Tidak Bisa Install Aplikasi di Playstore : Ini Solusi Jitunya!

Tidak bisa install aplikasi di playstore merupakan masalah klasik yang menghantui pengguna smartphone. Berikut ini trik jitunya! Selamat membaca

Tidak Bisa Install Aplikasi di Playstore - Siapapun Anda, dari segmen apapun Anda pasti sudah sangat familiar sekali dengan yang namanya gawai Android. Android menjadi OS yang paling populer saat ini yang bisa bersaing dengan iOS. Banyak gawai yang berbasis Android yang beredar di pasaran, entah itu berbentuk Smartphone maupun tablet yang berasal dari beberapa pabrikan terkenal. Sesuaikan saja budget Anda untuk bisa memilikinya.

tidak bisa install aplikasi di playstore

Berbicara mengenai Android tentunya tidak akan bisa dilepaskan dari yang namanya aplikasi. Hampir semua pabrikan smartphone atau tablet memang sudah memasukkan aplikasi bawaannya pada setiap gawai yang mereka ciptakan yang kemudian di jual di pasaran, tapi terkadang semuanya itu tidak memuaskan para user. Solusi untuk bisa menginstall aplikasi bagi pengguna Android yang sesuai dengan keinginan para user adalah dengan login di Playstore.

Baca Juga : Cara Menguatkan Jaringan WIFI di HP : HP mu Makin Ngegas!

Tentunya tidak serta merta aplikasi yang ada di Playstore bisa di install dengan mudah oleh para user. Semua tergantung dengan beberapa faktor. Selain faktor koneksi internet dan besaran RAM dan ROM bawaan smartphone, ada beberapa faktor yang terkadang bisa berpengaruh pada tidak bisa install aplikasi di Playstore. Apa saja faktornya dan bagaimana cara mengatasinya? Mari kita ulas satu demi satu.

Kenapa Tidak Bisa Install Aplikasi di Playstore pada Smartphone Anda?

Seperti yang sudah kita sama-sama ketahui, ada beberapa faktor atau penyebab kenapa aplikasi-aplikasi yang kita unduh di playstore gagal untuk di install. Beberapa faktornya adalah sebagai berikut :

  • Memori Tidak Mencukupi
  • Sistemnya Eror
  • Aplikasi yang kurang mendukung
  • Salah dalam menginstall

Solusi Tidak Bisa Install Aplikasi di Playstore

Ada beberapa solusi terkait dengan aplikasi yang tidak terinstall di gawai Android. Solusi berikut ini bisa Anda coba :

Restart Smartphone

Metode ini bisa dibilang yang paling sederhana, bila dibandingkan dengan yang lainnya. Dengan kamu merestart, aplikasi yang ada di background akan terhenti. Saat smarphone kamu nyala kembali, cobalah untuk menginstall aplikasi lagi dengan mengunduh ulang di playstore.

Baca Juga : Aplikasi Pembukuan Stok Barang Masuk dan Keluar 2021

Bagaimana cara merestrart smartphone dengan benar? Anda cukup tekan tombol power agak lama atau langsung saja menuju pengaturan yang ada di gawai android Anda.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara beriikutnya adalah dengan menghapus aplikasi di smartphone Anda yang jarang dipakai. Dengan Anda menghapus aplikasi yang tidak berguna, setidaknya Anda bisa membuat memori yang ada di smartphone sedikit lega. Apabila space di memori dirasa sudah cukup, silahkan coba lagi unduh aplikasi di playstore dan mencoba lagi untuk menginstall. Work!

Bagaimana caranya untuk menghapus aplikasi yang tidak pernah dipakai? Ini tahapannya :

  • Pergi ke “Setelan”
  • Kemudian ke “Aplikasi Terinstall”
  • Memilih Aplikasi
  • Terakhir “Hapus Aplikasi”
  • Menghapus Cache Aplikasi di Smartphone Anda

Menghapus cache aplikasi merupakan salah satu alternatif apabila Anda enggan menghapus aplikasi yang ada di smartphone. Menghapus cache bisa melonggarkan kapasitas memori internal di smartphone. Untuk bisa menghapus cache di smartphone Anda, berikut ini caranya :

  • Membuka “Setelan”
  • Menuju ke “Aplikasi Terinstall”
  • Kemudian “ Pilih Aplikasi”
  • Terakhir “Hapus Cache

Mengecek Kompatibilitas Aplikasi yang di Install

Berjalannya unduhan di playstore yang kemudian di install bergantung pada kompatibilitas sistem yang ada di smartphone android Anda. Smartphone dengan versi android yang lama, tentu saja harus di upgrade terlebih dahulu agar bisa menginstall aplikasi agar lebih kompatibel.

Demikian ulasan singkat mengenai tidak bisa install aplikasi di playstore di tinjau dari sebab serta solusinya. Semoga bermanfaat.