Aplikasi BOP 2021: Review dan Cara Menggunakan

Fungsi dari aplikasi BOP 2021 adalah sebagai platform untuk mengolah data, nominal SK, lembar kerja himpunan rekap proposal, laporan Bantuan Operasion

Aplikasi BOP 2021 - Aplikasi online tidak hanya tentang permainan dan keuangan tetapi juga pendidikan, banyak yang sudah menggunakan aplikasi berbasis online.

Aplikasi BOP 2021
cara login aplikasi bop 2021

Salah satunya adalah BOP atau Bantuan Operasional Penyelenggara, bagi yang sudah eksis di dunia pendidikan khususnya jenjang pendidik dan guru PAUD tentunya tidak asing lagi dengan penerapan BOP 2021.

Aplikasi ini sangat penting bagi mereka yang berkecimpung di dunia pendidikan anak usia dini, aplikasi ini hadir sebagai aplikasi terbaru dari aplikasi BOP oleh Kemendikbud untuk kesetaraan pendidikan dan jenjang PAUD.

Fungsi dari aplikasi BOP 2021 adalah sebagai platform untuk mengolah data, nominal SK, lembar kerja himpunan rekap proposal, laporan Bantuan Operasional Penyelenggara, pencairan dana bantuan, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya aplikasi ini tidak dalam bentuk aplikasi melainkan lebih ke sebuah situs atau website yang bisa diakses di berbagai perangkat. Jika Anda ingin menginstalnya melalui laptop, PC, ponsel, tablet, dll dengan menggunakan alamat resmi BOP 2021.

Review Aplikasi BOP 2021

Dukungan aplikasi ini diberikan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada staf dan guru PAUD. BOP sendiri ditransfer langsung ke rekening dana PAUD dan program ini sudah berjalan sejak lama. Selain BOP yang sebenarnya, sekolah juga berhak atas BOS dan keduanya sangat dibutuhkan oleh sekolah.

Alokasi dana operasional tersebut dapat digunakan untuk beberapa tujuan, antara lain penerimaan siswa baru, pengembangan perpustakaan, pelaksanaan kegiatan pendidikan dan ekstrakurikuler, pelaksanaan penilaian pembelajaran, administrasi sekolah, pengembangan profesional guru dan staf, pembiayaan listrik dan pelayanan, pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah, penyediaan sarana multimedia pendidikan, dan penyelenggaraan acara untuk meningkatkan kualifikasi tenaga ahli.

Aplikasi ini sangat membantu setiap sekolah dalam memberikan laporan keuangan dan kegiatan tanpa harus repot. Sebenarnya tidak mengirim file laporan, tetapi harus memasukkannya. Pengiriman BOP Online merupakan pengiriman data non fisik. Namun, data dikirim langsung dengan memasukkan rincian beberapa informasi terkait pelaporan dalam waktu 3 bulan setelah sekolah melakukan proses belajar-mengajar.

Data yang diinput harus sesuai dengan data yang sebenarnya, hal ini dikarenakan jika jumlah data yang diinput kurang atau lebih dapat menjadi kendala dalam pembayaran BOP sekolah kedepannya, sehingga tentunya akan menjadi masalah di kemudian hari. Oleh karena itu, kita harus lebih berhati-hati dalam memasukkan detail data sebelum menyimpan data dan melaporkannya ke aplikasi.

Kita juga bisa mengecek setiap kali kita memasukkan data sebelum menyimpannya agar lebih teliti. Pertama, kita perlu memeriksa detail tampilan yang disimpan dan dibuat oleh aplikasi. Jika Anda ingin memasukkan data BOP online sekolah Anda, mungkin ada beberapa persiapan dan langkah.

Kita bisa melihat betapa mudah dan sulitnya mengisi data, memasukkan jumlah data yang digunakan. Namun, kesalahan kecil sekecil apa pun dapat mempengaruhi masa depan sekolah yang akan mengalami keterlambatan atau kesulitan dalam pencairan dana tahap selanjutnya.

Cara Menggunakan Aplikasi BOP 2021

Bagi yang menjadi pendidik pemerataan pendidikan dan pendidikan anak usia dini harus mengetahui cara kerja atau cara menggunakan aplikasi ini agar tidak salah dan bingung ketika diberikan kewenangan untuk mengelola data yang ada di aplikasi BOP 2021, berikut langkah-langkahnya yang bisa diikuti untuk menggunakan aplikasi ini:

  1. Buka website BOP 2021 dengan klik link https://bop.kemdikbud.go.id
  2. Setelah masuk, klik SSO dan login ke aplikasi BOP dengan memasukkan username dan password.
  3. Dalam aplikasi ini kita bisa menggunakan dua menu yang bisa dibilang penting yaitu menu data laporan dan menu data perencanaan.
  4. Klik menu data perencanaan dan gulir ke bawah.
  5. Setelah itu akan muncul form rencana kegiatan anggaran satuan yang bisa diisi, isi sesuai kebutuhan dan jangan lupa klik simpan.
  6. Kemudian klik menu data laporan, atur detail penggunaan data dan selesai.

Itulah informasi Cara Penggunaan Aplikasi BOP 2021. Disini Anda tidak perlu khawatir, karena biasanya sosialisasi dan pengisian BOP akan dilakukan oleh instansi secara detail sehingga para pendidik tidak kesulitan dalam menggunakan aplikasi ini. Kita dapat pergi dan melihat dokumen FAQ di situs untuk pertanyaan dan penggunaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat!