Membersihkan Gmail Penuh : Mudah, Cuma 1 Menit!

Gmail Anda penuh? Berikut adalah cara praktis membersihkan Gmail penuh yang cepat dan mudah dan hanya membutuhkan waktu 1 menit. Selamat membaca

Membersihkan Gmail Penuh – Saat ini Google email (Gmail) merupakan layanan surel berkirim surat yang memiliki pengguna paling banyak di seluruh dunia. Gmail pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 silam dalam versi beta. Kemudian mendapatkan update pada  juli 2019 dengan kapasitas awal 1 GB untuk setiap akun.

Membersihkan Gmail Penuh

Hingga Juli 2012 Gmail menjadi layanan surat elektronik yang berbasis web dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 425 juta di seluruh dunia. Dengan ruang penyimpanan 1 GB  lambat laun ruang penyimpanan tersebut akan penuh. Hal ini akan berakibat pengiriman email anda menjadi terhambat. 

Bagi Anda yang ruang penyimpanannya sudah penuh dan ingin mengosongkannya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini : 

7 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Gmail yang Penuh 

Hapus Folder Email Promosi 

Email promosi biasanya dikirim karena Anda memiliki atau mengikuti akun aplikasi tertentu. Dengan mengikuti aplikasi tersebut secara otomatis Anda akan mendapatkan informasi seperti promo atau informasi lain. Biasanya yang paling sering mengirimkan email ke dalam folder  promosi adalah aplikasi online shop. Inilah yang menyebabkan ruang penyimpanan Gmail cepat penuh. Untuk itu Anda perlu menghapus atau mengosongkan folder promosi pada akun Gmail Anda. 

Hapus File Google Foto 

Layanan Google foto biasanya digunakan untuk back up beberapa file gambar yang ada pada smartphone android Anda. Hal Ini juga bisa menjadi penyebab ruang penyimpanan Gmail Anda menjadi cepat penuh. Karena pada dasarnya Google juga menggunakan kapasitas 1 GB tersebut untuk menyimpan file dari Google foto. Ini juga menyebabkan ruang penyimpanan Gmail cepat penuh. Untuk itu Anda perlu menghapus atau memindahkan beberapa file tersebut agar kapasitasnya menjadi lega. 

Baca Juga : Google Sites yang Paling Efektif Dalam Dunia Pendidikan

Untuk melakukannya caranya cukup mudah, setelah Anda membuka Google foto silakan pilih dan tandai berapa foto. Lalu Anda bisa langsung menghapusnya dengan klik icon tong sampah yang ada pada pojok kanan atas. 

Atau Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu sebelum menghapusnya. Caranya dengan klik ikon titik tiga di pojok kanan atas kemudian setelah terdownload silahkan hapus file tersebut. 

Menghapus Email yang Berukuran Besar 

Penyebab Gmail penuh berikutnya adalah email yang berukuran besar. Setiap email yang dikirim biasanya berukuran kecil di bawah 1 MB. Namun ukurannya akan menjadi besar jika disertakan lampiran file seperti file aplikasi. Inilah yang menyebabkan Gmail Anda menjadi cepat penuh, Nah untuk itu Anda perlu menghapus email yang berukuran besar tersebut. 

Berikut ini tips untuk mencari dan menghapus email berukuran besar pada Gmail. Caranya yaitu silahkan ketik “larger:20m” pada Kolom pencarian Gmail. Maka Gmail akan menyaring setiap email yang berukuran lebih dari 20 MB. Setelah tersaring Anda dapat dengan mudah menghapusnya. 

Membersihkan File Sampah 

Cara keempat adalah dengan menghapus file sampah yang tersimpan di dalam folder sampah. Perlu Anda ketahui bahwa setiap email yang dihapus tidak langsung terhapus melainkan akan dipindahkan ke folder sampah. Email tersebut akan benar-benar terhapus setelah 30 hari, maka Anda perlu menghapus dan mengosongkannya secara manual. 

Menghapus Email Lama 

Cara ke Lima untuk mengatasi Gmail cepat penuh adalah dengan menghapus email yang usianya sudah sangat lama. Seiring berjalannya waktu dalam menggunakan layanan email dari Google ini, tentu sudah banyak email yang masuk dan tersimpan di dalamnya. Folder yang paling banyak adalah folder inbox dan send, agar memori penyimpanan email Anda menjadi lega Anda perlu memilah dan menghapus email lama yang sudah tidak diperlukan lagi. 

Baca Juga : Alternatif Microsoft Office Tanpa Install : Ini Solusinya!

Caranya cukup mudah yaitu dengan mengetik “older_than:5y“, pada kolom pencarian Gmail Anda. Sebagai catatan, angka lima adalah email yang sudah berusia lebih dari 5 tahun. Anda bisa mengganti angka tersebut sesuai keinginan Anda. Sebagai contoh jika Anda mengetik “older_than:2y” maka Gmail akan menyaring email yang berusia lebih dari dua tahun dan begitu seterusnya.

Menghapus file di Google Drive 

Jika Anda menggunakan Google Drive untuk menyimpan beberapa file penting, ini juga bisa menjadi penyebab Gmail Anda cepat penuh. Hal ini terjadi karena Google juga menggunakan kapasitas penyimpanan 1 GB untuk Google Drive. Maka Anda perlu memindahkan atau menghapus beberapa file tersebut agar kapasitas penyimpanannya menjadi lega.

Menambah Ruang Penyimpanan Google

Jika Anda sering menggunakan layanan dari Google seperti Gmail, Google Foto dan Google Drive. Anda bisa menambah kapasitas penyimpanannya menjadi lebih besar. Namun Anda akan dikenakan biaya berlangganan setiap bulannya. Harganya bervariasi mulai dari Rp. 265.000 sampai Rp. 1,3 juta per bulan atau per tahun. Dengan berlangganan Anda akan mendapatkan tambahan Space yang lebih besar mulai dari 100 GB sampai 2 TB sesuai paket yang Anda dipilih.

Itulah beberapa tips membersihkan Gmail penuh, Semoga Membantu !