Bioteknologi Konvensional : Proyek Membuat Tape Singkong Kelas IX SMP Negeri 2 Gantung

Seperti yang sudah kita diskusikan pada pertemuan di kelas tempo hari, tugas proyek membuat tape singkong ini dikhususkan untuk para siswa kelas IX A
Proyek Membuat Tape Singkong - Seperti yang sudah kita diskusikan pada pertemuan di kelas tempo hari, tugas proyek membuat tape singkong ini dikhususkan untuk para siswa kelas IX A dan juga IX B karena tugas ini erat kaitannya dengan materi yang kita pelajari yaitu mengenai Bioteknologi. 



Sekilas Mengenai Bioteknologi 

  1. Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup mikroorganisme (bakteri, fungi, atau virus) untuk menghasilkan barang dan jasa. Dengan kata lain, bioteknologi adalah ilmu yang berhubungan dengan penerapan sistem biologis dan organisme untuk proses teknis dan industri untuk kesejahteraan manusia. 
  2. Bioteknologi telah digunakan selama lebih dari 6000 tahun untuk menghasilkan produk yang diinginkan dengan menggunakan mikroorganisme, seperti tape, roti, keju, dan lain-lain. 
  3. Kemajuan bioteknologi ditandai dengan ditemukannya rekayasa genetika, kultur jaringan, DNA rekombinan, pengembangbiakan sel induk, kloning, dan lain-lain. Peran bioteknologi dalam kehidupan manusia antara lain di bidang kesehatan/kedokteran, pangan, dan lingkungan hidup.
  4. Di bidang kesehatan, bioteknologi  memungkinkan kita untuk memperoleh penyembuhan penyakit-penyakit genetik maupun kronis yang belum dapat disembuhkan, seperti kanker ataupun AIDS. Penelitian di bidang pengembangan sel induk juga memungkinkan para penderita stroke ataupun penyakit lain yang mengakibatkan kehilangan atau kerusakan pada jaringan tubuh dapat sembuh seperti sediakala. Saat ini juga sedang dikembangkan vaksin berbahan dasar materi genetik (DNA atau RNA) dari patogen (termasuk untuk COVID-19).
  5. Di bidang pangan, bioteknologi berperan menciptakan produk-produk pangan yanga baru. Selain itu, beberapa terobosan dalam teknologi rekayasa genetika, kultur jaringan dan DNA rekombinan menghasilkan tanaman dengan sifat dan produk unggul (mengandung zat gizi yang lebih jika dibandingkan dengan tanaman biasa) serta lebih tahan terhadap hama maupun tekanan lingkungan 
  6. Di bidang lingkungan hidup, bioteknologi berperan pada pelestarian lingkungan hidup dari polusi. Sebagai contoh, penguraian minyak bumi yang tertumpah ke laut oleh bakteri dan penguraian zat-zat yang bersifat toksik (racun) di sungai atau laut dengan menggunakan bakteri jenis baru.

Proyek Membuat Tape Singkong

Proyek membuat tape singkong ini merupakan materi pelajaran IPA yang ada di kelas IX yang masuk dalam cakupan KD :
  • 3.7 Menerapkan konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia.
  • 3.8 Membuat salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar.

Tahapan Proyek Membuat Tape Singkong Untuk Kelas IX SMPN 2 Gantung

Tahapan yang harus kalian lalui di antaranya :
  1. Menyusun atau membuat kelompok yang terdiri dari 4 atau 5 siswa
  2. Membuat jadwal riset (Ada di Lembar Kerja )
  3. Membuat olahan makanan yang berbahan tapai
  4. Membuat dokumentasi berupa video
  5. Waktu proyek 1 minggu
  6. Presentasi hasil olahan makanan berbahan tapai ( di kelas )
Untuk mendapatkan lembar kerja, bisa kalian download di sini < Download Lembar Kerja >. Selamat berproyek ria, siswaku. Salam.