Aplikasi Recap 2021 Instagram Music : Ini Cara Buatnya!

Yuk Buat, Aplikasi Recap 2021 Instagram Music. Mudah kok gak sulit. Cermati dan simak baik-baik artikel ini ya gaes. Semoga bermanfaat ya. Yuk Coba!

Apa Itu Aplikasi Recap 2021 Instagram - Terasa begitu cepat waktu terlewat tahun 2021 kini sudah akan memasuki tahun baru 2022. Banyak orang menyambut tahun baru ini sukacita. Salah satu cara menyambut tahun baru itu adalah dengan mengunggah postingan di akun media sosial. Postingan tersebut berupa video recap 2021 yang banyak diunggah di Instagram melalui aplikasi recap.

Baca Juga : Aplikasi Recap 2021: Link Download, Review dan Cara Pakainya!

Instagram Music resmi merilis fitur kilas balik tahunan. Diberi nama ‘Year in Music: 2021Recap’, fitur ini sudah bisa dijajal para pengguna di Tanah Air.

Aplikasi Recap 2021 Instagram Music

Year in Music: 2021 Recap sendiri sebenarnya sangat mirip dengan Spotify Wrapped. Di dalamnya tersaji data perilaku mendengarkan musik pengguna selama satu tahun terakhir.

Pengguna bisa melihat total durasi mendengarkan musik, genre playlist apa yang paling sering didengarkan, serta artis dan judul lagu apa saja yang paling sering diputar

Baca Juga : Download Lagu Recap 2021 TikTok : Yuk Cari Tahu!

Belakangan ini, ramai sekali orang mengunggah video recap di akun Instagram pribadi mereka melalui reels, instastory maupun IG TV. Banyak sekali orang yang penasaran, bagaimana cara membuat recap 2021 di Instagram mereka, terutama bagi yang belum pernah mengunggah reels ataupun video sama sekali. Dan saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mengunggah reels dan video pertama di Instagram untuk meramaikan tahun baru 2022 ini. Penasaran gimana cara buatnya? Yuk kita simak sampai habis ya

Aplikasi Recap 2021

Banyaknya unggahan recap di Instagram dan Tiktok ini mungkin membuat Anda penasaran tentang bagaimana cara membuatnya. Mengingat kedua aplikasi tersebut tidak menyediakan fiturnya.

Nah, untuk membuatnya, Anda bisa membuatnya menggunakan sejumlah aplikasi yang Sabilia katakan sebelumnya seperti Alight Motion, VN, Capcut, atau Kinemaster Pro.

Namun, bagi Anda yang ingin membuatnya dengan instan dan mudah, Sabilia sarankan agar Anda menggunakan aplikasi Capcut. Di aplikasi ini, Anda bisa menemukan template recap yang viral.

Dengan demikian, Anda tidak perlu repot mengeditnya secara manual dan memakan waktu yang cukup lama.

Apa Itu My Recap 2021 di Instagram?

Recap 2021 adalah postingan yang diunggah pengguna media sosial untuk menyambut tahun baru yang akan segera tiba. Video tersebut biasanya diunggah melalui akun media sosial Instagram menggunakan fitur reels maupun instastory. Postingan tersebut berupa video yang berasal dari kumpulan foto-foto maupun video yang diambil saat tahun 2021 dan digabungkan menjadi satu dengan durasi masing-masing foto yang cepat menyesuaikan dengan alunan musik yang mengiringinya sehingga video tersebut terlihat keren dan apik jika diposting di akun media sosial pribadi.

Cara membuat recap 2021 di Instagram ini tidaklah sulit, karena sekilas mirip dengan fitur playback 2021 milik Instagram. Tetapi, postingan recap 2021 di Instagram yang sedang hype sekarang ini harus dibuat menggunakan aplikasi editing video yang bisa bebas anda download melalui Play Store maupun App Store karena video ini tidak bisa dibuat dengan fitur yang ada di Instagram.

Untuk membuat video ini, kamu bisa menggunakan aplikasi editing video yang ada seperti VN, Kinemaster, CapCut, YouCut maupun aplikasi lainnya. Bagi kamu yang belum mempunyai aplikasinya, kamu bisa mendownloadnya terlebih dahulu di Play Store ataupun App Store. Berikut ini adalah panduan atau cara menggunakan aplikasi recap 2021 Capcut.

Panduan Membuat Recap 2021 di Instagram

Cara membuat Recap 2021 di Instagram tidak bisa dilakukan secara instan, kamu harus ada sedikit effort untuk membuatnya. Namun, saat kamu melihat hasil videonya, kamu akan merasa sangat puas dan senang dengan hasil usaha kamu tersebut. Buat kamu yang mau mengikuti trend Instagram ini, kamu bisa mengikuti panduan berikut. Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat video Recap 2021 ini, salah satunya yaitu dengan mengedit secara manual, selain itu kamu bisa  menggunakan fitur template yang sudah disediakan oleh aplikasi CapCut. 

Langkah Bikin My Recap 2021 Instagram secara Manual

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk membuat video recap 2021 di Instagram, simak cara membuat recap 2021 di Instagram berikut ini.

  1. Download aplikasi YouCut atau VN di Play Store. Bagi kamu pengguna Appstore kamu juga bisa mendownload aplikasinya di sini : https://apps.apple.com/id/app/vn-video-editor/id1343581380?l=id
  2. Siapkan foto dan video yang akan digunakan. Jumlah foto disesuaikan dengan durasi dan ketukan lagu. Di aplikasi YouCut kamu bisa menyiapkan 1 video dan 65 foto. Tentunya foto tersebut adalah foto yang diambil pada tahun 2021 ya.
  3. Download musik yang akan kamu gunakan dalam video recap 2021
  4. Buka aplikasi editing video di ponsel kamu.
  5. Pilih proyek baru, masukan 1 video dan foto yang kamu gunakan dalam video recap 2021.
  6. Atur durasi video sepanjang 6 detik dan masing-masing foto 0,2 detik
  7. Input musik yang sudah kamu download sebelumnya.
  8. Pada video pertama, berikan teks “My Recap 2021” atur bentuk font dan ukuran teks sesuai keinginan kamu.
  9. Impor video recap 2021 kamu.
  10. Terakhir, unggah video recap 2021 ke akun Instagram pribadi kamu.

Cara Buat My Recap 2021 di Instagram Menggunakan Template

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, selain secara manual seperti cara di atas, kamu juga bisa membuat video recap 2021 dengan mudah dengan menggunakan template yang ada di aplikasi CapCut. Berikut Cara Membuat Recap 2021 di Instagram menggunakan template CapCut

  1. Download aplikasi CapCut di Smartphone kamu.
  2. Buka aplikasi yang sudah kamu download tersebut lalu pilih template.
  3. Untuk mencari template nya kamu bisa menggunakan fitur pencarian, ketik “my recap 2021” pada kolom pencarian
  4. Pilih template yang ingin anda gunakan
  5. Lalu masukan foto atau video yang anda inginkan
  6. Atur letaknya sesuai keinginan kamu.
  7. Jika sudah selesai mengedit, kamu bisa mengekspor video tersebut.
  8. Unggah video kamu menggunakan reels ataupun instastory di akun Instagram pribadi kamu

Nah, itu tadi Cara Membuat My Recap Instagram 2021 di aplikasi Ig. Cukup mudah bukan, kamu bisa turut meramaikan media sosial dalam rangka menyambut tahun baru 2022. Selain membuat video recap 2021, kamu juga bisa berkreasi membuat video sesuai keinginan kamu loh lewat aplikasi editing yang sudah dijelaskan di atas.