Format Undangan Via WhatsApp, Sopan dan Menarik

Mau mengundang teman di acara tententu vi WA tapi bingung gimana formatnya? Inilah format undangan via whatsapp yang sopan serta menarik.

Format Undangan Via WhatsApp - Dalam beberapa waktu belakangan, undangan yang dikirim secara online sedang mengalami tren. Artinya, undangan sekarang ini tidak melulu berupa fisik, tetapi dapat berbentuk tulisan yang dikirim lewat WhatsApp, SMS, dan media sosial lainnya. Mulai dari undangan pernikahan islami, khitanan, dan sebagainya.

Format Undangan Via WhatsApp

Terlebih mengirim undangan pernikahan saat pandemi secara online lewat WA dapat sekaligus mengurangi mobilitas atau bahkan mengurangi pengeluaran. Namun, perlu Anda pahami format undangan via Whatsapp yang sopan.

Begini Format Undangan Via WhatsApp

Cara membuat undangan lewat WA sebenarnya cukup mudah. Namun, ada yang perlu diperhatikan betul-betul supaya tetap berterima. Yang terpenting adalah tetap memperhatikan aspek kebahasaan dan kejelasan informasi. Bahasa yang digunakan dalam undangan pernikahan ataupun khitanan sebaiknya:

1. Memakai bahasa Indonesia

Ketika menulis undangan online, sebaiknya mengutamakan bahasa Indonesia. Pasalnya, orang-orang lebih memahami bahasa Indonesia. Sebenarnya bukan masalah kalau menggunakan bahasa daerah atau bahkan bahasa asing, tetapi kalau undangan tersebut ditujukan kepada orang-orang tertentu. 

2. Memperhatikan Pemilihan Kata atau Diksi

Setelah menentukan bahasa yang digunakan, format undangan via WhatsApp harus memperhatikan diksi atau pilihan katanya. Pemilihan kata sebaiknya menyesuaikan penerima undangan dan konsep acaranya. Kalau undangannya ditujukan kepada teman, sangat boleh menggunakan ragam bahasa santai. 

Halnya berbeda kalau undangan tersebut ditujukan kepada guru atau orang-orang yang dihormati, maka sebaiknya menggunakan ragam bahasa formal. Dari segi konsep acaranya, kalau undangan pernikahan online islami atau pun khitanan, maka disarankan untuk menggunakan kalimat berunsur agama. 

Selain memperhatikan pemilihan bahasa dan ragamnya, satu lagi aspek yang perlu diperhatikan dalam cara mengundang melalui WA ialah kejelasan informasi. Undangan yang berbentuk fisik maupun online, sama-sama wajib memuat informasi secara jelas. 

Baca Juga : Cara Setting Whatsapp di Hp Android Terbaru 2022

Hal itu dapat dilihat dari kejelasan acara, waktu, dan di mana tempat acaranya. Sangat disarankan informasi tersebut disampaikan secara lugas dan tidak bertele-tele. Hal itu perlu diperhatikan dengan tujuan tidak menimbulkan kebingungan oleh penerima undangan, baik melalui WA ataupun SMS.

Contoh Undangan Pernikahan via WhatsApp Kepada Teman

Format undangan via WhatsApp untuk sebuah acara pernikahan perlu disesuaikan penerima undangannya. Yang pertama, disajikan contoh undangan untuk teman.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Teman-teman yang saya cintai, bersama pesan ini, saya hendak menyampaikan kabar yang membahagiakan. Saya berniat mengajak teman-teman ke acara pernikahan saya pada:

hari, tanggal : 24 Agustus 2022

waktu : 19.00 WITA

tempat : rumah saya, Jalan Kinameng Nomor 14, Plumpang, Kabupaten Tuban.

Saya sangat mengharapkan kedatangan teman-teman di acara pernikahan saya. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Undangan Pernikahan via WhatsApp untuk Orang Penting

Format undangan via WhatsApp yang dikhususkan untuk orang-orang penting sangat berbeda dibandingkan untuk teman sejawat. Pasalnya, penggunaan bahasa harus lebih formal tanpa mengurangi rasa homat. Selain itu, alangkah baiknya Anda juga menyampaikan permohonan maaf jika telah mengganggu waktunya sebelum mengirim undangan.

Kepada: Ibu Lurah Sukomulyo

Hal : Undangan Pernikahan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Melalui undangan ini, saya mengundang Ibu Lurah untuk menghadiri akad pernikahan kami.

Ahmad & Siti

Akad pernikahan rencananya dihelat pada:

hari, tanggal : Sabtu, 7 Agustus 2022

waktu : 19.30 WIB

tempat : Masjid Ar-rahman,  Kelurahan Sukomulyo, Menganti, Gresik.

Demikian undangan ini disampaikan. Kami benar-benar mengharapkan kehadiran Ibu pada acara membahagiakan ini. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Undangan Khitanan via WhatsApp

Format undangan via WhatsApp untuk hajat khitanan ini sedikit berbeda pernikahan. Cara mengundang melalui WA untuk acara khitanan biasanya mengandung unsur islami.

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan mengharapkan rida Allah SWT, kami berniat menggelar khitanan putra kami, “Ahmad Sanusi”, pada:

hari, tanggal : Kamis, 12 Desember 2022

waktu : 08.00 WIB-selesai

tempat : rumah kami di Jalan Sawo Nomor 9, Kamal, Kabupaten Bangkalan

Kami merasa terhormat sekaligus bahagia apabila Bapak/Ibu berkenan menghadiri acara ini. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Nah, begitulah format undangan via WhatsApp dalam rangka pernikahan atau pun khitanan beserta contohnya. Format tersebut juga boleh Anda gunakan lewat SMS atau pun online di media sosial. Semoga bermanfaat.