Tidak Membayar Cicilan Kredivo : Sanksi Nomor 3 Mengerikan!

Apabila Anda sebagai pengguna Kredivo, jangan sampai tidak membayar cicilan kredivo ya, karena sanksi nomor 3 nya mengerikan banget. SImak ya!

Brodanni - Anda memiliki pinjaman di Kredivo tetapi tidak bisa membayarnya tepat waktu? Jika iya, hal ini akan memberikan dampak buruk bagi Anda. Selain akan ditagih dan akun diblokir, hutang juga akan semakin tinggi karena berbunga. Berikut adalah beberapa akibat kalau tidak membayar cicilan Kredivo.

Akibat Tidak Membayar Cicilan Kredivo

Dikenakan Denda Sesuai Ketentuan

Sanksi atau akibat yang akan Anda dapat jika tidak membayar cicilan tagihan di Kredivo adalah terkena denda dengan jumlah yang telah ditentukan. Biasanya, denda ini disesuaikan dengan banyaknya tagihan dan lama telat pembayaran. Keterlambatan ini akan berlaku kalau tagihan lebih dari 30 hari.

Baca Juga : Pengalaman Telat Bayar Kredivo : Begini Ceritanya!

Jadi, apabila Anda tidak membayar cicilan kepada Kredivo tepat waktu setelah tanggal jatuh tempo, maka akan dikenakan biaya denda sebesar 2,95% dari saldo atau tagihan yang belum dilunasi. Kemudian, biaya keterlambatan bisa sebesar 3% dari seluruh cicilan yang belum dilunasi.

Akun Terblokir

Resiko selanjutnya kalau Anda tidak membayar cicilan Kredivo tepat waktu adalah diblokirnya akun yang Anda miliki oleh pihak Kreduvo. Apabila hal tersebut terjadi, maka sementara waktu limit yang tersisa di Kredivo tidak akan bisa digunakan. Jika Anda ingin mengambil kredit lagi, maka harus melunasinya dulu.

Skor Kredit menurun

Kalau Anda sampai telat membayar hutang atau cicilan di Kredivo, maka skor kredit pada SLIK OJK nantinya akan ada catatan buruk. Kalau skor kredit tidak mencapai batas minimal, akan berpengaruh pada penggunaan akun Kredivo Anda.

Tidak Membayar Cicilan Kredivo

Kemungkinan untuk beberapa transaksi tidak akan disetujui oleh pihak Kredivo. Hal tersebut juga berpengaruh ke pengajuan kredit di masa depan. Saat ini Anda mungkin belum membutuhkan KPR dan lainnya, tetapi bisa saja pengajuan ditolak karena skor kredit Anda buruk.

Gangguan Aktivitas

Gangguan aktivitas disini maksudnya adalah munculnya penagihan oleh pihak kreditur atau pihak Kredivo sendiri. mulai dari menghubungi Anda lewat telepon, sampai mendatangkan orang untuk menagih pinjaman Anda supaya segera melunasi tagihan.

Memang cara menghubunginya bertahap, mulai pesan-pesan singkat ke nomor Anda. Kemudian, telepon berkala dari pihak customer service Kredivo. Baru kalau tidak ada tanggapan, akan ada pihak kreditur yang mencari Anda untuk menagih cicilan.

Tagihan Semakin Tinggi

Resiko selanjutnya yang akan Anda dapatkan adalah tagihan hutang akan semakin tinggi karena dikenakan biaya tambahan lainnya. Tidak hanya biaya denda dan biaya keterlambatan saja, tetapi biaya lainnya yang bisa membuat tagihan membengkak. Bahkan, menjadi 2x lipat daripada cicilan sebelumnya.

Cara Membayar Tagihan Kredivo

Jika Anda ingin melunasi cicilan atau tagihan di Kredivo caranya cukup mudah. Saat proses peminjaman, Kredivo akan memberikan pilihan cicilan 3 bulan, 6 bulan, dan sampai 12 bulan. Berikut ini cara bayar tagihannya.

Masuk Aplikasi Kredivo

Pertama-tama masuk terlebih dahulu ke aplikasi Kredivo. Kemudian, cari menu “Transaksi” lalu tekan “Bayar”. Ada beberapa daftar transaksi, pilih tagihan yang ingin Anda lunasi. Kemudian, Anda akan dialihkan pada metode pembayaran.

Lakukan Pembayaran lewat VA

Pilih pembayaran lewat channel VA. Anda bisa memilih melalui ATM/ e-banking supaya bisa melihat langsung jumlah tagihan. Lanjut untuk melakukan transaksi pembayaran. Kalau Anda tidak bisa melihat totalnya, nanti akan terlihat ketika Anda membayar lewat ATM.

Demikian beberapa risiko kalau Anda tidak membayar cicilan Kredivo. Cukup merugikan bukan? oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda membayarnya secara tepat waktu dan tidak sampai jatuh tempo. Cara pembayarannya juga cukup mudah, karena bisa melalui channel VA beberapa bank.