Inilah Instrumen Penilaian Peer Teaching Lokakarya dan PPL PPG 2020

Silahkan Anda cermati dan persiapkan dengan baik. Mengenai hal apa saja yang akan Anda siapkan dalam Peer Taeching lokakarya ataupun PPL PPG, silahkan pedomani dokumen berikut ini
Selamat  siang semuanya sobat brodanni.com, semoga Anda yang sedang mempersiapkan PPG dalam jabatan 2020 selalu dalam keadaan sehat dimanapun berada. PPG 2020 dalam jabatan tahun ini sedikit berbeda dengan PPG dalam jabatan pada tahun 2019 ataupun 2018. Pada tahun 2020 ini PPG kemungkinan besar dilakukan dengan moda daring,  hal ini mungkin dikarenakan situasi pandemi covid – 19 yang melanda dunia khususnya di Indonesia. Apapun itu penulis kira tidak akan mengurangi antusiasme Anda yang sudah terpanggil di PPG 2020 ini yang mungkin pada tahap ini masih disibukkan dengan melengkapi data-data administrasi yang ada pada halaman web sergur.id.

Baca Juga : Aplikasi Di Android yang Cocok di Pakai Untuk PPL PPG 2020

Instrumen Peer Teaching PPL PPG 2020



Dalam mempersiapkan PPG 2020 ada beberapa hal yang harus Anda ketahui diantaranya bagaimana sistem penilaiannya. Sedikit bercerita mengenai pengalaman penulis, penulis dulu ketika mengikuti PPG IPA 2019 di LPTK UPI Bandung sangat buta sekali dengan informasi mengenai sistem pembelajaran di PPG beserta sistem penilaiannya. Beruntung penulis bisa mendapatkan informasi berharga dari para senior yang sudah terpanggil dan lulus PPG di tahun dan gelombang sebelumnya dengan berdiskusi dengan mereka baik itu via pertemuan langsung maupun via daring. Maksudnya begini, berawal dari situ apa yang penulis punya ( data-data,  soal pembahasan dan lainnya) akan penulis bagikan juga untuk Anda. Bukankah pengetahuan yang dibagikan terselip makna ilmu yang bermanfaat ?
Nah, hal pertama yang akan penulis bagikan yaitu mengenai Instrumen Penilaian Peer Teaching PPG 2020. Prediksi penulis mengenai instrumen ini tidak akan jauh jauh dari tahun-tahun sebelumnya mengingat penulis secara pribadi telah membandingkannya antara instrumen penilaian peer teaching PPG 2019 dengan instrumen penilaian peer teaching PPG 2018 kurang lebih sama. Jadi sebelum Anda melangkah lebih jauh, alangkah baiknya Anda pelajari dan siapkan terlebih dahulu mumpung masih ada waktu.

Baca Juga : Modul Lengkap Pengayaan dan Remedial Semua Mapel PPG 2020

Sedikit Bercerita Mengenai Peer Teaching PPG 2020

Penulis kira untuk penjelasan mengenai apa itu peer teaching ataupun micro teaching ilmu Anda pasti jauh di atas penulis, jadi tidak akan dijelaskan secara terperinci di artikell ini. Sedikit informasi Peer Teaching PPG 2020 ini masih sama dengan apa yang Anda jalani dulu ketika menempuh pendidikan S1. Perbedaanya terletak pada instrumen penilaiaannya saja. Di LPTK tempat Anda bernaung, Anda akan “ dimatangkan” agar siap diterjunkan di sekolah mitra LPTK penyelenggara PPG 2020. Karena itu membawa nama baik LPTK Penyelenggara, biasanya dosen akan all out membimbing Anda semuanya dalam hal peer teaching sekaligus dinilai pantas dan tidaknya. Ingat Bapak Ibu, hasil Uji Kinerja yang dalam hal ini nilai PPL dan juga perform di sekolah mitra LPTK sangat berpengaruh untuk sampai pada tahap berikutnya yaitu UP UKMPPG.

Baca Juga : RPP Satu Lembar IPA SMP Kelas 7 8 dan 9 Lengkap 2020

Ketika Anda berada di tahapan peer teaching lokakarya, Anda akan mendapatkan beberapa feed back dari dosen dan rekan satu kelas yang bersedia memberikan masukan tentang perform Anda di depan kelas. Berbeda halnya ketika Anda sudah masuk tahap PPL nanti. Pada tahap PPL penilaian di lakukan oleh Guru Pamong yang dalam hal ini Guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik, di dalam hal ini pendekatan personal penulis kira akan sangat berpengaruh pada nilai akhir yang keluar kelak. Karena bagaimanapun, sesama pendidik tidak akan saling mendahului, eeehh maaf. Karena biar bagaimanapun sesama pendidik pasti tidak akan mempersulit pendidik lainnya terutama Anda yang sedang mengikuti program PPL PPG 2020. Pada intinya Pamong Anda pastinya tidak akan mempersulit langkah Anda dalam melakukan kegiatan PPL PPG. 

Kurang lebih 2 minggu, tibalah Anda pada tahap penentu kelulusan PPL yaitu Uji Kinerja atau UKIN. Nah, pada UKIN ini Anda akan dinilai oleh Guru Pamong dari sekolah lain yang satu mapel dengan Anda dan seorang dosen yang serumpun dengan mata pelajaran yang diikuti di loka karya PPG. Penulis dulu memdapatkan Guru Penguji dari Guru Pamong dari SMP 5 Bandung dan Dosen Pengujinya berasal dari Dosen Pendidikan Kimia dari LPTK UPI Bandung. Untuk nilai UKIN adalah gabungan dari nilai PPL dan Ujian PPL dan Anda hanya akan menunggu beberapa hari untuk mendapatkannya sebelum sampai pada tahap UP UKMPPG yang selalu bikin mahasiswa PPG was-was.heeeee

Baca Juga : Kumpulan RPP PJJ ( Pembelajaran Jarak Jauh ) SMP Lengkap 2020

Instrumen Peer Teaching PPL PPG 2020

Silahkan Anda cermati dan persiapkan dengan baik. Mengenai hal apa saja yang akan Anda siapkan dalam Peer Taeching lokakarya ataupun PPL PPG, silahkan pedomani dokumen berikut ini : 




Dokumen di atas ada 2 macam : 

  • Dokumen 1 untuk mengevaluasi RPP yang Anda buat
  • Dokumen 2 untuk mengevaluasi perform Anda saat peer teaching pada saat likakarya ataupun pada saat PPL/ UKIN
Baca Juga : Bahan Ajar Lengkap IPA SMP kelas 7 8 dan 9 2020

Semoga postingan artikel mengenai Intrumen Penilaian Peer Teaching Lokakarya dan PPL PPG 2020 bermanfaat untuk Anda para pengunjung semuanya. Salam