Syarat Menjadi Devoleper Perumahan yang Handal

Dunia bisnis terutama properti memang sangat menjanjikan.Anda berminat menjadi seorang developer?Begini syarat menjadi developer yang handa.

Syarat Menjadi Developer Perumahan - Apakah Anda tahu cara belajar menjadi pengembang real estate? Menciptakan sebuah bisnis harus memiliki tekad yang kuat di setiap langkahnya. Setiap kali Anda memulai bisnis, Anda juga harus memiliki taktik yang selalu berkembang setiap hari agar konsisten dan tahan lama. 

Belajar memulai bisnis memang tidak mudah, mulai dari belajar bisnis kecil dengan modal ratusan ribu hingga bisnis besar yang membutuhkan modal jutaan, seperti belajar menjadi developer perumahan. Menjadi pengembang real estate membutuhkan modal yang besar. Namun, memiliki modal jutaan ternyata bisa menghasilkan omset miliaran dengan menjadi pengembang perumahan jika kita serius dalam bidang itu. Menjadi pengembang perumahan tidak boleh dilakukan sendiri. 

syarat menjadi developer perumahan

Harus ada rekan agar bisnis pembangunan perumahan bisa dibicarakan dengan dingin. Salah satu alasan lain yang mengharuskan pengembang untuk tidak membuka usaha sendiri adalah mencari modal yang tidak terlalu besar. Jika berbisnis bersama, otomatis modal tidak akan terlalu besar dari diri sendiri karena dibagi-bagi. Menjadi Developer Perumahan ternyata hanya bisa menyediakan modal jutaan. Jangan salah, modal jutaan rupiah bisa menghasilkan omset miliaran rupiah.

Baca Juga : Memulai Bisnis Properti Skala Kecil : Begini Caranya!

Bagaimana caranya? Kami akan melihat beberapa tips untuk memulai bisnis developer perumahan. Banyak juga asumsi yang meragukan bagi calon pengembang untuk membuat bisnis perumahan karena modal usaha yang mencapai miliaran terlalu berat. 

Tidak adanya sekolah formal, takut terlalu banyak modal jika berbisnis sendiri, kurangnya pengetahuan tentang developer, dan tidak adanya ruang konsultasi untuk memulai bisnis, adalah beberapa ketakutan para calon developer untuk memulai bisnisnya.

Persyaratan untuk menjadi developer

Memiliki minimal 5.000 m² lahan kosong untuk lokasi konstruksi.

Tanah yang diusulkan memiliki legalitas resmi.

Menyerahkan lokasi lengkap tanah yang diusulkan untuk survei terlebih dahulu.

Apa saja Tips Menjadi seorang  Developer?

SyaratMenjadi Developer Perumahan yang Jitu

Mencoba belajar menjadi pengembang perumahan tidaklah mudah, apalagi hanya mengeluarkan modal jutaan. Namun, beberapa tips aman bagi developer pemula bisa dijadikan panduan agar bisnis properti kita berjalan lancar tanpa kendala. Beberapa tips untuk menjadi pengembang pemula adalah sebagai berikut.

1. Belajar banyak

Ingin mencoba bisnis apapun, kita sebagai pemula harus banyak belajar, apalagi jika ingin mencoba bisnis menjadi pengembang perumahan. Banyaknya seminar properti yang diadakan di kota-kota besar harus dimanfaatkan oleh developer pemula untuk selalu mengikuti setiap seminar tentang properti.

Berdiskusi dengan developer sukses sebelumnya adalah salah satu tips belajar bagi developer pemula. Manfaatkan media apa pun dengan baik. Media internet salah satunya dapat menjadi media informasi sosial yang dapat diakses dimana saja. Lihatlah beberapa situs pengembang yang sukses. Banyak belajar harus banyak membaca buku. Baca beberapa buku tentang memulai bisnis real estat atau biografi pengembang yang sukses. Membaca buku akan membuat motivasi lebih tinggi.

2. Gunakan CCTV ATM

CCTV ATM disini bukanlah kamera pengintai yang ada di Anjungan Tunai Mandiri. CCTV ATM disini merupakan singkatan dari strategi menjadi pengembang perumahan yaitu Cheat, Observe, Take and Variate atau Amati, Copy dan Modify. Jadi, lakukan alamat ke pengembang rumah yang sukses. Tirulah sedikit strategi atau metode kemudian modifikasi dengan pemikiran kita.

3. Fokus pada Trendmarket

Hilangkan rasa ego jika ingin memulai bisnis menjadi pengembang perumahan. Jangan berpikir sendiri berusaha mempertahankan gaya rumah yang akan dibangun tetapi pasar tidak pernah digunakan atau pasar tidak merespon dengan baik.

4. Mempelajari APBD

Karena masing-masing memiliki aturan tata ruang yang berbeda, sesuaikan rencana Anda untuk menjadi pengembang dengan izin yang masih berlaku seperti izin warga setempat, IMB atau IPPT. Pelajari peraturan pemerintah pusat atau daerah tentang pijakan di mana perumahan akan dibangun. Demikian ulasan tentang Syarat Menjadi Developer Perumahan semoga bermanfaat.