Mengenal Lebih Dekat dan Pengertian Kredit Asuransi Jiwa

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kredit. Mari mengenal lebih dekat dan pengertian kredit asuransi jiwa

Mengenal Lebih Dekat dan Pengertian Kredit Asuransi Jiwa - Tentu Anda sudah tidak asing dengan istilah kredit. Ya! Kredit adalah istilah pinjaman yang digunakan secara luas, salah satunya merujuk pada pinjaman yang disediakan bank. Pinjaman ini dapat digunakan untuk kebutuhan produktif seperti modal tambahan untuk memperluas toko, kebutuhan konsumtif seperti untuk membeli mobil atau barang elektronik lainnya, atau kebutuhan dasar seperti dana pendidikan anak. 

(Baca Juga : Cara Mendapatkan Premi Asuransi Jiwa Terjangkau)

Kredit yang diberikan bank, biasanya dapat Anda bayar dalam kurun waktu yang cukup lama, mulai dari 1 tahun hingga puluhan tahun. Namun, tahukah Anda, semakin lama waktu pelunasan hutang, maka semakin besar pula risiko yang Anda hadapi? Karenanya Anda harus mengenal istilah pengertian kredit asuransi jiwa atau asuransi jiwa kredit.

pengertian kredit asuransi jiwa

Pengertian dan Manfaat Asuransi Jiwa Kredit

Asuransi jiwa kredit adalah produk hasil kerja sama antara bank dan perusahaan asuransi. Secara sederhana, asuransi jiwa kredit adalah perlindungan bagi tertanggung yang selaku penerima kredit (debitur) apabila tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan, sakit, atau mengalami cacat permanen di mana tertanggung tidak dapat memenuhi kewajibannya kepada bank. Melalui perlindungan ini, Anda tidak perlu khawatir hutang Anda menjadi beban bagi ahli waris saat sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada Anda.

Manfaat yang Didapatkan dari Asuransi Jiwa Kredit

Beberapa manfaat yang didapatkan dari asuransi jiwa kredit adalah sebagai berikut:

  1. Pelunasan sisa pinjaman tanpa tunggakan dan bunga
  2. Pelunasan sisa pinjaman ditambah tunggakan dan bunga maksimal 3 bulan
  3. Pelunasan sebesar pinjaman awal atau full limit

Syarat untuk mendapatkan asuransi jiwa kredit

Tidak ada persyaratan khusus yang berlaku untuk mendapatkan asuransi ini kecuali usia. Usia tertanggung harus di antara 20 – 64 tahun, dengan usia tertanggung maksimal 65 tahun saat pelunasan kredit. Tertanggung juga harus berada dalam kondisi sehat jasmani dan rohani.

(Baca Juga : Asuransi Mobil All Risk Terbaik)

Untuk mendapatkan asuransi jiwa kredit, Anda dapat langsung mendatangi perusahaan asuransi yang memiliki produk ini. Namun, pihak bank di mana Anda mendapatkan pinjaman biasanya memiliki fasilitas pendaftaran asuransi jiwa kredit, dan Anda cukup mendaftar melalui bank.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli asuransi jiwa kredit

  1. Pastikan kesehatan keuangan perusahaan asuransi yang menanggung beban kredit Anda.
  2. Pahami dan baca dengan teliti setiap poin yang ada di dalam polis Anda. Jangan ragu bertanya kepada agen atau perusahaan apabila ada poin yang kurang dimengerti.
  3. Perhatikan berapa besar premi yang harus Anda bayar, dan bagaimana cara membayar premi tersebut.
  4. Mintalah agen untuk mengganti poin pada polis apabila Anda rasa kurang sesuai, atau terjadi kesalahan.
  5. Tanyakan pula bagaimana cara menutup asuransi jika yang tertanggung meninggal dunia.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang asuransi jiwa kredit, semoga uraian singkat di atas bisa menambah informasi Anda.