Cara Mencari Latitude dan Longitude yang Benar di Google Map

Inilah cara mencari latitude dan longitude yang mudah dan praktis yang bisa Anda gunakan untuk pendaftaran peserta didik baru atau PPDB berbasis zona.

Cara Mencari Latitude dan Longitude – Kemajuan teknologi sekarang diadopsi sebagai salah satu syarat untuk menentukan penjaringan siswa baru atau Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Juni dan Juli merupakan bulan di mana para siswa mencari sekolah-sekolah yang terdekat dari rumah untuk melanjutkan.   

Cara Mencari Latitude dan Longitude

Sistem PPDB berbasis zona ini mengharuskan peserta didik yang mau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, harus memilih sekolah yang berjarak tidak jauh dengan rumah. Cara menentukan jauh dan tidaknya rumah dengan sekolah, tentu saja dengan memanfaatkan teknologi dari Google yaitu Google Map. 

Baca Juga : Cara Mengganti Nama Link Google Form

Sistem zonasi pada PPDB tahun ini membutuhkan titik koordinat antara rumah dengan sekolah. Titik koordinat tersebut dapat diketahui jarak lokasi rumah dengan sekolah. Biasanya orang-orang mencari titik koordinat rumah dengan sekolah menggunakan aplikasi Google Maps. Titik koordinat tersebut biasanya juga dikenal dengan nama Latitude dan Longitude.

Banyak peserta didik baru yang belum mengenal apa aitu Latitude dan juga Longitude serta cara menentukan koordinat dari rumah dengan sekolah khususnya yang ada di aplikasi Google Map.  Sedikit informasi untuk Anda, titik Latitude dan Longitude ini biasanya disombolkan dengan deretan angka. 

Angka tersebut merupakan gambaran titik sebuah lokasi pada peta. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui mengenai cara mencari Latitude dan Longitude, bisa menyimak postingan berikut ini.

Apa itu Latitude dan Longitude?

Latitude dan Longitude merupakan konsep penting dalam sebuah proses pemetaan. Latitude biasanya disebut dengan garis lintang yang mana merupakan sebuah garis yang menentukan jarak dari kutub sebelah utara maupun selatan menuju garis khatulistiwa.

Baca Juga : Google Sites yang Paling Efektif Dalam Dunia Pendidikan 

Longitude biasanya disebut dengan garis bujur atau garis meridian. Garis Longitude ini membentang dari arah sebelah utara menuju ke selatan. Garis tersebut membagi bumi menjadi dua bagian, yaitu bagian timur dan bagian barat. 

Cara Mencari Koordinat Latitude dan Longitude di Google Map

Agar bisa mencari koordinat Latitide maupun Longitude dengan memanfaatkan laptop atau PC Anda. Bagaimana tata cara atau urutannya? Simak ulasan step by step nya berikut ini :

  • Silahkan buka browser atau peramban yang biasa Anda pakai.
  • Saran dari kami, silahkan pakai browser dari Google Chrome saja.
  • Silahkan masuk ke Google Map, atau Anda bisa klik link berikut ini.
  • Dengan bantuan kolom pencarian, silahkan cari titik lokasi Anda.
  • Apabila Anda sudah menemukannya, silahkan klik kanan. 
  • Silahkan klik “whats here” atau” Ada Apa Disini “.
  • Latitude atau Longitude beserta informasi lainnya akan muncul dengan tampilan pop up. 
  • Tampilan tersebut bisa Anda copy maupun disimpan.

Sangat mudah dan simple sebenarnya untuk bisa menentukan latitude maupun Longitude di Google Map dengan menggunakan sarana laptop atau PC.

Cara Mudah Mengukur Jarak Rumah Memakai Google Map

Untuk bisa mengukur jarak rumah memakai Google Map, Anda tinggal memilih saja. Mau menggunakan Laptop atau Smartphone. 

Nah, pada ulasan ini kami akan mengulik mengenai cara mudah mengukur jarak rumah dengan menggunakan aplikasi yang sudah ter install di smartphone yaitu Google Map. Bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini :

  • Silahkan buka aplikasi Google Map yang ada di smartphone Anda. 
  • Silahkan tentukan lokasi titik pertama yang akan di ukur.
  • Apabila sudah dilakukan, silahkan klik kanan kemudian pilih ukur jaraknya.
  • Kemudian silahkan klik atau pilih lokasi yang ke dua.
  • Jarak dari lokasi satu dan lokasi kedua sudah bisa Anda lihat pada keterangan.

Sangat mudah bukan? Demikian ulasan kami mengenai cara mencari Latitude dan Longitude yang benar beserta cara mengukur jarak rumah ke sekolah  dengan menggunakan aplikasi Google Map. Semoga bermanfaat untuk Anda.