Cara Menggunakan Aplikasi Bitly di Smartphone Android

Untuk Anda yang berniat memperpendek link media sosial ataupun link yang lainnya, berikut adalah cara menggunakan aplikasi bitly di smartphone android

Cara menggunakan Aplikasi Bitly - Mengubah nama link google form salah satunya dapat dilakukan menggunakan aplikasi Bitly. Berikut beberapa cara menggunakan aplikasi Bitly yang dapat mengganti nama link google form Anda menjadi lebih estetik dan mudah untuk diingat.

Cara Menggunakan Aplikasi Bitly

Cara Menggunakan Aplikasi Bitly dengan Cepat dan Mudah

Agar bisa mendapatkan segala kemudahan yang di tawarkan oleh aplikasi bitly, simak Langkah-langkahnya sebagai berikut : 

Cara Membuat Akun di Bitly

Sebelum melangkah ke cara menggunakan aplikasi ini, buatlah akun Bitly terlebih dahulu. Caranya cukup masuk ke situs Bitly kemudian klik daftar. Anda bisa menggunakan nama yang diinginkan. Di dalam beranda tersebut terdapat beberapa pilihan opsi yang dapat Anda pilih.

Baca Juga : Cara Mengganti Nama Link Google Form dengan Cepat dan Mudah

Beberapa pilihan yang disediakan yaitu versi gratis, paket berbayar, dan paket yang bisa menyesuaikan harganya. Setiap pilihan tersebut memiliki kekurangan serta keunggulan masing-masing. Ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Jika untuk layanan standar, Anda dapat mendaftar menggunakan opsi gratis. Caranya dengan klik tombol sign up, dan daftar dengan email atau langsung dengan akun google. 

Kemudian, klik menu create new Bot.ly account. Selanjutnya, akan terdapat verifikasi bahwa Anda bukan robot dengan memilih beberapa gambar.

Cara Mengganti Link di Bitly Secara Umum

Terdapat beberapa tahapan dalam proses mengganti nama link menggunakan Bitly. Berikut penjelasan selengkapnya.

Menggunakan Aplikasi Bitly

Cara menggunakan aplikasi Bitly yang pertama tentu install  aplikasi melalui Play Store di ponsel kesayangan. Setelah itu, buka aplikasi tersebut, kemudian daftar. Jika sudah mendaftarkan akun seperti di atas, Anda langsung bisa masuk ke dalam aplikasi.

Kemudian, klik tombol plus (+) pada bagian pojok kanan bawah di beranda tersebut. Lalu, tempelkan nama link google form yang hendak Anda ganti lalu klik create. 

Baca Juga : Google Sites yang Paling Efektif Dalam Dunia Pendidikan

Secara otomatis aplikasi tersebut akan memperpendek nama link. Selanjutnya, Anda dapat mengubah link pendek tersebut menjadi nama yang sesuai keinginan.

Menggunakan Browser

Mengganti link pada Bitly juga dapat dilakukan dengan menggunakan browser. Adapun langkah yang harus dilakukan yaitu masuk pada laman Bitly.com terlebih dahulu. Kemudian, buatlah akun. Jika sudah, langsung sign in saja. 

Pada beranda, terdapat kolom yang disediakan untuk menaruh link yang hendak Anda ganti. Masukkan link tersebut yang kemudian secara otomatis Bitly akan memperpendek link yang mulanya panjang dan tidak beraturan. Lalu, Anda dapat menggantinya sesuai nama link yang diinginkan. 

Cara Mengganti Link WA dan IG di Bitly

Tentu saja, Bitly dapat mengganti nama link untuk kontak WhatsApp maupun link profil Instagram. Caranya yaitu sebagai berikut.

Bitly Untuk WhatsApp

Langkah pertama dimulai dengan mengisi nomor yang akan digunakan pada tulisan ini setelah tanda sama dengan https://api.whatsapp.com/send?phone=. Jika Anda ingin menambahkan pesan pembuka, bisa dengan cara menambahkan kata kode&text= di belakang nomor, kemudian kata-kata pembuka.

Untuk spasi bisa Anda ganti dengan %20 . kemudian klik tombol create. Temple link WhatsApp yang telah Anda buat tadi ke dalam kolom Bit/ly, lalu secara otomatis akan mengedit link tersebut menjadi lebih pendek.

Bitly Untuk Instagram

Cara menggunakan aplikasi Bitly untuk custom link Instagram yang pertama yaitu dengan melengkapi kode dengan nomor yang Anda gunakan setelah tanda sama dengan di link https://api.whatsapp.com/send?phone=. 

Baca Juga : Tips dan Trik Google Docs yang Harus Kamu Ketahui

Anda bisa menambahkan pesan pembuka yang caranya sama seperti di atas. Spasinya silahkan diganti menjadi %20. Kemudian, masuk ke halaman utama pada Biy.ly, masukkan link tersebut ke dalam kolom yang disediakan disana, lalu klik tombol create.

Secara otomatis aplikasi Bitly akan memproses link panjang tersebut menjadi lebih pendek. Selanjutnya, masuk ke aplikasi Instagram Anda, kemudian klik tombol edit profile. Lalu, masukkan link yang telah diperpendek menggunakan Bitly tadi di Bio, dan save.

Demikian ulasan mengenai cara menggunakan aplikasi bitly, semoga bermanfaat untuk para pembaca semuanya khususnya yang sedang mencari cara memperpendek link.