Cara Memperbaiki Setrika Listrik dengan Berbagai Macam Kerusakan

Itulah ulasan mengenai cara memperbaiki setrika listrik dengan berbagai macam kerusakan. Mudah-mudahan bisa membantu Anda yang sedang mencari solusi

Cara Memperbaiki Setrika Listrik - Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas mengenai berbagai macam kerusakan setrika listrik beserta cara mengatasinya. Sebelum kita bahas maupun kita kaji lebih dalam, Anda perlu ketahui terlebih dahulu, bahwasannya prinsip cara kerja setrika listrik sama saja dari segi merk apapun seperti Maspion, Philips, Cosmos, Miyako, Niko, Panasonic dan masih banyak yang lainnya.

Cara Memperbaiki Setrika Listrik Sesuai dengan Gejalanya

Kerusakan pada setrika listrik dapat diperbaiki sendiri tidak perlu tukang servis berpengalaman, cukup dengan coba-coba sendiri asal telaten dan sabar saya yakin pasti bisa. Anggap saja begini, dari pada berpangku tangan tidak ada yang dikerjakan mending di servis sendiri siapa tahu bisa  dan dapat menghemat uang belanja dari pada beli baru. 

Cara Memperbaiki Setrika Listrik

Apabila Anda sudah menyerah baru setrika bisa dirujuk ke tukang servis. Tapi tunggu dulu jangan mudah menyerah, itu sebabnya saya menulis artikel cara memperbaiki setrika listrik untuk memberi pengarahan bagai mana cara memperbaiki setrika listrik sendiri. Silahkan dipilih jenis kerusakan mana yang sedang anda hadapi.

Cara Memperbaiki Setrika Listrik Mati Total

Ciri-cirinya adalah setrika tidak panas meskipun pengatur suhu sudah di setting maksimum dan juga lampu indikator tidak menyala. Jika benar permasalahannya seperti itu, berikut langkah langkah cara memperbaikinya.

  • Bongkar setrika
  • Cek kabel Listrik biasanya putus bagian dalam. Ini sering terjadi pada kabel setrika yang sudah tua. Namun bisa juga terjadi pada kabel yang masih baru karena cacat produksi.
  • Cek thermo fuse, biasanya ini putus karena setrika di setting terlalu panas. Bisa juga karena thermostat tidak mau off yang menyebabkan panas berlebih dan memicu thermo fuse putus.
  • Cek thermostat bagian platina biasanya platina aus, amplas platina tersebut sampai bersih.

Cara Memperbaiki Setrika Tidak Panas Tapi Lampu Indikator Menyala

Kerusakan dengan gejaka seperti ini sangat jarang terjadi, namun jika Anda sedang menghadapi hal yang demikian, berikut cara yang harus Anda lakukan.

  • Bongkar setrika
  • Cek apakah kawat penghubung antara elemen pemanas, kabel listrik dan thermostat ada yang patah. Jika kawat masih bagus,
  • Kemungkinan terakhir adalah elemen pemanasnya. Cek menggunakan multitester.

Cara Memperbaiki Setrika Nyetrum

Saat disentuh bagian bawah besi setrika nyetrum. Ini sangat mengerikan bisa fatal akibatnya jika tidak segera diperbaiki. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

  • Bongkar setrika
  • Perhatikan baik-baik apakah ada kawat elemen yang menyentuh bodi besi setrika.
  • Bersihkan kedua ujung elemen pemanas, biasanya ada kotoran yang membuat arus listrik bocor ke bodi setrika.
  • Bersihkan thermostat jangan sampai ada konduktor yang membuat tegangan listrik mengalir ke bodi besi setrika.
  • Lepas kawat penghubung antara elemen pemanas dan thermostat lalu cek kawat bagian dalam elemen pemanas ke bodi setrika menggunakan multitester pada sekala X1K jika jarum naik berarti elemen pemanas rusak bocor. Jika tidak, cek thermostat ke bodi besi setrika dengan sekala multitester X1K jika jarum naik berarti kebocoran listrik ada pada thermostat nya,

