10 Contoh Kerajinan dari Serat Tumbuhan di Sekitar Kita

Ini dia 10 contoh kerajinan dari serat tumbuhan yang ada di sekitar lingkungan kita. Semoga bermanfaat dan juga menginspirasi buat Anda para pembaca.

Brodanni - Serat tumbuhan dikenal dengan sebutan serat alami. Jenis serat ini dapat diolah menjadi berbagai macam kerajinan. Kerajinan dari serat tumbuhan memiliki daya tarik tersendiri. Berikut 10 contoh kerajinan dari serat tumbuhan yang perlu Anda ketahui.

10 Contoh Kerajinan dari Serat Tumbuhan

Skamul dari Serat Eceng Gondok

Skamul dengan bahan serat eceng gondong merupakan kerajinan yang cukup populer dan cara pembuatannya juga sangat mudah. Pertama, siapkan pola skamul dengan ukuran yang sudah sesuai dengan kaki. Lalu, anyam serat eceng gondok ini hingga berbentuk skamul.

Tas dari Serat Daun Nanas

Langkah pertama untuk membuat tas dari serat daun nanas yaitu siapkan daun nanas yang sudah dikeringkan selama satu minggu sebelumnya. Kemudian, pastikan bahan tersebut tidak mengandung air lagi. Lalu, serat daun nanas dipotong menjadi memanjang. 

Setelah itu, siapkan pola tas yang diinginkan dan gunting lembaran daun nanas sesuai pola yang telah dibuat. Kemudian, anyam serat daun nanas mengikuti pola tas tersebut. Untuk bagian tali tas, Anda juga bisa menggunakan anyaman dari serat daun nanas.

Keset dari Serat Kelapa

Keset yang terbuat dsri serat buah kelapa memiliki daya serap air yang tinggi. Jadi tidak heran jika keset dari serat buah kelapa cukup populer untuk industri rumahan. Anda cukup menganyam serat kelapa hingga berbentuk keset, sesuai pola yang telah dibuat sebelumnya.

Bunga dari Serat Kulit Jagung

Anda dapat membuat pola terlebih dahulu sebelum menggunakan serat kulit jagung untuk membuat bunga. Pastikan pola yang dibuat memiliki ukuran standart. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar agar dapat dirangkai dengan mudah.

Dompet dari Serat Daun Pandan

Untuk membuat dompet dari serat daun pandan, Anda bisa menyiapkan dompet jadi dengan sampul depan yang masih polos tanpa motif. Kemudian, lapisi dompet tersebut dengan serat daun pandan agar terlihat estetik.

Tempat Pensil dari Serat Pohon Pisang

Cara membuat tempat pensil dari serat pohon pisang bisa diawali dengan membuat pola yang sebelumnya diukur dengan penggaris dan jangka. Lalu, bentuk pola tersebut menggunakan kertas karton. Setelah itu, lapisi bentuk pola kertas karton tersebut dengan serat pohon pisang. 

Boneka dari Serat Wol

10 contoh kerajinan dari serat tumbuhan berikutnya adalah boneka dari serat tumbuhan. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah buat bagian-bagian boneka secara terpisah sesuai pola yang sudah dibuat. Kemudian, satukan bagian-bagian yang terpisah tadi dengan teknik merajut.

Sapu dari Sabut Kelapa

Langkah yang bisa Anda terapkan untuk membuat sapu dari sabut kelapa, yang pertama adalah, pukul sabut kelapa hingga semua daging terlepas dan hanya menyisakan serat sabut. Kemudian, sikat sabut tersebut agar serabut yang pendek terlepas. Lalu, buat tali menggunakan serat yang pendek tadi. 

Baca Juga : Kilas Balik Shopee 2021 dan Review Fiturnya

Selanjutnya, ikat ujung serat panjang menggunakan tali dengan ukuran segenggam jari telunjuk. 4 akar serabut bisa menghasilkan 1 sapu. Setiap 1 ikat sabut, langsung ikatkan di ujung tangkai pada sapu. Setelah itu, gunakan bilah bambu ukuran sebagai bahunya.

Lalu, tusuk keempat ikatan sabut di bahu kiri serta kanan tangkai, dengan masing-masing 2 ikat. Kemudian, ikat ujung sabut bagian atas bahu tangkai.

Gelang dari Serat Rami

Cara membuat gelang dari serat rami cukup mudah. Pertama, ambil serat rami yang tipis secukupnya. Lalu, anyam hingga menjadi sebuah gelang. 

Bantal dari Serat Kapuk

Kapuk merupakan tanaman tropis dan berasal dari negara Amerika Tengah serta Selatan dan juga negara-negara Asia. Kapuk ini mirip dengan kapas. Namun, lebih sulit diolah menjadi benang karena memiliki sifat yang licin.

Langkah pertama untuk membuat bantal dengan menggunakan serat ini yaitu gunakan kain dengan pola yang sudah terbentuk. Kemudian, masukkan serat kapuk ke dalam kain tersebut. 

Demikianlah 10 contoh kerajinan dari serat tumbuhan yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Selain digunakan sendiri, Anda juga dapat mengembangkannya menjadi sebuah bisnis.