Cara Membuat Akun KIP Kuliah 2022 Beserta Cara Pengisiannya yang Benar

Inilah Cara Membuat Akun KIP Kuliah 2022 Beserta Cara Pengisiannya yang Benar, semoga bermanfaat untuk Anda para pembaca semuanya. Di simak ya!

Cara Membuat Akun KIP Kuliah 2022 – Kartu Indonesia Pintar atau KIP per tanggal 2 Februari 2022 ini resmi dibuka. Untuk para pembaca yang notabene berstatus sebagai calon mahasiswa bisa segera mendaftarkan diri untuk bisa mendapatkan bantuan atau beasiswa ini agar bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta dengan bebas biaya alias gratis.

cara membuat akun kip kuliah 2022

Beasiswa KIP ini mencakup biaya kuliah yang gratis, tiap semesternya mendapat biaya hidup hingga kelulusan S1 kelak. Pendaftaran KIP kuliah ini bisa dilakukan oleh Anda calon mahasiswa secara mandiri dan secara daring. 

Baca Juga : Google Sites yang Paling Efektif Dalam Dunia Pendidikan

Menurut Tim Teknis Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan atau Puslapdik seperti yang dilansir oleh Detik.com, dalam waktu dekat ini Puslapdik akan segera merilis mobile apps KIP Kuliah yang bisa Anda download di Play Store bagi para pengguna Smarphone Android.

Hal yang Perlu Disiapkan untuk Membuat Akun KIP Kuliah 2022

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh calon mahasiswa sebelum mendaftar dan membuat katu KIP ini, beberapa diantaranya :

  • NIK ( Nomor Induk Kependudukan)
  • NISN ( Nomor Induk Siswa Nasional)
  • Gmail yang masih aktif

Tahapan Membuat Akun KIP Kuliah 2022 dan cara Mengisinya

Untuk Anda calon mahasiswa bisa mengikuti panduan berikut ini untuk bisa membuat serta mengisi Akun KIP Kuliah :

  1. Silahkan kunjungi web kip-kuliah.kemdikbud.go.id
  2. Apabila Anda sudah memiliki akun tahun 2020 atau 2021, bisa langsung klik masuk
  3. Apabila Anda belum memiliki akun 2020 atau 2021, Anda langsung bisa klik daftar
  4. Silahkan buat akun dengan mengisi data berupa NIK, NISN dan NPSN
  5. Silahkan isi dengan email yang masih aktif untuk pengiriman akun. Dalam hal ini disarankan menggunakan Gmail (Produk Google)
  6. Silahkan buka email yang dikirimkan oleh KIP Kuliah kemudian login di laman web KIP Kuliah tadi. Email tersebut akan dikirimkan dalam rentang waktu 1 x 24 jam
  7. Akan muncul beberapa tab atau komponen seperti biodata, keluarga, prestasi dan juga rencana. Tab atau komponen tersebut akan muncul apabila Anda sudah login dan status akun Anda sudah Terdata DTKS ( Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)
  8. Apabila sudah terdata oleh DTKS di Kemensos tetapi di halaman web KIP Kuliah teridentifikasi belum terdata DTKS, Anda bisa mengkilik tombol sinkronisasi yang berada di kanan atas untuk bisa melakukan pengecekan sistem ke DTKS berdasarkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK
  9. Silahkan melompat ke poin 17 apabila belum terdata DTKS Kemensos 
  10. Silahkan isi tab komponen biodata dengan benar. Beberapa data primer yang muncul diambil dari Dapodik dan EMIS. Apabila data yang muncul tidak sesuai dengan Anda, silahkan hubungi operator sekolah masing-masing.
  11. Apabila siswa pendaftar sudah dinyatakan lulus, revisi mandiri di halaman web https://pd.data.kemdikbud.go.id/vervalLulusan/
  12. Anda bisa mengkilik tombol Sinkronisasi Ulang Dapodik apabila sudah melakukan revisi data Dapodik atau EMIS
  13. Silahkan diisi tab komponen keluarga dengan informasi yang sebenarnya
  14. Silahkan diisi tab komponen prestasi dengan 3 prestasi yang menurut Anda paling unggul
  15. Silahkan diisi tab rencana dengan detail dan sesuai dengan keadaan  yang sebenarnya
  16. Apabila Tab di atas sudah terisi semuanya, makan akan muncul tab seleksi . Sialhakn klik daftar untuk bisa mendaftar pada semua jalur seleksi 
  17. Tab komponen Cetak Kartu Peserta dan Cetak Formulir akan muncul apabila semua berkas dinyatakan lengkap. Cetak kartu Peserta dan Cetak Formulis tersebut akan bermanfaat pada saat registrasi ulang, dengan catatan Anda diterima di PTN/PTS dengan KIP Kuliah ini.
  18. Di dalam kartu peserta KIP Kuliah tersebut ada informasi berupa nomor KIP Kuliah, Nomor Kartu Keluarga Sejahtera beserta informasi DTKS beruap terdaftar apa tidaknya. 
  19. Harap diperhatikan apabila tab komponen ekonomi, rumah dan aset muncul itu berarti Anda belum terdata di DTKS Kemensos 
  20. Silahkan isikan data terkait dengan data ekonomi, perkuat dengan data pendukung keadaan ekonomi dari desa atau lainnya.
  21. Silahkan isikan data tempat tinggal/rumah beserta foto yang sesuai dengan keadaan sebenarnya. Hal ini dilakukan untuk langkah antisipasi validasi dari perguruan tinggi terkait 
  22. Jangan lupa isikan juga data Aset dengan informasi yang sebenar-benarnya seperti barang berharga, logam berharga, kendaraan bermotor dan lainya. 

Adapun mengenai validasi yang dilakukan oleh perguruan tinggi dilakukan dengan melihat dari data yang terlampir atau terlihat pada nomor KIP, KKS dan status DTKS.

Apabila tidak memiliki salah satunya maka maka validasi dilakukan berdasarkan status ekonomi yang bersangkutan, sesuai yang diinput siswa dan juga akan dilakukan peninjauan ke lokasi dengan cara mengambil sampel. 

Hal yang perlu Anda perhatikan apabila siswa sudah terdata dan juga sudah terdaftar di DTKS tapi belum teridentifikasi di halaman web KIP Kuliah,  sinkronisasi hanya dilakukan sekali klik saja dan jangan dilakukan berkali-kali klik.   

Apabila ada kesulitan dalam pembuatan Akun KIP Kuliah 2022, Anda bisa menyampaikan keluhan terkait kesulitan yang sedang dihadapi melalui Help Desk yang berada di bagian pojok kanan halaman web KIP Kuliah tersebut.

Demikian ulasan Brodanni mengenai Cara Membuat Akun KIP Kuliah 2022 Beserta Cara Pengisiannya yang Benar, semoga bermanfaat untuk Anda para pembaca semuanya.