Cara Usaha Bibit Tanaman Buah, Ini yang Harus Dilalui

Berminat berbisnis di sektor perkebunan khususnya buah-buahan? Inilah Cara Usaha Bibit Tanaman Buah yang harus Anda tahu sebelum memulainya.

Cara Usaha Bibit Tanaman Buah - Jual bibit tanaman buah secara online juga menjadi salah satu peluang bisnis online yang menjanjikan. Apalagi minat masyarakat untuk mencari Bibit Tanaman buah semakin besar. Terutama jenis buah lokal dan impor yang unggul dan unik serta bisa ditanam di dalam pot. 

Bagaimana cara memulai bisnis bibit tanaman buah secara online? 

cara usaha bibit tanaman buah

Siapkan Modal

Sebenarnya cara memulai bisnis jual bibit buah secara online sama dengan membuka toko online lainnya, hanya saja produknya berbeda. Anda harus memiliki modal, baik itu modal untuk membuka website sendiri atau modal ilmu. 

(Baca Juga : Cara Mengatur Rak Toko untuk Mendatangkan Minat Pembeli)

Jika Anda ingin menjual bibit tanaman buah, tentunya Anda harus memahami produk yang Anda jual. Yaitu memahami jenis-jenis tanaman buah-buahan, kelebihannya, cara pembibitan dan perawatannya, setidaknya itu.

Buka Jaringan

Jika modal materi Anda cukup maka Anda bisa menjual produk Anda sendiri, tetapi itu sangat memakan waktu dan membutuhkan banyak uang. Karena Anda harus memiliki tanah, memiliki koleksi tanaman dan produk benih tanaman yang akan Anda jual, dan karyawan untuk merawat tanaman Anda dan menjalankan bisnis Anda. Jika Anda memiliki modal yang terbatas, akan lebih baik jika Anda membuka jaringan dan bekerja sama dengan pembibitan atau penjual bibit tanaman buah di kota Anda.

Tidak semua toko atau penjual bibit tanaman menembus pemasaran online. Nah, Anda bisa membuka kemitraan dengan mereka sebagai mitra pemasaran. Anda menyediakan toko online dan mencari pembeli secara online, sedangkan mereka fokus memproduksi bibit tanaman buah sesuai kebutuhan. Jadi tidak perlu repot menyiapkan modal untuk memproduksi bibit tanaman sendiri, cukup buka toko jual bibit tanaman buah secara online dan bekerja sama dengan pembibitan.

Jasa Profesional

Perbedaan antara toko online yang menjual bibit tanaman buah dengan toko online lainnya adalah tingkat kesulitan dalam pengemasan dan pengiriman produk sehingga bibit tanaman buah tetap bagus dan prima sampai tujuan. 

Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa Anda bekerja sama dengan kurir yang dapat menjamin barang akan sampai di tangan konsumen. Meski begitu, risiko tanaman mati, rusak, atau tidak sesuai dengan keinginan konsumen bisa saja terjadi, jadi Anda harus memperhitungkan risiko tersebut dengan baik. 

(Baca Juga : Cara Mendirikan Bimbel Rumahan : Ini Urutannya)

Untuk meminimalisir risiko pemasaran atau penjualan, ada banyak hal yang harus dipelajari dalam membuka usaha penjualan bibit tanaman buah secara online. Anda juga melakukan sistem penjemputan dengan langsung menghubungi calon pembeli, seperti sekolah, yayasan, perusahaan, komunitas dan lain sebagainya. 

Menjual dalam jumlah banyak sekaligus akan cepat menghasilkan keuntungan, selain itu anda juga bisa memberikan paket mulai dari pelatihan penanaman hingga perawatan secara grosir. Sudah bisa dibayangkan manisnya hasil yang akan didapat dari usaha ini nantinya

Cara Kerja Bisnis Bibit Tanaman 

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai, berikut ini cara kerja bisnis benih tanaman yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Cek Peraturan Daerah

Sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya cek dulu peraturan daerah terkait izin usaha. Jangan sampai bisnis Anda sudah berjalan tapi harus tiba-tiba tutup, karena tidak sesuai dengan aturan yang ada.

2. Dapatkan Sertifikasi

Jika Anda berencana untuk menjual bibit tanaman pangan, seperti buah dan sayuran, maka sertifikasi adalah suatu keharusan. Karena bisnis ini secara tidak langsung berkaitan dengan makanan dan kesehatan. Departemen kegiatan pertanian negara bagian akan memeriksa kualitas benih dan kemudian melakukan sertifikasi.

3. Riset Pasar Potensial

Jenis bisnis ini dapat berkembang dan menawarkan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada pengusaha. Hal ini dikarenakan permintaan konsumen terhadap berbagai jenis tanaman bunga dan buah-buahan serta sayuran organik cukup besar. Demikianlah informasi tentang cara usaha bibit tanaman buah semoga bermanfaat.