Soal UP UKMPPG IPA Lengkap Dengan Pembahasannya 2020

Butuh kerja keras, etos belajar yang sungguh-sungguh dan doa dalam menghadapi UP UKMPPG IPA. Sering-seringlah berlatih soal dan berdiskusi dengan kawan pendidik lain yang sesuai dengan latar belakang S1 nya. Bukankah guru IPA SMP yang terpanggil program PPG berasal dari 3 disiplin ilmu S1 yang berbeda ? Yaitu Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi dan Pendidikan Fisika ? Rajinlah berdiskusi dan berbagi ilmu dengan ahlinya.
Selamat siang para sahabat brodanni semuanya. Masih dengan lalu lalang berita seputar PPG 2020 yang sedang ramai-ramainya hilir mudik di beranda sosial media kita khususnya Facebook. Di aplikasi perpesanan  Whatsapp dan Telegram juga tidak kalah hebohnya, pastinya selalu ramai dengan pembahasan PPG 2020. Apalagi dengar - dengar PPG 2020 ini diselenggarakan dengan moda yang berbeda yaitu moda daring. 

Baca Juga : Modul Lengkap Pengayaan dan Remedial Semua Mapel PPG 2020


Kalau menurut hemat penulis semuanya ada plus dan minus nya, baik itu PPG 2020 yang dengar - dengar dengan moda daring ataupun pada PPG versi sebelumnya yang ada kegiatan lokakarya dan juga PPL di sekolah mitra LPTK yang menaungi PPG para sahabat semuanya. 


Apapun itu moda PPG nya, penulis rasa ada 2 hal yang paling menentukan dan ke 2 hal tersebut sama dengan PPG tahun-tahun sebelumnya, yaitu UKIN dan UP UKMPPG. UKIN bersifat kinerja dari para sahabat brodanni semuanya, dimana dalam tahap ini yang diukur dan dinilai adalah kinerja kita di sekolah PPL mitra LPTK. Dari mulai penyiapan RPP, media yang dipakai dan lain sebagainya. Kegiatan PPL PPG ini akan berakhir pada saat diselenggarakan ujian kinerja atau UKIN, dimana nanti para sahabat akan dinilai performanya oleh 2 orang penilai, yaitu dosen dari LPTK tempat para sahabat bernaung dan guru yang tentunya sudah memiliki sertifikat pendidik. 


Biasanya pada tahap UKIN para mahasiswa PPG tidak akan mengalami kendala yang berarti, ibaratnya seperti kita selaku pendidik itu hanya pindah tempat tugas saja. Kasarnya, pasti lulus. Lain halnya dengan UP UKMPPG yang banyak halang rintangnya. Bukan hanya di mata pelajaran IPA saja melainkan di semua mapel PPG. Sedikit bercerita tentang PPG 2019 tahap 3 yang penulis lalui, dari 50 an mahasiswa yang terbagi menjadi 2 kelas A dan B di LPTK UPI Bandung  pada UP UKMPPG utama atau yang pertama kalinya tidak ada setengahnya yang lulus. Kalau tidak salah, seingat penulis ada 14 mahasiswa yang lulus UP UKMPPG IPA utama, dan Alhamdulillah penulis diberikan kelulusan pada UP UKMPPG IPA tahap utama tersebut. 


Butuh kerja keras, etos belajar yang sungguh-sungguh dan doa dalam menghadapi UP UKMPPG IPA. Sering-seringlah berlatih soal dan berdiskusi dengan kawan pendidik lain yang sesuai dengan latar belakang S1 nya. Bukankah guru IPA SMP yang terpanggil program PPG berasal dari 3 disiplin ilmu S1 yang berbeda ? Yaitu Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi dan Pendidikan Fisika ? Rajinlah berdiskusi dan berbagi ilmu dengan ahlinya.


Selain berdiskusi dengan rekan sejawat, para sahabat brodanni juga harus sering dan sering berlatih soal-soal PPG pada tahap dan tahun-tahun sebelumya. Nah, berkaitan dengan hal ini brodanni.com secara khusus mempersembahkan Soal UP UKMPPG IPA Lengkap Dengan Pembahasannya 2020 untuk para sahabat semuanya. Secara jujur, penulis juga sempat menggunakan materi yang akan penulis unggah ini sebagai bahan belajar pada saat menghadapi UP UKMPPG IPA Tahap 3 2019. Atau dengan kata lain, salah satu dari bahan belajar penulis pada saat itu adalah file atau dokumen Soal UP UKMPPG IPA Lengkap Dengan Pembahasannya 2020 ini.

Baja Juga : Kisi-Kisi UKMPPG IPA Beserta Soal dan Pembahasannya 2020

Cakupan Soal UP UKMPPG IPA Lengkap Dengan Pembahasannya 2020

Banyak sekali materi dari dokumen Soal UP UKMPPG IPA Lengkap Dengan Pembahasannya 2020 diantaranya
  • Soal Kompetensi Sosial dan Pribadian
  • Soal Kompetensi Pedagogik
  • Soal Kompetensi Profesional
  • Kisi-kisi UP UKMPPG 2018
  • Kisi-kisi UP UKMPPG 2019
  • dan masih banyak lagi
Untuk bisa memiliki dan menjadikan Soal UP UKMPPG IPA Lengkap Dengan Pembahasannya 2020 sebagai bahan referensi, para sahabat semuanya bisa klik tautan berikit ini ( disini ). Jangan lupa setelah diunduh harap diekstrak terlebih dahulu, karena file Soal UP UKMPPG IPA Lengkap Dengan Pembahasannya 2020 ini masih berekstensi RAR. Selamat mempersiapkan PPG IPA 2020 sahabat, sukses terus dan tetap sehat selalu ya. 


Apakah ini adalah postingan pamungkas dari bodanni.com mengenai soal dan pembahasan yang berkaitan dengan PPG IPA 2020 ? TENTU TIDAK , karena masih banyak lagi dokumen-dokumen soal dan pembahasan yang akan kembali penulis bagikan melalui website kebanggan penulis ini. Sekian.