Berapa Gaji Marshaller Pesawat? Ini Besarannya!

Penasaran dengan berapa gaji Marshaller atau tukang parkir pesawat? inilah ulasannya. Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya para pembaca. Simak ya!

Berapa Gaji Marshaller - Dunia penerbangan memang menawarkan berbagai macam profesi yang menggiurkan. Gaji yang besar menjadi salah satu daya tarik untuk bekerja di dunia penerbangan. Tapi tentu saja hal itu sebanding dengan resiko pekerjaan yang harus ditanggung. Bagi yang baru lulus SMA, melanjutkan ke pendidikan dunia penerbangan bisa menjadi salah satu pilihan. Setelah lulus kita bisa langsung berkarier di dunia penerbangan.  

Berapa Gaji Marshaller
Berapa Gaji Marshaller Pesawat

Akhir-akhir mencari informasi tentang gaji Marshaller karena dianggap sebagai pekerjaan yang menarik. Bagi Anda yang belum apa itu pekerjaan sebagai tukang parkir pesawat, pekerjaan ini biasa dilakukan untuk memberikan pengarahan kepada pesawat yang datang entah untuk masuk ke hanggar atau untuk bersiap keluar lintasan.

Apa Itu Aircraft Marshaller atau Tukang Parkir Pesawat

Marshaller merupakan profesi yang cukup menarik namun tidak banyak orang yang mengetahuinya. Salah satu pekerjaan yang tidak biasa dan membutuhkan tanggung jawab yang besar. Para petugas AMC tersebut diwajibkan untuk memiliki sertifikat karena tidak sembarang orang bisa menjadi seorang AMC. Tak jarang karena keunikan dari profesi ini, banyak orang bertanya-tanya dan bahkan searching di internet mengenai berapa gaji Marshaller untuk hanya sekedar tahu kebenaran besarannya. 

Baca Juga : Gaji Kondektur Kereta Api : Syarat Melamar dan Ketentuannya!

Marshaller adalah seorang yang memberikan komando kepada pilot pesawat terbang untuk memakirkan kendaraan raksasanya ketika pesawat terbang mendarat di landasan pacu. Seorang Marshaller, harus benar dan tepat dalam memberikan tanda kepada pilot. Karena untuk memarkirkan pesawat terbang yang memiliki ukuran besar harus berhati-hati, Tidak boleh lengah sedikit pun.

Marshalling Pesawat adalah isyarat visual antara personil di landasan dan pilot pada sebuah bandara, kapal induk atau helipad. Marshalling adalah satu-satu komunikasi visual dan sebagian penanganan pesawat udara di darat. Ini mungkin sebagai alternatif, atau tambahan untuk, komunikasi radio antara pesawat dan kontrol lalu lintas udara, Peralatan biasa Marshaller adalah rompi keselamatan , helm dengan penutup telinga akustik, dan sarung tangan atau Marshalling tongkat.

Salah satu bagian dari Apron Movement Control (AMC)yang bertugas untuk memarkirkan pesawat adalah Marshaller yang bertugas menyampaikan pesan dari translasi kode seorang Apron. Itulah mengapa memang tidak sembarang orang bisa masuk menjadi AMC ini. Bertugas seorang AMC akan diwajibkan untuk menggunakan peralatan keamanan seperti pelindung telinga, lampu berwarna merah, rompi, bed warna Orange cerah untuk siang hari, jas hujan, boot, dan Andy talky. Peralatan ini yang akan membantu untuk mengarahkan pesawat masuk atau keluar dari hanggar.

Perlengkapan Seorang Marshaller 

Marshaller dalam melaksanakan tugasnya dilengkapi dengan beberapa perlengkapan, diantaranya: 

  • Marshalling Bats (untuk pemarkiran siang hari)
  • Flash Light (untuk pemarkiran malam hari atau keadaan gelap)
  • Ear Muff (pelindung telinga)
  • Flourescent Jacket (Rompi Safety)
  • Safety Shoes (Sepatu Safety)

Di bandara, Marshaller Memberi sinyal pada pilot untuk terus berputar, memperlambat, menghentikan, dan menutup mesin, yang mengarah pesawat untuk berdiri parkir atau ke landasan pacu. Kadang-kadang, Marshaller menunjukkan arah ke pilot dengan mengendarai Mobil Bertuliskan "Follow-Me" (biasanya van kuning atau truk pick-up dengan pola kotak-kotak) sebelum mendarat dan melanjutkan sinyal.

Di bandara, Marshallers berdiri dengan Bimbingan Sistem Visual Docking (VDGS), yang jenisnya ada banyak. Pada kapal induk atau helipad, marshallers memberikan take-off dan landing izin untuk pesawat dan helikopter, di mana ruang yang sangat terbatas dan waktu antara take-off dan pendaratan membuat komunikasi radio alternatif yang sulit.

Gaji Tukang Parkir Pesawat atau Marshaller

Banyak yang bertanya sebetulnya berapa gaji Marshaller atau tukang parkir pesawat jawabannya adalah sekitar 7 juta rupiah untuk pokoknya dan masih mendapatkan banyak tunjangan yang akan didapatkan. Walau pekerjaan ini tidak terlalu terlihat namun memiliki kategori gaji yang lumayan tinggi. 

Jika Anda berminat menjadi seorang Marshaller memang perlu sertifikasi dan sekolah dahulu agar bisa mengetahui banyak standar yang dipakai saat di bandara. Demikian ulasan mengenai berapa gaji Marshaller, semoga bermanfaat.