Cara Memperbaiki Setrika Terlalu Panas

Setrika tidak bisa di setting suhunya meskipun sudah di setting minimum tetap saja panasnya berlebih, jika dipakai untuk menyetrika  pakaian langsung gosong. Berikut cara mengatasinya

  • Bongkar setrika
  • Perhatikan thermostat pada bagian platina nya. biasanya platina ini lengket jika benar, pisahkan lalu amplas sampai bersih. putar pengatur suhu sampai posisi minimum. Seharusnya platina membuka, begitu juga sebaliknya. Jika pengatur suhu diputar maksimum maka platina akan menyatu. Jika tidak demikian maka thermostat rusak. Thermostat yang demikian itu bisa diperbaiki. Atau jika malas bisa langsung diganti.
  • Setting thermostat yang tepat adalah dengan memutar pengatur suhu 10% dari minimum maka platina membuka.

Cara Memperbaiki Setrika Kadang Panas Kadang Tidak

Masalah seperti ini tentunya sangat mengganggu. Dan kebanyakan baru sadar jika sebenarnya kerusakan ada pada setrikanya. Biasanya yang dicek terlebih dahulu adalah lubang stop kontak listrik.

  • Bongkar setrika
  • Ganti kabel setrika. Karena kerusakan semacam ini sering kali desebabkan kabel putus bagian dalam, saat setrika sedang digunakan yang tentunya kabel bergerak-gerak dan menyebabkan kabel ini kadang terhubung kadang terputus. Untuk cara mengganti kabel setrika bisa dibaca pada poin paling bawah artikel ini.
  • Bisa juga platina thermostat sudah aus. Bersihkan pakai amplas.

Memperbaiki Setrika Lampu Indikator Tidak Menyala

Lampu indikator tidak menyala namun setrika masih panas dan bekerja dengan normal. Sebenarnya ini masalah kenyamanan, aktivitas menyetrika apabila lampu indikatornya tidak menyala rasanya kurang lengkap. Ini adalah ciri-ciri orang perfeksionis.

  • Bongkar setrika
  • Cek resistor pada salah satu kaki lampu indikator, bisanya resistor ini putus atau terbakar.
  • Lampu indikator rusak. Ganti dengan yang baru.

Cara Mengganti Kabel Setrika

Mengganti kabel setrika yang sudah usang atau kulit pelapis kabel sudah mulai mengelupas dan terbuka. Ini sangat berbahaya jika dibiarkan. Sebaiknya sebelum terlambat segera ganti kabel setrika Anda.

  • Bongkar setrika. Tidak usah dibongkar semua, cukup bagian belakangnya saja.
  • Lepas baut penghubung kabel, hafal kan letak kabelnya berdasarkan warna. Biar tidak lupa di foto atau ditulis di kertas.
  • Beli kabel setrika yang baru, banyak tersedia di toko elektronik. Perhatikan kabel bawaan setrika ada yang menggunakan tiga kabel ada juga yang menggunakan dua kabel. Belilah kabel yang sama dengan bawaan setrika.
  • Pasang sesuai urutan aslinya. Biasnya kabel coklat dan biru itu untuk aliran listrik, sedangkan kabel hijau kuning untuk ground bodi.
  • Hati-hati dengan kabel hijau kuning jangan sampai terbalik dengan warna yang lainnya karena kabel hijau kuning ini terhubung langsung dengan bodi besi setrika.
  • Gunakan multitester untuk letak yang benar.

Tetaplah teliti dan berhati-hati saat mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan listrik langsung seperti halnya setrika listrik yang hanya mengandalkan penyekat isolator, apalagi benda yang satu ini sering kali dipegang. 

Baca Juga : 5 Cara Perbaiki Kartu microSD Tidak Terbaca

Namun bukannya alat ini berbahaya karena semua produk yang beredar sudah memenuhi standar SNI. Ini hanya sebatas mengingatkan saja. Kami sebagai penulis tidak bertanggung jawab atas kecelakaan kerja apapun.

Itulah ulasan mengenai  cara memperbaiki setrika listrik dengan berbagai macam kerusakan. Mudah-mudahan bisa membantu Anda yang sedang mencari solusi terkait dengan setrika yang Anda miliki di rumah.