Tips dan Trik Google Docs yang Harus Kamu Ketahui !

Inilah Tips dan Trik Google Docs yang Harus Kamu Ketahui. Untuk anda para penulis atau yang sering memakai google docs senoga bermanfaat ya!

Brodanni.com - Menulis, merupakan hal yang paling sering kita gunakan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bagaimana tidak menulis pasti ada disetiap tugas sekolah ataupun pekerjaan yang kita jalani. Namun seiring berkembangnya zaman, menulis sekarang tidak terlalu akrab lagi menggunakan buku dan pena.

Tips dan Trik Google Docs

Berkembangnya teknologi membuat kegiatan menulis bisa dilakukan dimana saja meskipun tanpa pulpen dan kertas, seperti salah satunya layanan Microsoft word yang menyediakan layanan pengolah kata yang bisa digunakan kapanpun.

Baca Juga : Google Sites yang Paling Efektif Dalam Dunia Pendidikan

Akan tetapi semakin majunya zaman juga membuat inovasi terus berlanjut, Microsoft word yang pada awalnya bisa diakses melalui komputer atau laptop saja sekarang sudah bisa diakses dengan smartphone dengan layanan google docs.

Ya, google docs merupakan salah satu layanan pengolah kata yang akrab digunakan oleh kita semua. Hampir serupa dengan word, google docs kelebihannya bisa diakses melalui HP dan tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup banyak. 

Meskipun begitu fitur yang terdapat pada Google docs hampir sama dengan di Word, mulai dari membuat halaman, membuat daftar isi, membuat page break hingga menambahkan kertas baru.

Akan tetapi karena layanan google docs masih dalam kategori baru muncul didunia aplikasi pengolah kata atau belum setenar Word. Masih banyak diantara kita yang bingung bagaimana cara menggunakan google docs ini dengan benar, apalagi jika digunakan di Hp yang dimana user interfacenya berbeda dengan word ketika dilaptop ataupun komputer membuat sebagian orang rumit untuk mengetahui fitur-fitur dari google docs seperti membuat halaman, membuat page break ataupun semacamnya.

Nah disinilah kami coba membagikan 5 tips dan trik mejalankan dan memakai google docs, tentunya mulai dari menambahkan halaman baik melalui Komputer ataupun Hp hingga membuat daftar isi. Mari simak informasi dari kami yuk ! :

Cara Gampang Membuat Halaman Di Google Docsmu

Fitur yang sering kali kita gunakan dalam aplikasi pengolah kata ialah menambahkan atau membuat halaman melalui aplikasi Google docs, akan tetapi dikarenakan aplikasi ini tergolong masih baru dibanding Microsoft word. Masih cukup banyak sebagian orang yang tidak begitu cukup memahami fitur-fitur serta cara menggunakannya. Nah oleh sebab itulah kami akan membagikan tutorial cara gampang membuat halaman di google docs di komputer:

Bukalah Terlebih Dahulu Aplikasi Layanan Google Docs Kamu

Hal pertama yang harus dilakukan ialah membuka aplikasi layanan google docsmu dikomputer, kamu dapat mengakses google docsmu kemudian memulai membuat lembar halaman yang baru sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan kerjakan tadi.

Sesudah Membuat Lembar Baru Digoogle Docsmu, Kliklah Menu Insert Pada Google Docsmu

Jika sudah memulai lembar baru pada layanan google docsmu, sekarang kliklah menu insert yang terdapat pada menu diatasmu. Nantinya setelah mengklik tombol insert aka nada beberapa muncul bagian submenu.

Klik Submenu “Page Number” , Setelah Kamu Mengklik Menu Insert Tadi

Jika sudah kamu mengklik bagian insert tadi, maka akan muncul beberapa submenu baru. Untuk menambahkan halaman yang kamu pilih tadi dapat memilih submenu Page Number, lalu sesudah itu kamu dapat memilih jenis penempatan halaman. Sesuai dengan apa yang kamu inginkan mulai dari dibagian tengah, kanan atas ataupun bawah serta kiri atas maupun bawah. Setelah kamu memilihnya maka halaman google docsmu yang kamu inginkan akan terbentuk secara sendiri.

Cara Membuat Daftar Isi Di Layanan Google Docsmu

Daftar isi ialah menjadi salah satu hal yang paling penting ketika kamu membuat atau mengerjakan tugas baik makalah atau sejenisnya. Dengan adanya daftar isi itu akan membantu orang yang membaca tugas yang telah kamu buat tadi dengan mudah, sebut saja bila orang itu hendak membaca topic judul 3 maka di akan mencari tahu letak topic tersebut hanya dengan melihat nomor halaman yang telah tertera pada daftar isi tadi.

Nah mungkin beberapa diantara kita masih belum tahu bagaimana mekanisme dan cara membuat sebuah daftar isi melalui aplikasi layanan google docs, berikut simak step by step dari kami :

Buka Lembar Google Docs, Tulislah Sebuah Topik Yang  Kamu Bahas

Kegiatan pertama yang tentunya harus kita lakukan dalam membuat sebuah daftar isi khususnya apalagi dalam aplikasi pengolah kata google docs tentunya kamu harus membuka lembar baru di google docs, kemudian tulislah judul tadi atau topic yang ingin ditulis oleh dirimu lalu selanjutnya ialah kliklah “Normal Text” yang ada pada bagian kolom menu atas.

Kemudian, Tentukanlah Sebuah Heading Yang Cocok dan Sesuai Denganmu

Setelah melakukan step pertama tadi, khususnya jika kamu telah menekan “normal text” tadi maka kemudian nanti akan muncul submenu beberapa heading untuk jenis dari tulisanmu tadi. Kamu pilihlah heading yang terdiri dari nomor 1 hingga 4 heading tersebut kemudian blok tulisanmu. 

Ulangi hal ini sampai topic yang ingin kamu tulis selesai. Setelah hal ini kamu lakukan, kamu siapkanlah sebuah halaman kosong yang  ingin dijadikan sebagai tempat untuk daftar isi tulisanmu.

Sesudahnya, Klik Menu Insert dan Pilihlah Submenu Table Of Contents

Jika kamu telah melakukan step by step diatas, kemudian pilihlah olehmu menu insert dan tentunya akan muncul bagian submenu. Kemudian pilihlah olehmu menu “table of contents” dan selanjtnya dari table of contents itu akan membuat daftar isi sesuai dengan apa yang kamu inginkan lalu otomatis daftar isi yang hendak kamu inginkan tadi akan terbentuk.

Nah sejatinya layanan aplikasi pengolah kata google docs hampir serupa dengan layanan aplikasi pengolah kata dari Microsoft word, tentunya menu dan fiturnyapun hampir sama persis mulai dari membuat daftar isi, membuat page break melalui different page, fitur menambah kertas dengan mudah hingga membuat 1 1. 

Akan tetapi kelebihan dari google docs sendiri adalah akses yang bisa kamu nikmati tidak hanya melalui komputer atau laptop saja akan tetapi dapat diakses melalui smartphone dengan size yang tidak begitu membebani kinerja Hpmu.

Demikian ulasan mengenai tips dan trik google docs yang harus kamu ketahui, semoga bermanfaat untuk kalian para pembaca semuanya ya.