 

Pembatalan pesanan tidak bisa dilakukan lewat aplikasi, saat restoran akan mempersiapkan pesanan Anda. Hal tersebut terjadi ketika sudah lebih dari batas waktu yang disediakan. Jika hal itu terjadi, maka pengguna bisa memilih “Dapatkan Bantuan”, agar dapat terhubung dengan Customer Service Shopee. 

Cara Batalkan Pesanan di Shopee Food oleh Pihak Driver 

Perlu diketahui, pembatalan pesanan ini hanya bisa dilaksanakan, ketika masih terselenggaranya proses menjalankan pesanan. Selain itu, perlu digaris bawahi, pembatalan pesanan bisa dilakukan, jika tombol “Beli Pesanan” belum dipilih oleh Anda. 

Baca Juga : Tips Sukses Jualan dengan Sistem Dropship di Shopee

Jadi, pastikan pelanggan serta pihak restoran yakin dalam membatalkan pesanan. Adapun, cara membatalkan pesanan di Shopee Food bagi mitra pengemudi Shopee, bisa dengan memilih “Batalkan Pesanan”, lalu, tekan “Konfirmasi”. 

Sebagai mitra pengemudi Shopee, Anda bisa memilih alasan pembatalan. Selain itu, Anda bisa memilih ikon Kamera untuk meng upload gambar, sebagai lampiran bukti alasan pembatalan. Selanjutnya, tekan tombol “Ajukan” dan lanjutkan dengan menekan “Batalkan Pesanan”, jika sudah yakin membatalkan. 

Jika berbicara mengenai kenyamanan pelanggan serta mitra pengemudi Shopee, driver dapat menerima serta selesaikan seluruh pesanan masuk pada aplikasi Shopee Food Driver, tanpa adanya pembatalan. Apabila saat itu driver tidak bisa maupun tidak ingin terima pesanan, pastikan statusnya telah offline

Apa Konsekuensi dari Pembatalan Pesanan di Shopee Food? 

Dari ulasan sebelumnya, bisa dikatakan, jika pembatalan pesanan pada Shopee Food bisa dilaksanakan dengan mudah. Dalam sisi teknis, proses pembatalan pesanan tidak sesuai aturan, bisa berdampak kerugian di akun konsumen maupun akun driver

Ada beberapa dampak yang dapat dirasakan, jika Anda terlalu sering membatalkan pesanan pada Shopee Food. Bagi driver yang terlalu sering melakukan pembatalan, maka kerugian paling buruk yang bisa dialami yaitu putus mitra. 

Dampak lainnya, pembatalan pesanan masuk oleh mitra pengemudi Shopee, dapat menurunkan performa dan rating. Bahkan, akun driver bisa sulit memperoleh pesanan masuk. 

Baca Juga : Cara Jual Pulsa Online di Shopee 

Sementara, pihak konsumen yang terlalu sering melakukan pembatalan pesanan juga bisa merasakan efek negatif. Jadi, pelanggan yang terlalu sering membatalkan pesanan, bisa mengakibatkan akunnya terblokir. 

Sebaiknya, ketika melaksanakan pembatalan pesanan, baik pihak driver atau konsumen perlu melakukan konfirmasi disertakan penjelasan, untuk menghindari kesalahpahaman. Jika memang terpaksa harus membatalkan, maka lakukanlah dengan tata cara yang benar dan perhatikan ketentuannya. 

Berdasarkan pembahasan tersebut, cara membatalkan pesanan di Shopee Food bisa dilakukan oleh pihak konsumen dan mitra pengemudi Shopee. Tetapi, terdapat sedikit perbedaan langkah-langkah terkait pembatalan pesanan di Shopee Food yang dilakukan oleh mitra pengemudi Shopee atau Konsumen.