Analisa Modal Usaha Laundry Beserta Hitungan Matematisnya

Bagi Anda yang berniat membuka jasa usaha laundry, inilah analisa modal usaha laundry beserta hitungan matematisnya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Analisa Modal Usaha Laundry - Seiring waktu berjalan usaha laundry terus mengalami peningkatan, hal ini di karenakan pertumbuhan penduduk yang juga terus meningkat. Berbagai aktifitas yang menuntut masyarakat untuk berkegiatan membuat kesibukan setiap harinya sulit di hindarkan, ini pun membuat bisnis ini subur di berbagai tempat.

Analisa Modal Usaha Laundry

Bagi Anda yang tidak ingin melewatkan kesempatan untuk menghasilkan keuntungan, tentunya harus segera berfikir cepat untuk ikut juga memulai menjalankan bisnis laundry ini di wilayah setempat. Terlebih untuk modal usaha laundry ini juga terbilang tidak begitu menguras biaya. Anda bisa menyimak dengan seksama mengenai artikel analisa modal usaha laundry dari kami ini. 

Apabila sebelumnya Anda merasa penasaran akan analisa perkiraan modal yang perlu di keluarkan serta gambaran keuntungan yang bisa di dapatkan, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai bagaimana analisa modal usaha laundry beserta hitung-hitungan matematisnya. Semoga bisa menambah wawasan Anda ataupun membantu Anda yang sedang membangun niat untuk membuka jasa laindry.

Analisa Perkiraan Modal Usaha Laundry

Perlu di ketahui terlebih dahulu sekarang ini terdapat banyak pilihan jenis mesin cuci di pasaran, dari mulai yang khusus diperuntukan sebagai mesin usaha laundry, hingga mesin cuci untuk keperluan rumah tangga biasa. 

Sebetulnya keduanya dapat di pergunakan, namun yang membedakan adalah kapasitas menampung cucian serta daya tahan. Untuk menjalankan bisnis, tentunya mesin akan di pergunakan secara terus menerus, apalagi sistim usaha laundry ini kebanyakan di hitung berdasarkan kiloan, maka beban kerja mesin pastinya akan lebih besar. 

Baca Juga : Rekomendasi Mesin Cuci Untuk Usaha Laundry : Ini Daftarnya!

Oleh sebab itu akan terdapat perbedaan angka yang besar untuk membuka usaha laundry jika menggunakan mesin cuci biasa dengan mesin yang memang di peruntukan untuk usaha. Sebabnya perbedaan harga di antara keduanya terpaut cukup besar, rentang harganya dari mulai angka satu jutaan hingga puluhan juta per unitnya. 

Rincian Perkiraan Modal untuk Menjalankan Usaha Laundry

Mesin 

  • Mesin Cuci 2 tabung termasuk pengering (kapasitas
  • 20kg) Rp. 1.500.000
  • Setrika uap Rp. 500.000
  • Timbangan kapasitas 30 Kg Rp. 300.000

Peralatan Pendukung

  • Detergent, penghilang noda, pewangi, pelicin setrika -+10 Kg Rp. 500.000
  • Peralatan Lain ( ember, keranjang, sikat gantungan baju,
  • plastik, dan sebagainya ) -+ Rp. 1.000.000
Peralatan Promosi

  • Spanduk, brosur, -+ Rp. 500.000
Total Perkiraan Modal Rp. 4.300.000

Biaya Oprasional

  • Gaji Pegawai 1 orang -+ Rp. 800.000/bulan
  • Biaya Listrik Dan Air -+ Rp. 500.000/bulan
Total Biaya Oprasional per bulan Rp. 1.300.000

Jumlah-jumlah di atas hanya berupa perkiraan saja, tentu nilainya masih bisa menjadi lebih besar ataupun sebaliknya. Angka tersebut juga belum termasuk biaya modal pengadaan tempat serta berbagai persiapan biaya penataan ruangan, dalam hal ini kita bisa memakai tempat sendiri maupun dengan menyewa tempat usaha. 

Analisa Keuntungan Usaha Laundry

Saat ini ongkos jasa untuk laundry kiloan berkisar sekitar 5000 hingga 6000 rupiah perkilonya untuk pakaian biasa. Tarif akan berbeda untuk jasa mencuci barang lain seperti sprei, bed cover, karpet, gorden dan lainnya yang biasanya di hitung 10.000 – 15.000/potongnya ( tergantung ukuran ). 

Untuk memudahkan memperkirakan keuntungan yang bisa di dapat, jika dalam satu hari kita mampu menerima order 20 kg pakaian, maka angka 120.000  bisa di dapat ( 6000 x 20 ). Jika dikalikan dalam satu bulan jumlah nya bisa mencapai Rp. 3.000.000 rupiah ( 120.000 x 25 hari ).

Keuntungan di atas juga baru kita hitung jika hanya memiliki 1 unit mesin cuci saja, kapasitas mencuci perharinya masih bisa di tingkatkan dengan menyiapkan unit mesin tambahan. Namun tentu saja sebelumnya kita harus menarik calon pelanggan lebih banyak, sehingga keuntungan bisa berlipat dari jumlah di atas.

Demikian ulasan mengenai analisa modal usaha laundry kiloan. Untuk mendapatkan pelanggan dalam jumlah besar maka penentuan tempat lokasi dimana usaha didirikan juga akan sangat menentukan. Umumnya daerah seperti wilayah kos-kosan pelajar, karyawan, hingga daerah perumahan menjadi lokasi strategis untuk menjalankan usaha ini