Cara Cek Sinyal TV Digital Online Lewat HP : Praktis dan Mudah!

Cara cek sinyal TV digital online bisa digunakan untuk mengetahui sejauh apa kuatnya sinyal tv digital di lokasi Anda. Mudah,cukup dari Handphone Anda

Cara Cek Sinyal TV Digital Online– Kemajuan perkembangan teknologi yang terjadi di Indonesia merupakan sesuatu hal yang harus kita banggakan. Karena dengan adanya ini, kita dapat mengejar ketertinggalan kita terhadap negara-negara berkembang lainnya. Transisi perpindahan dari TV Analog menjadi TV Digital sangatlah tidak mudah. 

Cara Cek Sinyal TV Digital Lewat HP

Transisi dari pesawat televisi analog menjadi pesawat televisi digital membutuhkan penggantian perangkat pemancar televisi dan penerima siaran televisi. Namun, jika ingin tetap menggunakan pesawat televisi analog, penyiaran digital dapat ditangkap dengan alat tambahan yang disebut kotak converter yang umumnya disebut STB. 

Ketika menggunakan pesawat televisi analog, sinyal penyiaran digital akan dirubah oleh kotak konverter menjadi sinyal analog. Dengan demikian pengguna pesawat televisi analog tetap dapat menikmati siaran televisi digital. Pengguna televisi analog tetap dapat menggunakan siaran analog dan secara perlahan-lahan beralih ke teknologi siaran digital tanpa terputus layanan siaran yang digunakan selama ini.

Baca Juga : Frekuensi TV Digital Yogyakarta : 100 % HD!

Televisi digital atau DTV adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal, gambar, suara, dan data ke pesawat televisi. Modulasi itu sendiri adalah proses perubahan suatu gelombang periodik sehingga menjadikan suatu sinyal mampu membawa suatu informasi. 

Perbedaan TV Digital dan Analog

Televisi digital merupakan alat yang digunakan untuk menangkap siaran TV digital, perkembangan dari sistem siaran analog ke digital yang mengubah informasi menjadi sinyal digital berbentuk bit data seperti komputer. Sedangkan TV Analog, Televisi analog mengkodekan informasi gambar dengan memvariasikan voltase dan atau frekuensi dari sinyal. Sistem yang dipergunakan dalam televisi analog NTSC (National Television System Committee), PAL, dan SECAM. 

Perbedaan yang paling mendasar antara sistem penyiaran televisi analog dan digital terletak pada penerimaan gambar lewat pemancar. Pada sistem analog, semakin jauh dari stasiun pemancar televisi, sinyal yang akan ditimbulkan akan melemah dan penerimaan gambar dari stasiun menjadi buruk dan berbayang. Sedangkan pada sistem digital, kebalikan dari analog. Siaran gambar yang jernih akan dapat dinikmati sampai pada titik dimana sinyal tidak dapat diterima lagi.

Pada sistem transmisi pancarannya, kebanyakan TV di Indonesia masih menggunakan sistim analog dengan cara memodulasikannya langsung pada Frekwensi Carrier, Sedangkan pada sistim digital, data gambar atau suara dikodekan dalam mode digital (diskret) baru di pancarkan.

Keunggulan Siaran TV Digital

Sebelum Anda mengetahui mengenai bagaimana cara cek sinyal tv digital online, baiknya simak dulu apa keunggulan siaran tv digital apabila dibandingkan dengan siaran  tv analog pada umumnya. Inilah poin-poin penting keunggulan siaran tv digital : 

  • Kualitas gambar yang lebih halus dan tajam, mengurangi efek dopler jika menerima siaran tv dalam kondisi bergerak.
  • Pengurangan terhadap efek noise.
  • Sinyal digital dapat menampung program siaran dalam satu paket, dikarenakan pemakaian bandwidth pada tv digital tidak sebesar tv analog.

Cara Mengecek Sinyal TV Digital Memakai Handphone

Anda bisa mengecek sinyal TV digital dengan memanfaatkan aplikasi SinyalTVDigital yang bisa di unduh di Google Play atau Play Store yang ada pada perangkat Android kepunyaan Anda. Silahkan simak panduan berikut ini untuk dapat menggunakannya.

  1. Aktifkan Fitur Lokasi di HP.
  2.  Unduh aplikasi SinyalTVDigital.
  3.  Buka aplikasi SinyalTVDigital. Klik ikon Sinyal.
  4.  Pilih salah satu stasiun TV. Klik See Mux detail.
  5.  Informasi berisi kekuatan sinyal, jenis layanan, operator mux, frekuensi/channel, dan lainnya.
  6.  Klik ikon Galeri di kanan bawah layar.
  7.  Daftar lengkap konten siaran TV Digital yang bisa disaksikan di televisi.

Demikian ulasan mengenai cara cek sinyal TV digital online di lokasi Anda. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk para pembaca semuanya.