Ubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 Online Lewat PC dan HP Cuma 2 Menit

Inilah ulasan mengenai cara ubah ukuran foto menjadi 4x6 online untuk Anda yang masih kebingungan bagaimana caranya me resize foto. Selamat membaca.

Ubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 Online - Foto merupakan gambar diam baik berupa warna maupun hanya hitam putih yang dihasilkan oleh kamera pada suatu objek atau kejadian atau keadaan pada suatu waktu tertentu. Kegiatan yang berhubungan dengan foto dikenal sebagai fotografi. Kata foto berasal dari bahasa Yunani, yakni photos yang bermakna cahaya atau sinar.

Ubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 Online
Sepenting apa sih foto itu? Foto bagi sebagian orang memang bisa penting dan tidak penting, tergantung dengan apa keperluannya. Apabila foto hanya sekedar foto, tentunya kita tidak perlu mengedit maupun mengubah ukurannya. Dalam momen-momen tertentu pasti kita akan membutuhkan sebuah foto misalnya foto resmi, entah itu untuk mendaftar sekolah atau kuliah maupun untuk melamar pekerjaan.

Tidak sesulit yang di bayangkan untuk bisa mengubah ukuran foto, baik itu untuk ukuran 4x6, 3x4 maupun 2x3. Bagi Anda yang sedang mencari bagaimana caranya mengubah ukuran foto secara online lewat PC atau laptop dan HP Android, berikut ini ulasannya.

Cara Ubah Foto menjadi 4x6 Online dan Offline

Tentunya bahasan kita kali ini adalah mengenai bagaimana cara ubah ukuran foto menjadi 4x6 online maupun offline. Untuk yang online, tentu saja kita membutuhkan sebuah website yang beralamatkan di https://www.ilovepdf.com/ saja. Website ini tentunya bisa diakses lewat PC maupun Smartphone Anda. 

Baca Juga : Menggabung Foto Online dengan Mudah dan Cepat

Apabila Anda memiliki keterbatasan kuota ataupunn hal yang lainnya, Anda juga bisa mengubah ukuran foto dengan cara offline yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Paint. Pastinya  Anda familier bukan dengan aplikasi yang satu ini? Terlebih aplikasi ini hampir selalu ada di setiap laptop maupun PC Anda. 

Mengubah Ukuran Foto Online via Website  IlovePDF

Berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat Anda ikuti untuk mengubah ukuran foto menggunakan iLovePDF atau alat serupa:

  • Buka situs web iLovePDF (www.ilovepdf.com) atau alat pengubah ukuran foto online lainnya.
  • Cari opsi "Ubah Ukuran" atau "Resize Image". Di iLovePDF, Anda mungkin perlu mencari menu "Gambar" dan kemudian pilih "Ubah Ukuran".
  • Unggah foto yang ingin Anda ubah ukurannya. Umumnya, Anda akan melakukannya dengan mengeklik tombol "Pilih File" atau dengan menyeret dan melepas foto ke area yang ditentukan.
  • Atur ukuran baru untuk foto Anda. Anda biasanya dapat memilih ukuran yang diinginkan dalam piksel, sentimeter, atau persentase dari ukuran aslinya. Beberapa alat juga menyediakan opsi pengaturan lebar dan tinggi secara terpisah.
  • Pilih opsi lain yang mungkin tersedia, seperti mempertahankan rasio aspek, mengubah format file, atau mengatur kualitas gambar.
  • Setelah Anda selesai mengatur semua preferensi, klik tombol "Ubah Ukuran" atau "Resize" untuk memulai proses.
  • Tunggu hingga proses selesai. Durasi proses akan bervariasi tergantung pada ukuran foto dan kecepatan koneksi internet Anda.
  • Setelah selesai, unduh foto yang telah diubah ukurannya. Umumnya, Anda akan diminta untuk mengklik tombol "Unduh" atau "Download" untuk menyimpan foto di komputer Anda.

Pastikan untuk membaca panduan pengguna atau petunjuk yang disediakan oleh iLovePDF atau alat serupa lainnya karena antarmuka dan langkah-langkah yang tepat dapat bervariasi.

Mengubah Ukuran Foto Offline via Paint

Paint adalah aplikasi edit foto yang selalu ada di PC kita, khususnya yang menggunakan Windows. Namun tidak banyak yang menggunakannya, mungkin karena Aplikasi ini kurang familier dibanding dengan Photoshop dengan segala kelebihannya. 

Baca Juga : Cara Scan Foto ke PDF dengan Aplikasi di Android

Bagi yang belum menguasai Photoshop, Paint bisa jadi pilihan tepat untuk sekedar mengubah ukuran Foto menjadi 2x3, 3x4, atau 4x6. Berikut ulasannya yang sangat mudah.

  • Klik kanan pada foto yang akan diedit, pilih menu "Edit", otomatis akan terbuka aplikasi Paint. Jika tidak ada pilihan Edit pada klik kanan, maka aplikasi Paint belum terinstal di PC/laptop agan-agan.
  • Aplikasi Paint telah terbuka. Pada home Pilih menu Resize dan akan muncul jendela baru. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah :

  1.     Pilih Pixel
  2.     Hilangkan centang pada Maintain aspect ratio
  3.     Isi ukuran pixel sesuai ukuran 2x3, 3x4, atau 4x6.
  4.     Ok jika sudah selesai.
  5.     CTRL + S untuk menyimpan hasil editan.

  • Ukuran foto telah berubah. Bisa langsung dicetak atau dimasukkan ke dalam Ms. Word. Berikut adalah ukuran pixel untuk 2x3, 3x4, dan 4x6 : 

      1.    2x3 =   75 x 113
      2.    3x4 = 113 x 151
      3.    4x6 = 151 x 227

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara ubah ukuran foto menjadi 4x6 online lewat PC dan HP. Smeoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda para pembaca semuanya.