Cara Membuat Analisis SWOT Diri Sendiri Serta Strategi Pendukungnya

Cara membuat analisis swot diri sendiri tidak susah. Caranya cukup mudah. Untuk kamu yang sedang mencari informasi, kalian beruntung ada di blog ini

Cara membuat analisis swot diri sendiri tidaklah susah. Caranya cukup mudah. Untuk kalian yang sedang mencari informasi soal cara membuat analisis swot diri sendiri, artikel kami kali ini mungkin akan membantu.

Perlu kalian ketahui dulu sebelumnya bahwasannya analisis SWOT sendiri sangat besar manfaatnya untuk proses improvement terhadap diri kalian.

Cara Membuat Analisis SWOT Diri Sendiri

Analisis SWOT akan membantu kalian untuk mengenal diri sendiri lebih jauh dari sebelumnya. Dengan mengetahui diri kalian itu seperti apa maka dalam dunia bisnis dan kewirausahaan dapat semakin meningkatkan nilai diri kalian sendiri di mata rekan bisnis lainnya.

Baca Juga : Analisis SWOT Diri Sendiri dan Strateginya Disertai dengan Contoh

Untuk melakukan analisis SWOT terhadap diri sendiri ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Mari kita mulai pembahasan cara membuat analisis swot diri sendiri berikut ini:

Menjabarkan 4 Unsur Dari Analisis SWOT

Seperti yang sama - sama kita ketahui bahwasannya analisis SWOT terdiri dari 4 unsur penting di dalam menganalisa sebuah subject. 

Ke 4 unsur tersebut adalah sebagai berikut:

Analisis ‘Strength’ 

Unsur dari kekuatan atau keunggulan yang dimiliki baik diri kalian sendiri, produk, maupun perusahaan saat ini.

Analisis ‘Weakness’ 

Unsur dari kelemahan yang dimiliki atau dirasakan oleh kalian sendiri, produk, atau perusahaan yang diperkirakan dapat menghambat jalannya proses untuk mencapai sebuah goal atau kemajuan tertentu.

Analisis ‘Opportunity’ 

Ini adalah unsur yang bisa menjadi sebuah peluang yang dapat membantu proses pengembangan atau pencapaian dari visi dan misi diri kalian di masa mendatang dengan bantuan dari unsur kekuatan (strength) sebelumnya.

Analisis ‘Threat’ 

Sebuah unsur untuk kita dapat melihat ancaman - ancaman yang mungkin akan berpotensi menjadi kelemahan di diri kita.

Dari ke 4 unsur tersebut coba kalian tentukan dahulu apa tujuan yang ingin diri kalian capai dalam hidup kalian masing - masing.

Dari sana, jujurlah pada diri sendiri kemudian jabarkan satu persatu ke 4 unsur tersebut diatas sesuai dengan kondisi kalian sendiri saat ini.

Setelah kalian menyelesaikan penjabaran ke empat unsur tersebut maka kalian dapat melihat bagaimana kondisi kalian saat ini untuk mencapai tujuan yang telah kalian tentukan sebelumnya.

Mana bagian yang harus kalian improve? Apa saja solusi yang ingin kalian ambil untuk menutupi segala kekurangan? Apa saja yang harus diperbaiki dalam hubungannya kalian menggapai tujuan tersebut?

Untuk mendapatkan jawabannya kalian dapat memakai 4 strategi SWOT pada pembahasan kami selanjutnya

Strategi Untuk Membuat Kesimpulan Analisis SWOT Diri Sendiri

Langkah selanjutnya adalah kalian harus membuat kesimpulan berupa strategi apa yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan kalian tersebut.

Terdapat 4 jenis strategi untuk memaksimalkan 4 unsur SWOT tersebut. Berikut adalah penjelasan perihal strategi tersebut:

SO - STRATEGI (Strength dan Opportunity) 

Strategi ini adalah pemanfaatan dari hasil evaluasi keunggulan serta peluang yang dimiliki. Untuk memakai strategi ini kalian harus memanfaatkan serta memaksimalkan semua keunggulan yang dimiliki dengan tujuan untuk mendapatkan peluang yang sebesar-besarnya dan peluang yang terbaik. Strategi ini fokus dengan memakai kekuatan dari internal untuk mendapatkan peluang dari eksternal diri kalian masing - masing.

ST - STRATEGI (Strength dan Threat)

Untuk strategi ini kalian akan menggunakan kekuatan atau keunggulan diri masing - masing untuk dapat mengatasi segala bentuk ancaman yang mungkin saja terjadi di depan. Dengan melihat evaluasi ancaman yang sudah kalian buat, maka kalian akan memfokuskan keunggulan mana dari diri kalian yang bisa menghadapi ancaman tersebut.

WO - STRATEGI (Weakness dan Opportunity) 

Strategi WO ini Memaksimalkan dan memanfaatkan segala peluang yang ada di depan kalian dengan cara meminimalisir terjadinya kelemahan untuk menjauhi segala kegagalan. Strategi WO berfokus pada memperbaiki kelemahan internal kalian masing - masing dengan memanfaatkan semua peluang eksternal yang ada.

WT - STRATEGI (Weakness dan Threat)

Untuk strategi ini dibuat berdasar atas evaluasi dari kelemahan serta ancaman yang ada. Sifat defensif merupakan dasar dari strategi ini, yaitu dimana kalian akan meminimalisir kelemahan kalian dengan menghindari segala bentuk ancaman yang kemungkinan besar terjadi dan membuat kalian gagal dalam mencapai tujuan tertentu. Tujuan utama strategi ini adalah untuk mengurangi kelemahan internal diri kalian dengan cara menghindari ancaman eksternal yang mungkin menghadang.

Dengan kalian menggunakan keempat strategi diatas, kalian akan menjadi jauh lebih siap dalam menghadapi dirimu sendiri selama proses untuk mencapai tujuan kalian masing - masing.

Demikianlah cara membuat analisis swot diri sendiri untuk kalian menjalani proses untuk mencapai tujuan kalian masing - masing. Silahkan kalian coba aplikasikan ke kasus - kasus sederhana untuk semakin menajamkan analisis kalian terhadap diri kalian masing - masing.