Inilah Alasannya Kenapa Finlandia Menjadi Kiblat Pendidikan Dunia

Finlandia begitu tersohor sebagai kiblat pendidikan dunia. Inilah Alasannya Kenapa Finlandia Menjadi Kiblat Pendidikan Dunia. Selamat membaca

Inilah Alasannya Kenapa Finlandia Menjadi Kiblat Pendidikan Dunia - Di dalam sistem pendidikan kita, ujian nasional sering momok untuk para siswa. Banyak siswa yang stress karena takut tidak bisa mengerjakannya. Dari fakta tersebut, pererintah melalui Mendikbud sepakat untuk mengganti UN dengan AKM. 

Dahulu nasional sering menjadi patokan untuk mengukur kepintaran seseorang, jika murid memiliki nilai jelek disalah satu mata pelajaran akan dianggap bodoh. Problema-problema seperti inilah yang membuat pendidikan Indonesia tak kunjung maju.

Bahkan bila dibandingkan dengan sistem pendidikan Finlandia, rasa-rasanya pendidikan kita masih kalah kualitas. 

Padahal Finlandia adalah salah satu negara yang tidak mengadakan UN dalam pendidikannya, tidak mengenal sistem rangking dan hal-hal menarik lainnya.

Untuk membahas lebih dalam mengenai alasan kenapa Finlandia memiliki pendidikan maju, bisa simak artikel dibawah ini:

Alasan Kenapa Pendidikan di Finlandia Maju

inilah alasan kenapa pendidikan finlandia lebih maju

Anak baru boleh sekolah saat usia 7 tahun

Finlandia memiliki kebijakan tersendiri dalam menentukan usia kapan anak mulai sekolah. Anak-anak Finlandia akan mengecap pendidikan pertamanya saat usai 7 tahun. Usia dibawah itu dianggap sebagai masa yang tepat Bermain.

(Baca Juga : Alasan Belanda Menjadi Favorit dalam Menempuh Pendidikan)

Berbanding terbalik dengan Indonesia, kebanyakan orang tua pusing memikirkan pendidikan anaknya dan ingin segera memasukan anaknya untuk sekolah. Menjamurnya pre-schools, play group dan sejenisnya juga memberi pengaruh. 

Di Finlandia perkembangan anak sangat diperhatikan baik secara fisik maupun emosional, usia 7 dianggap sebagai usia ideal anak menerima pendidikan disekolah.

Durasi Belajar yang singkat

Dibandingkan negara lain, durasi Belajar sekolah Finlandia sangatlah singkat. Dengan formula 45 menit belajar + 15 menit istirahat. Aturan ini diperlukan karena hasil penelitian yang menunjukkan bahwa otak manusia maksimal memiliki konsentrasi belajar dalam durasi 45 menit, selebihnya harus diselingi dengan istirahat.

Dengan cara belajar seperti ini membuat siswa-siswa disantap lebih produktif dan terjaga moodnya dalam bersekolah. Mereka juga memiliki waktu lebih untuk mengeksplorasi passion mereka.

Biaya sekolah terjangkau

Finlandia adalah negara yang mementingkan pendidikan, pemerintahannya sangat peduli tentang peningkatan kualitas SDM rakyatnya. Sebagai negara maju, Finlandia tak segan-segan memberikan pendidikan gratis untuk semua tingkatan pendidikan baik dasar sampai perguruan tinggi.

Untuk sekolah swasta pemerintah juga mengatur agar biaya pendidikannya tetap terjangkau. Di negara ini juga tidak mengenal istilah sekolah favorit dan non favorit. Karena semua sekolah di Finlandia memiliki standar kualitas yang sama.

Penghargaan untuk Guru

Indonesia patut belajar dari Finlandia tentang bagaimana memperlakukan seorang guru. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, tapi mirisnya di negeri ini masih banyak guru yang mendapatkan balasan yang kurang layak. Seperti masalah gaji kecil yang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Di Finlandia, guru adalah profesi yang terhormat bahkan bisa disejajarkan dengan profesi dokter, pejabat, dan pengacara. Masa depan guru di sana juga terjamin. Tapi untuk menjadi guru di sana tidak mudah. Hanya orang-orang dengan kualitas terbaiklah yang dipilih.

Kelulusan yang tidak ditentukan dari secarik kertas

Yah yang menarik dari sistem pendidikan Finlandia adalah tidak adanya ujian Nasional. Kelulusan dari siswa tidak dinilai dari itu, melainkan dari proses mereka belajar dari awal pertama masuk sekolah hingga tahun sekolah. 

Yang paling berhak menilai lulus atau tidaknya murid adalah guru. Karena guru punya kredibilitas untuk mengamati perlu Murid, mengetahui murid dan sebagainya.

Demikian sedikit ulasan kami mengenai Inilah Alasannya Kenapa Finlandia Menjadi Kiblat Pendidikan Dunia. Semoga bisa menambah informasi untuk para pembaca semuanya.