Pengertian Hosting dan Domain dalam Dunia Internet

Inilah ulasan kami mengenai pengertian hosting dan domain dalam dunia internet, semoga menambah wawasan Anda terutama dalam hal teknologi informasi.

Pengertian Hosting dan Domain - Bagi yang belum lama mengenal dunia internet atau dunia bisnis online, mungkin masih terdapat beberapa istilah yang belum dikenal artinya secara pasti. Seperti istilah hosting dan domain, istilah ini akan sering di temukan jika Anda mulai mempelajari bidang bisnis di internet, terutama yang menyangkut teknis pembuatan website ataupun toko online.

Pengertian Hosting dan Domain

Sebenarnya apa itu pengertian hosting dan domain ? hosting dan domain merupakan dua produk yang berbeda, namun keduanya saling berhubungan dan dibutuhkan untuk membangun sebuah website. Berikut ini adalah pengertian hosting dan domain yang harus Anda ketahui. 

Pengertian Hosting

Hosting adalah sebutan untuk sebuah media penyimpanan di dunia maya, dapat dipergunakan untuk menyimpan beragam data yang ada pada sebuah website. Misalnya tulisan, gambar, video, database, email dan lain sebagainya. Setiap website, memiliki hostingnya masing-masing sehingga bisa diakses oleh pengunjungnya.

Space hosting dipasarkan oleh perusahaan-perusahaan penyedia hosting baik yang berasal dari lokal ataupun perusahaan asal mancanegara.

Baca Juga : Cara Mengecek IMEI iPhone Online : Mudah, Cukup 1 Menit!

Hosting sendiri pada umumnya dipasarkan berdasarkan besaran space atau besar kapasitas ruang penyimpanannya serta bandwidth yang ditawarkan. Semakin besar space dan bandwidth harga sewanya pun akan semakin mahal.

Pengertian Domain

Sedangkan pengertian domain adalah sebutan untuk identitas nama sebuah website, sehingga website bisa dibuka dengan mengetikan nama tersebut di browser. Misalnya saja website yang Anda baca ini memiliki alamat domain brodanni.com, contoh lainnya seperti Google.com, kompas.com, facebook.com dan sebagainya.

Domain memiliki sebuah akhiran titik yang biasa dibaca dot, akhiran tersebut dinamakan TLD atau Top Level Domain. TLD ini memiliki jenis yang beragam misalnya .com, .net, .org, .info dan banyak lagi.

Setiap Top Level Domain memilki arti dan peruntukannya masing-masing. Diantaranya saja .com umumnya dipergunakan untuk web komersial, .Org untuk web organisasi, .info untuk web informasi, dan lain sebagainya.

Serupa dengan hosting, domain pun dapat kita beli kepada perusahaan penyedia domain di internet, begitu pula harganya berbeda-beda untuk setiap TLD.

Tips Memilih Penyedia Hosting dan Domain

Jika Anda berencana akan membuat sebuah website atau toko online, paling awal yang harus dipersiapkan diantaranya adalah domain dan juga hosting. Untuk memilihnya tentu saja tidak boleh asal-asalan, karena nantinya akses menuju website akan tergantung kualitas hosting dari penyedia tersebut.

Untuk mempermudah komunikasi dengan penyedia hosting dan domain, kami sarankan untuk memilih perusahaan lokal. Pilih perusahaan yang memiliki tim support yang bersedia membantu berbagai permasalahan selama 24 jam.

Tidak kalah penting kita pun perlu memilih perusahaan hosting yang memiliki server handal dan juga cepat. Karena nantinya jika website lambat saat diakses, pengunjung tidakakan betah berlama-lama di website.

Demikian ulasan dari kami mengenai apa itu pengertian hosting dan domain dalam dunia internet, semoga menambah wawasan Anda.