File PDF Tidak Bisa Dibuka di Android? Ini Penyebab dan Solusinya

Inilah ulasan mengenai penyebab dan juga solusinya mengenai file PDF tidak bisa dibuka di android. Semoga bermanfaat untuk Anda para pembaca semuanya!

Brodanni - File dalam bentuk PDF memang memudahkan pengguna dokumen tersebut untuk mengaksesnya. Namun, terkadang file tersebut tidak dapat dibuka sebagaimana mestinya. Berkaitan dengan itu, berikut beberapa penyebab file PDF tidak bisa dibuka di android.

Penyebab File PDF Susah Dibuka di HP dan Laptop

Ada beberapa penyebab kenapa file PDF Anda tidak bisa dibuka di HP maupun di laptop. Kira-kira apa penyebabnya? baiknya Anda simak ulasan di bawah ini. 

File PDF disusupi Virus 

Anda yang sering menggunakan file PDF sebagai dokumen yang fleksibel pasti pernah mengalami hal ini. File PDF bisa secara tiba-tiba tidak dapat dibuka melalui ponsel Android karena adanya virus pada file tersebut. 

File PDF Tidak Bisa Dibuka di Android

Kejadian tersebut merupakan sesuatu yang wajar. Hal ini biasanya terjadi ketika pada PC atau Laptop yang Anda gunakan untuk membuat dokumen tersebut sebelumnya telah terdapat virus yang menyerang system. 

Masalah ini tentu akan membuat Anda mengalami banyak kendala jika tidak segera ditindaklanjuti. Oleh karena itu, Anda harus langsung melakukan update anti virus untuk melindungi PC atau Laptop  dari malware. 

Baca Juga : Cara Menyisipkan Gambar pada Ms Word di Hp

Selain itu, Anda juga dapat melakukan backup file asli sebelum diubah menjadi file PDF. Hal ini dilakukan agar ketika file PDF tersebut disusupi oleh virus dan tidak dapat dibuka, maka Anda dapat melakukan konversi ulang pada file asli. 

File PDF Mengalami Kerusakan 

Salah satu penyebab dokumen dalam bentuk file PDF tidak dapat dibuka pada umumnya adalah kerusakan yang terjadi pada file. Kerusakan pada file PDF ini biasanya lebih dikenal oleh banyak orang dengan istilah file corrupt. Hal ini membuat file PDF sama sekali tidak bisa diakses. 

Masalah pada file PDF yang tidak bisa dibuka karena kerusakan, biasanya disebabkan oleh copy-paste yang tidak sempurna. Artinya, proses copy-paste tidak dilakukan dengan baik, sehingga terdapat beberapa bagian dari file tidak selesai ketika proses tersebut berjalan. 

Kejadian ini biasanya dialami ketika seseorang terburu-buru dalam melakukan copy-paste file PDF di PC ke ponsel android. Pada akhirnya, dalam kasus ini, file PDF tidak bisa dibuka di Android dan Anda perlu melakukan perbaikan file, atau mengkonversi ulang. 

Baca Juga : Cara Hapus Page di Word dengan Mudah dan Aman

Untuk mengantisipasi kejadian ini, Anda diharapkan melakukan copy-paste dengan lebih hati-hati. Pastikan terlebih dahulu apakah file yang disalin sudah sesuai dengan file aslinya. Selain itu, Anda juga perlu memastikan apakah file yang telah disalin dapat dibuka di ponsel android yang digunakan. 

Anda Tidak Memiliki Akses Membuka Dokumen

Ada beberapa dokumen yang memang sudah diproteksi, sehingga tidak bisa dibuka secara di sembarang perangkat. Proteksi ini bisa dalam bentuk kode, password, atau metode pengirimannya. Katakanlah seperti file yang terdapat dalam Google Drive, di sini bisa diatur izin aksesnya.

Untuk membuka file yang diproteksi dengan password, Anda membutuhkan passwordnya. Sedangkan untuk membuka file yang diproteksi dari jalur pengirimannya, Anda membutuhkan akses dari pengirim untuk bisa membacanya.

Aplikasi Pembuka File PDF Bermasalah

Selain karena format maupun soft file nya yang rusak, file PDF tidak bisa dibuka di android disebabkan oleh aplikasi yang digunakan untuk membukanya. Umumnya, hal ini bisa terjadi saat aplikasi tersebut sudah lama tidak di update, dan versinya terlalu tertinggal.

Baca Juga : Kenapa File PDF Tidak Bisa Dibuka di Laptop: Peyebab dan Solusinya!

Dalam kasus ini, untuk menyiasatinya Anda harus melakukan update pembaca file PDF versi terbaru. Khususnya apabila fitur sebelumnya tidak cukup compatible, dengan update versi aplikasi akan membuat performanya lebih baik.

Selain itu, aplikasi pembaca file PDF sering mengalami masalah saat membuka file yang memiliki ukuran yang cukup besar. Dalam hal ini, Anda perlu memastikan berapa besar file yang bisa dibuka oleh aplikasi.