Cara Transfer Saldo Google Play ke Gopay : Gak Ada 2 Menit!

Cara transfer saldo Google Play ke Gopay yang mudah bisa dijadikan salah satu metode untuk melakukan top up akun Gopay, simak ulasannya berikut ini

Brodanni - Cara transfer saldo Google Play ke Gopay yang mudah bisa dijadikan salah satu metode untuk melakukan top up akun Gopay. Dengan cara tersebut, Anda bisa melakukan berbagai macam keperluan transaksi dengan akun Gopay yang berisi cukup saldo. 

Cara Transfer Saldo Google Play ke Gopay
transfer saldo google play ke gopay

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mentransfer saldo ke Gopay, seperti dari ATM dan berbagai e-wallet, dan salah satunya adalah mentransfer saldo dari Google Play. Untuk cara dan penjelasan lengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

Apa Itu Gopay? 

Gopay adalah aplikasi yang sedang trend untuk metode pembayaran elektronik. Gopay merupakan sub aplikasi dari aplikasi Gojek. Dengan mengisi saldo ke akun Gopay, maka Anda bisa memakai saldo tersebut untuk berbagai hal.

Baca Juga : Tidak Bisa Install Aplikasi di Playstore : Ini Solusi Jitunya!

Contohnya saja untuk membayar GoFood, GoRide, GoCar, GoSend, bahkan untuk membeli aplikasi di Play Store. Aplikasi Gopay sangat bemanfaat sebagai layanan keuangan elektronik. Belum lagi banyak sekali promo dan cashback yang diberikan oleh aplikasi tersebut. 

Jadi, sebelum menerapkan cara ini, maka Anda harus sudah memiliki aplikasi Gojek. Pasalnya Gopay berada dalam aplikasi Gojek. Jika belum menginstal dan mengaktifkan akun Gojek dan Gopay, maka silahkan untuk memasang dan mengaktifkannya terlebih dahulu di perangkat mobile Anda. 

Secara otomatis, akun Gopay akan muncul dengan data yang sesuai dengan akun Gojek, namun untuk mengaktifkannya perlu membuat pin Gopay sendiri. Menu Gopay sendiri berada di halaman awal aplikasi Gojek. Pada menu Gopay, Anda bisa membayar, melakukan top up, dan mengatur settingan yang dibutuhkan. 

Cara Menghubungkan Gopay dengan Google Play

Membuka Google Play Store

Pertama-tama buka terlebih dahulu akun Google Play Store pada perangkat Anda. Setelah itu klik ikon garis tiga pada pojok kiri atas. Berbagai submenu atau fitur akan ditampilkan, pilih saja menu “Metode Pembayaan”. 

Setelah mengklik menu Metode Pembayaran, selanjutnya langsung pilih opsi “Tambahkan Gopay”. Hal itu untuk memulai aktivasi. Pada bagian tersebut, banyak opsi-opsi lain yang bisa dipilih, seperti aktivasi kartu kredit dan debit serta pulsa prabayar dan pascabayar. 

Aktivasi Gopay

Sesudah menambahkan menu pembayaran Gopay pada Google Play, lanjutkan langkah transfer saldo dengan klik Lanjut. Halaman berikutnya akan menampilkan pemasukan pin Gopay. Silakan memasukkan pin Gopay milik Anda yang aktif. 

Baca Juga : Cara Top Up Gopay BCA via ATM dan Mobile Banking

Jika pemasukan pin Gopay sudah benar, maka notifikasi behasil akan muncul. Setelah itu, saldo Gopay tersebut dapat digunakan untuk membayar berbagai keperluan secara online. Tentunya akun Gopay harus diisi saldo yang mencukupi sebelum digunakan.

Cara Melakukan Transfer Saldo

Lalu, bagaimana cara transfer saldo Google Play ke Gopay setelah semua langkah-langkah di atas berhasil dilakukan? Langsung saja masuk ke menu Metode Pembayaran pada Google Play. Setelah itu, jumlah saldo Google Play akan muncul.

Langkah berikutnya, pilih “Uangkan” dan tulis jumlah saldo Google Play yang akan ditransfer ke saldo Gopay. Jika sudah, konfirmasi perintah tersebut dengan klik tombol “Transfer”. Jika proses transfer behasil, maka notifikasi akan ditampilkan.

Setelah itu, Anda bisa mengecek jumlah saldo di akun Gopay Anda apakah sudah tertambah atau tidak. Apabila ingin langsung memakai saldo tersebut, langsung saja klik “Buy” untuk melakukan transaksi dengan saldo Gopay. 

Penjelasan tentang cara transfer saldo Google Play ke Gopay di atas cukup mudah bukan? Masih banyak metode top up Gopay lain yang juga mudah dan cepat, seperti melalui ritel (Indomaret atau Alfamart), ATM, dan layanan e-wallet lainnya seperti OVO, Dana, dan ShopeePay.