Cara Cek No NPWP dengan Cepat dan Efisien

Inilah ulasan mengenai bagaimana cara cek no NPWP yang Anda miliki. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda para pembaca semuanya.

Cara Cek No NPWP - NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan nomor kartu pajak dan nomor identitas para wajib pajak di Indonesia. Nomor ini wajib dimiliki oleh perusahaan wajib pajak dan juga perorangan yang wajib pajak. Nah, jika Anda mempunyai NPWP maka Anda harus mengeceknya apakah masih aktif atau tidak.

NPWP berisi informasi probadi dan sangat rahasia. NPWP hanya boleh diketahui oleh Anda pribadi, rekanan Anda dalam usaha, bendahara kantor, serta petugas pajak

Cara Cek No NPWP

Dikarenakan sifat dari NPWP itu sendiri adalah rahasia, maka Direktorat Jenderal Pajak tidak memberikan akses kepada siapapun untuk mengecek NPWP secara online, karena bisa saja orang yang tidak memiliki kepentingan mengakses data diri Anda melalui NPWP

Pengertian NPWP

NPWP sendiri secara pengertian bisa diartikan sebagai nomor identitas yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tAnda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Cara Cek No NPWP Pajak dengan 4 Cara Efektif

Ulasan mengenai bagaimana cara cek no NPWP berikut ini ada 4. Dari keempat hal tersebut bisa Anda pilih salah satunya. Penasaran dengan kelima cara tersebut? Berikut ini ulasannya. 

Baca Juga : Cara Mudah Membuat NPWP Secara Online

Cara Cek NPWP Aktif Via DJP Online

Direktorat Jendral Pajak online DJP online dipakai untuk melihat status NPWP. Caranya cukup dengan login menggunakan akun DJP online yang sebelumnya sudah Anda lakukan pendaftaran di situs DJP online.

Untuk mengetahui status aktif NPWP dari DJP online, dapat melakukan laporan pajak. Dan kalau bisa, maka NPWP masih aktif, namun jika tidak bisa melakukan laporan pajak, artinya NPWP tidak aktif. Bila ingin mengaktifkan NPWP kembali, bisa langsung mendatangi kantor pelayanan pajak di kota Anda dengan membawa persyaratan seperti E-KTP bagi yang jenis NPWP pribadi / karyawan dan untuk NPWP badan perusahaan membawa surat izin usaha.

Cara Cek NPWP Pribadi Via Sse3.pajak.go.id

Yang kedua, cara ini bisa Anda pakai apabila sebelumnya wajib pajak sudah tahu nomor NPWP, tujuannya hanya untuk mencocokkan kartu NPWP dengan nama pemilik akan muncul saat kita masuk ke situs https://sse3.pajak.go.id/

Selain itu cek NPWP aktif tidaknya, situs tersebut juga dapat buat registrasi E-Billing Pajak, wajib pajak bisa masuk ke situs tersebut dan mengecek nomor NPWP.

Cara Cek NPWP Via Nomor Kring Pajak 1500200

Dengan ponsel yang dimiliki lewat nomor telepon kring pajak di nomor 1500200 (021-1500200), kita dapat cek NPWP pribadi setelah customer service layanan pajak menanyakan beberapa data terkait informasi kepemilikan NPWP.

Cara Cek NPWP Aktif Via Pengaduan@pajak.go.id

Selain langsung mendatangi kantor pajak di kota Anda untuk menanyakan nomor NPWP aktif tidaknya, bisa pakai layanan pengaduan pajak di alamat email pengaduan@pajak.go.id dengan cara memgirimkan pertanyaan seputar NPWP pribadi maupun badan.

Baca Juga : Pengertian dan Cara Membuat NPWP

Bagi Anda yang memutuskan untuk mengecek dengan car aini, kesabaran Anda pasti akan diuji. Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan harus antri karena tidak hanya Anda saja yang ingin mengecek NPWP, bisa jadi malahan seluruh Indonesia. Jadi harap bersabar. 

Demikian ulasan mengenai Cara Cek No NPWP. Dari sekian ulasan yang ada di atas, Anda bisa memilih salah satunya mana yang terbaik dan juga yang paling efisien dan tidak menyita waktu. Semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya. Terima kasih.