10 Contoh Sumber Daya Alam Hayati dan Non Hayati : Ini Macamnya!

Inilah 10 contoh sumber daya alam hayati dan non hayati untuk ANda yang sedang mencari referensi maupun jawaban pertanyaan tugas Anda.

Brodanni - Sumber daya alam mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dalam hal ini, terdapat dua jenis sumber daya alam, yakni sumber daya alam hayati dan non hayati dengan contohnya masing-masing. Berikut ulasan mengenai 10 contoh sumber daya alam hayati dan non hayati.

10 Contoh Sumber Daya Alam Hayati dan Non Hayati

10 Ragam Contoh Sumber Daya Alam Hayati dan Non Hayati

Sumber Daya Alam Hayati

Sumber daya alam hayati merupakan sumber daya alam yang mencakup sumber daya alam nabati  (tumbuh-tumbuhan) dan hewani (hewan-hewan). Kedua macam sumber daya tersebut saling terkoordinasi dengan baik bersama sumber daya non hayati membentuk suatu ekosistem yang baik.

Baca Juga : Permasalahan Penerapan Pembelajaran Daring untuk Siswa

Dalam ekosistem yang baik dan seimbang, manusia bisa memanfaatkan sumber daya tersebut untuk memenuhi kelangsungan hidupnya. Dalam pemanfaatannya contoh sumber daya alam hayati pun cukup banyak. Beberapa contoh dari sumber daya alam hayati dijelaskan pada uraian berikut ini

Pohon Jati

Pohon jati termasuk dalam contoh sumber daya alam tumbuhan yang tergolong sebagai hasil hutan. Pohon jati juga termasuk salah satu tanaman yang ada di hutan yang berkontribusi dalam menjaga keseimbangan ekosistem dengan menghasilkan oksigen sebagai salah satu komponen penting.

Pohon Mahoni

Pohon mahoni juga termasuk sebagai SDA nabati yang termasuk dalam hasil hutan. Pohon mahoni bisa dimanfaatkan kayunya sebagai bahan dasar pembuatan rumah. Sedangkan untuk bijinya yang terkenal karena rasa pahitnya bisa digunakan untuk obat.

Padi

Padi termasuk dalam salah satu contoh sumber daya alam hayati yang berasal dari hasil pertanian. Sumber daya alam ini menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia.

Ayam

Ayam merupakan contoh dari sumber daya hewani yang tergolong sebagai hewan ternak penghasil telur dan daging. 

Kopi

Contoh sumber daya alam nabati hasil perkebunan adalah biji kopi. Indonesia termasuk salah satu negara penghasil kopi yang mengekspor komoditi tersebut ke berbagai negara.

Sumber Daya Alam Non Hayati

Sumber daya alam non hayati merupakan sumber daya alam yang mencakup benda-benda mati, tapi sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Terdapat dua jenis sumber daya alam non hayati yakni sumber daya alam yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui.

Istilah sumber daya alam dapat diperbarui adalah ketersediaan di alam yang cukup melimpah dan kemungkinan untuk habis juga sangat kecil. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, ketersediaan di alam sangat sedikit dan butuh waktu yang cukup lama untuk mendapatkannya lagi.

Beberapa sumber daya alam non hayati bisa Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa contohnya.

Udara

Komponen udara yang meliputi nitrogen, oksigen, dan karbon dioksida termasuk sebagai contoh sumber daya alam non hayati yang membentuk keberlangsungan kehidupan dari komponen sumber daya alam hayati.

Air

Air termasuk contoh sumber daya alam non hayati yang ketersediaannya di alam tidak akan pernah habis karena adanya siklus air.

Sinar Matahari

Ini merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat penting bagi kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi. Kegunaan sinar matahari pun sangat banyak, termasuk bagi manusia, hewan, dan tumbuhan.

Minyak Bumi

Minyak bumi termasuk dalam bahan tambang yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan aspal, minyak tanah, bensin, lilin, solar, maupun avtur. Minyak bumi termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan sering dimanfaatkan oleh manusia dengan jumlah yang cukup banyak. 

Batu Bara

Batu bara termasuk contoh dari sumber daya alam non hayati golongan sumber daya fosil. Batu bara dimanfaatkan untuk pembangkit listrik dengan ketersediaan yang cukup banyak dan jumlahnya melebihi minyak bumi. 

Demikian ulasan mengenai 10 contoh sumber daya alam hayati dan non hayati. Semoga bermanfaat untuk para pembaca semuanya.